Homepage Loading Icon
Penasaran, Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?

Penasaran, Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?

author iconDinda Ayu Saraswati
date icon08 09 2020
category iconKehamilan & Menyusui, Masa Kehamilan, Kelahiran Anak,

Nangka, menjadi salah satu buah favorit kebanyakan orang, tak terkecuali Moms yang sedang hamil.

Tetapi, Moms mungkin bertanya-tanya, bolehkah ibu hamil makan nangka? Apalagi, seperti yang diketahui, ibu hamil harus teliti dalam memilih nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya.

Alasannya, segala yang dimakan atau minum bisa memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan.

Daripada menebak-nebak, yuk cari tahu apa saja manfaat dan risiko dari konsumsi nangka saat hamil berikut ini.

Baca Juga: Amankah Buah Nangka untuk Ibu Menyusui?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?

Mengutip Mom Junction, nangka adalah salah satu dari banyak buah tropis yang dapat dinikmati, dan buah ini bisa menjadi camilan yang sangat baik untuk mengatasi rasa lapar selama kehamilan.

Menurut sebagian besar dokter kandungan, ibu hamil bisa makan hampir semua buah, termasuk nangka, dalam porsi sedang. Namun, beberapa wanita hamil ragu sebelum makan nangka, karena mitos seputar konsumsinya.

Berikut ini beberapa manfaat dari buah nangka untuk ibu hamil.

1. Mengurangi Mual

Bolehkah ibu hamil makan nangka? Ternyata, Journal of Ethnic Foods menyebutkan, sumber makanan yang memiliki vitamin dan mineral terbaik untuk ibu hamil didapatkan dari sayuran dan buah-buahan.

Rutin mengonsumsi buah-buahan ternyata dapat mengurangi rasa mual dan baik untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin.

Nah, ketika hamil, sebenarnya aman saja untuk mengonsumsi buah nangka. Meskipun dapat dikatakan, buah ini memiliki aroma yang kuat, seperti halnya durian dan nanas.

Hal ini dikhawatirkan dapat membuat Moms justru menjadi mual dan memperparah morning sickness yang kerap dialami saat trimester pertama.

Namun, apabila Moms sudah tidak sering mual dan muntah lagi selama kehamilan, rasanya aman untuk mengonsumsi nangka asalkan tidak berlebihan jumlahnya setiap hari.

2. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Dilansir dari US Department of Agriculture, ada beberapa kandungan nutrisi untuk ibu hamil yang makan nangka.

Kandungannya di antaranya adalah protein, asam folat, berbagai jenis vitamin, kalsium, magnesium, dan zat besi.

Nangka yang kaya vitamin A, B, dan C membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini menurunkan risiko alami infeksi selama kehamilan.

3. Baik Bagi Tekanan Darah dan Tulang Ibu Hamil

Nangka juga menjadi sumber kalium yang baik sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Pada ibu hamil makan nangka dalam jumlah sedang, akan merasakan manfaat ini.

Kandungan magnesium dalam nangka dapat meningkatkan kesehatan tulang pada Moms dan janin di kandungan. Hal ini juga dapat menurunkan risiko osteoporosis.

4. Kaya Akan Asam Folat

Tidak kalah penting, kadar folat dan zat besi dalam nangka juga mampu menormalkan kadar hemoglobin dan mencegah anemia.

Seperti yang sering diketahui pula, folat baik dikonsumsi untuk ibu hamil. Ini menjadi manfaat lain ibu hamil makan nangka.

“Ibu hamil yang mengonsumsi asam folat setiap hari sebelum dan selama kehamilan dapat mengurangi risiko cacat tabung saraf, cacat lahir pada otak atau tulang belakang,” ujar Dr. Nancy C. Lee wakil asisten sekretaris kesehatan dari United States Department of Health and Human Services.

5. Membantu Melawan Rasa Kelelahan

Kehamilan bisa sangat melelahkan bagi seorang wanita, mungkin termasuk untuk Moms pula. Jika Moms sedang hamil, mungkin merasa malas atau lelah karena akan menopang bayi.

Mengutip Parenting First Cry, ibu hamil yang makan nangka akan merasakan manfaat dengan mendapatkan energi dan mencegah kelelahan.

6. Membantu Menurunkan Stres

Kehamilan sembilan bulan dapat dengan mudah membuat Moms stres, dan hal ini tidak baik untuk Moms atau Si Kecil. Jika merasa stres, Moms bisa bermeditasi atau mencoba yoga.

Bisa juga bagi ibu hamil makan nangka untuk menurunkan stres di masa kehamilan. Biji nangka sangat bermanfaat karena mengandung protein dan berbagai mikronutrien lainnya, yang membantu mengelola stres.

Tetapi, biji nangka harus dimakan matang, dan tidak mentah. Mengutip Science Direct, biji nangka mentah mengandung trypsin inhibitor, yang memperlambat atau menghambat pencernaan protein dalam tubuh.

Biji nangka yang sudah dimasak aman dikonsumsi. Ibu hamil yang ingin makan biji nangka bisa direbus atau dipanggang, yang membuatnya aman untuk dimakan.

7. Merangsang Pencernaan

Masalah yang berhubungan dengan sembelit dan pencernaan sering terjadi selama kehamilan.

Jika Moms juga mengalami masalah sembelit atau pencernaan, maka bisa mengonsumsi buah dan sayuran berserat seperti nangka untuk melawan masalah yang berhubungan dengan pencernaan.

Kandungan serat pada buah nangka dapat memenuhi hampir 10 persen dari asupan serat harian. Ibu hamil yang mengonsumsi buah nangka akan membantu melancarkan buang air besar, meredakan sembelit, dan mengoptimalkan proses pencernaan.

Efek Samping Nangka untuk Bumil

Dalam Journal of Family Medicine and Primary Care, disebutkan ada pantangan mengenai konsumsi berbagai buah-buahan (pisang, pepaya, nangka, kelapa), sayur-sayuran (terung, sayur berdaun), daging, ikan, dan telur selama hamil.

Pantangan ini diikuti terutama untuk mencegah keguguran, mempercepat persalinan, dan mencegah malformasi janin.

Ibu hamil yang mengonsumsi buah nangka harus tetap memerhatikan batasan yang dimakan setiap harinya. Seperti halnya, jangan memakan sesuatu secara berlebihan.

Nyatanya, ada beberapa efek samping yang dapat terjadi ketika mengonsumsi nangka secara berlebihan.

1. Bisa Menyebabkan Alergi

Journal Clinical of Allergy and Clinical of Immunology mengatakan, jika Moms merupakan ibu hamil yang belum pernah makan nangka, kehamilan bukanlah waktu yang tepat untuk bereksperimen.

Ini karena Moms sendiri juga tidak tahu apakah alergi terhadap buah nangka atau tidak.

2. Menyebabkan Sakit Perut

Ibu hamil makan buah nangka yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan diare karena memiliki kandungan serat yang tinggi.

3. Menggumpalkan Darah

Jika memiliki kelainan darah, hindari selama kehamilan karena dapat meningkatkan pembekuan darah, mengutip buku Natural Standard Herb & Supplement Guide.

4. Meningkatkan Kadar Gula Darah

Kandungan gula alami yang melimpah, nangka dapat dengan mudah memengaruhi kadar gula darah. Oleh karena itu, ibu hamil makan nangka tidak tepat dikonsumsi bila menderita diabetes gestasional.

Beberapa wanita bahkan khawatir konsumsi nangka dapat memengaruhi kehamilan mereka dan menghindarinya sama sekali. Tetapi belum ada bukti ilmiah tentang ini.

Itulah beberapa efek samping jika ibu hamil makan nangka berlebihan. Jika pernah mendengar kabar bahwa nangka bisa menyebabkan keguguran, sebaiknya tidak perlu dipercaya.

Sampai saat ini, belum ada studi ilmiah yang membuktikan hal tersebut. Jadi, nangka aman untuk ibu hamil dalam batasan yang wajar.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
MOOIMOM - Belly Cream - Krim Selulit Ibu Hamil & Pasca Melahirkan
MOOIMOM - Belly Cream - Krim Selulit Ibu Hamil & Pasca Melahirkan

Rp 209,000

[BLACKMORES] Pregnancy & Breast-Feeding Gold isi 60 Caps
[BLACKMORES] Pregnancy & Breast-Feeding Gold isi 60 Caps

Rp 264,000

[BLACKMORES] Pregnancy & Breast-Feeding Gold isi 120 Caps
[BLACKMORES] Pregnancy & Breast-Feeding Gold isi 120 Caps

Rp 492,000

[PRENAVITA] Honey Lychee Flavoured  Powder Drink
[PRENAVITA] Honey Lychee Flavoured Powder Drink

Rp 199,000

[PRENAVITA] Vanilla Flavoured Powder Drink
[PRENAVITA] Vanilla Flavoured Powder Drink

Rp 199,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved