Homepage Loading Icon
Moms, Simak 10 Cara Menambah Berat Bayi Dalam Kandungan

Moms, Simak 10 Cara Menambah Berat Bayi Dalam Kandungan

author iconDinda Ayu Saraswati
date icon07 08 2020
category iconKehamilan & Menyusui, Gizi & Kesehatan, Tips,

Moms, selain mempersiapkan proses persalinan dengan baik, perlu juga memerhatikan berat bayi dalam kandungan, lho.

Maka dari itu, perkembangan janin harus selalu dipantau untuk mengetahui berapa beratnya, sehingga Si Kecil bisa lahir dengan berat badan yang normal. Moms perlu tahu bagaimana cara menambah berat badan bayi dalam kandungan.

Bagaimana caranya? Yuk, simak di bawah ini.

Cara Menambah Berat Badan Bayi dalam Kandungan

Bila bayi dalam kandungan Moms memiliki berat di bawah standar yang ada di tabel di atas, Moms bisa melakukan beberapa cara menambah berat badan bayi dalam kandungan berikut ini.

1. Tambah Asupan Kalori

Tambah asupan kalori Moms dengan perlahan melalui makanan dan minuman sehat seperti jus buahan ataupun salad. Sebagai cara menambah berat badan bayi dalam kandungan.

Hindari menyantap makanan yang tinggi lemak karena hanya akan meningkatkan berat badan Moms, bukan janin yang dikandung. Selain itu, makanan yang tidak sehat juga akan memberikan pengaruh buruk terhadap perkembangan janin.

2. Konsumsi Vitamin Kehamilan

Moms akan akan diberikan vitamin prenatal untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang benar. Moms membutuhkan suplemen vitamin ibu hamil dan mineral dua kali lipat lebih besar saat hamil. Sebelum mengonsumi suplemen, pastikan Moms berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar mengetahui dosis yang tepat.

Vitamin ini juga membantu bayi menambah berat badan. Selain itu, imbangi konsumsi vitamin kehamilan dengan menyantap aneka buah yang kaya nutrisi seperti jeruk, jambu, dan juga pisang.

Bisa juga Moms mengonsumsi PRENAVITA Vanilla Flavoured Powder Drink sebagai pengganti vitamin selama masa kehamilan.

Moms harus mengonsumsi ini secara teratur untuk mendapatkan berat badan janin yang optimal selama kehamilan. Ini juga menjadi cara menambah nutrisi kehamilan.

Dapatkan produk PRENAVITA Vanilla Flavoured Powder Drink hanya di mooimom.id.

Baca Juga: Penyebab Berat Badan Bayi Susah Naik

3. Minum Susu

Moms juga bisa menambah konsumsi susu sebagai cara menambah berat badan bayi dalam kandungan, dan juga mengoptimalkan pertumbuhannya. Dalam jurnal Milk and Protein Intake by Pregnant Women Affects Growth of Foetus meningkatkan asupan susu selama kehamilan menghasilkan peningkatan berat lahir dan parameter pertumbuhan janin.

Namun ingat, hindari meminum susu yang telah ditambahkan terlalu banyak gula dan pemanis buatan serta perasa berbahan kimia karena tidak baik untuk perkembangan janin.

4. Hindari Kegiatan yang Tidak Sehat

Jika sebelum hamil Moms memiliki gaya hidup yang kurang baik, ubahlah sekarang juga sebagai cara menambah berat badan bayi dalam kandungan. Hal-hal yang tidak sehat seperti merokok dan minum alkohol dapat menghambat perkembangan janin dan juga membuat berat badannya di bawah normal.

Biasakan melakukan pola hidup sehat dengan memperbanyak asupan sayur, buah, dan air putih serta rajin berolahraga setiap hari.

Baik atau tidaknya perkembangan janin sangat dipengaruhi oleh pola hidup Moms. Semakin Moms memerhatikan apa yang dikonsumsi, maka janin juga akan bertambah sehat dan berat badannya pun dapat meningkat secara perlahan.

5. Tidur yang Cukup

Banyak istirahat di malam hari dan istirahat saat Moms merasa lelah di siang hari juga penting sebagai cara membantu menambah berat badan bayi di dalam kandungan.

Kehamilan mempengaruhi tubuh dalam beberapa cara. Beristirahat memberi Moms energi dan memungkinkan tubuh kita untuk menyegarkan diri. Tidurlah sedapat mungkin dan kurangi tingkat aktivitas Moms jika merasa lebih cepat lelah daripada sebelumnya. Jangan terlalu memaksakan diri ya Moms.

6. Jaga Kesehatan Mental

Bukan hanya kesehatan fisik yang memengaruhi perkembangan bayi tetapi juga kesehatan mental kita, Moms. Terlalu banyak stres atau cemas dapat memengaruhi bayi di dalam kandungan, karena membuat pikiran kita tidak seimbang.

Moms jadi banyak makan makanan yang tidak seharusnya misalnya, atau makan terlalu banyak dari satu makanan, semua ini akan menghasilkan kesehatan yang negatif untuk janin dalam perut Moms.

7. Hindari Alkohol dan Rokok

Moms harus benar-benar menghindari konsumsi alkohol dan merokok selama kehamilan. Kedua kebiasaan ini dapat berakibat fatal bagi bayi Moms yang sedang berkembang dan juga dapat menyebabkan komplikasi medis yang serius.

8. Makan Buah-buahan

Buah-buahan dan kacang-kacangan memainkan peran besar dalam menambah berat badan bayi dalam kandungan. Beberapa buah-buahan yang direkomendasikan yang harus Moms makan adalah buah ara dan aprikot di antara buah-buahan kering.

Kedua jenis buah ini kaya akan lemak tak jenuh yang penting untuk cara menambah berat badan bayi dalam kandungan. Namun, Moms tidak boleh makan terlalu banyak ya.

9. Penuhi Kebutuhan Karbohidrat

Banyak makanan yang tidak mengandung kalori terutama karbohidrat. Karbohidrat jenis ini jangan sering dikonsumsi karena dapat menyebabkan ibu hamil menambah berat badan yang tidak perlu dan memberikan sedikit nutrisi kepada ibu atau bayinya.

Moms direkomendasikan untuk mengurangi konsumsi makanan seperti salad dan brokoli dan menggantinya dengan makanan yang lebih padat kalori seperti kacang-kacangan, sereal atau aprikot kering.

Beberapa sayuran, seperti kentang putih, jagung dan kacang polong, boleh dikonsumsi dalam jumlah sedang tetapi merupakan bagian dari kelompok makanan pati. Lima hingga enam porsi sayuran dan enam hingga delapan porsi biji-bijian sehat direkomendasikan oleh American Congress of Obstetricians and Gynecologists. Porsi ini bervariasi untuk setiap Moms tergantung pada jumlah kalori yang dibutuhkan untuk dikonsumsi.

10. Konsultasi dengan Dokter

Selama kehamilan, kunjungan rutin ke dokter kandungan sangat penting termasuk sebagai cara menambah berat badan bayi dalam kandungan, makanya jangan dilewatkan ya Moms.

Dokter dapat mengetahui apakah anak Moms mengalami kenaikan berat badan yang dibutuhkan dan jika tidak, dokter akan dapat memberi saran kepada Moms apa yang sebaiknya dilakukan.

Moms mungkin diminta untuk menggunakan beberapa suplemen yang dapat membantu peningkatan berat badan untuk janin dalam kandungan.

Itu dia beberapa cara yang bisa Moms lakukan dalam cara menambah berat badan bayi dalam kandungan. Tambah asupan vitamin, mineral, kalori, dan protein Moms untuk meningkatkan berat badan bayi dalam kandungan. Yuk, mulai gaya hidup sehat sekarang juga!

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
[BLACKMORES] Pregnancy & Breast-Feeding Gold isi 120 Caps
[BLACKMORES] Pregnancy & Breast-Feeding Gold isi 120 Caps

Rp 492,000

[BLACKMORES] Pregnancy & Breast-Feeding Gold isi 60 Caps
[BLACKMORES] Pregnancy & Breast-Feeding Gold isi 60 Caps

Rp 264,000

[BLACKMORES] I - Folic isi 150 Caps
[BLACKMORES] I - Folic isi 150 Caps

Rp 234,000

[PRENAVITA] Honey Lychee Flavoured  Powder Drink
[PRENAVITA] Honey Lychee Flavoured Powder Drink

Rp 199,000

[PRENAVITA] Vanilla Flavoured Powder Drink
[PRENAVITA] Vanilla Flavoured Powder Drink

Rp 199,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved