Homepage Loading Icon
Mempersiapkan ASI dari Waktu Hamil, Terlalu Dini Ngga Sih? - MOOIMOM

Mempersiapkan ASI dari Waktu Hamil, Terlalu Dini Ngga Sih?

author iconNovia Luciana
date icon14 06 2017
category iconKehamilan & Menyusui, Menyusui, Tips,

Moms, persiapan menjadi ibu itu penuh dengan kejutan-kejutan seru ya? Kenapa seru? Karena tentu saja sejak awal Moms dinyatakan hamil, pasti akan ada banyak orang yang menyarankan ini itu ke Moms. Stok informasi soal mitos pasti segudang penuh, sampai bingung mana yang benar-benar fakta. Ada satu cara jitu supaya Moms tetap bisa dengerin mitos yang disampaikan namun tetap worry free, yaitu cari tahu sendiri tentang informasi yang benar-benar ingin Moms tahu.

Nah, yang satu ini ngga boleh dianggap sepele hanya karena waktunya belum tiba. Apakah itu? YUP! Belajar banyak pengetahuan tentang ASI dan menyusui ternyata penting banget supaya Moms tahu apa yang harus dilakukan saat pertama kali si dedek dilahirkan. Namanya juga belajar, pasti teori dulu yang di dapat baru praktek. Kayak waktu sekolah dulu kan Moms? Bedanya dulu pelajaran tentang matematika, IPA, IPS, bahkan olahraga. Kalau sekarang sama juga sih, Moms tetap harus belajar dulu bagaimana cara menjadi ibu baru supaya ngga shock nantinya.

Sebelum baca banyak hal yang sounds creepy tentang menyusui, sebaiknya pahami dulu apa itu Air Susu Ibu!

Dilarang parno ya Moms! Jadi ibu baru itu seru walaupun ngga dipungkiri pasti bakalan capek, bakalan punya kantung mata, dan bahkan bakalan lupa sama tayangan drama korea favorite loh. Tapi, semua pasti hilang kalau sudah melihat wajah si kecil tertidur dengan mukanya yang penuh kedamaian. Lalu ASI apa sih sebenarnya? Iya benar sekali, kepanjangannya adalah Air Susu Ibu. Apa bedanya dengan susu formula? Ya tentu saja beda, ASI asalnya dari ibu which means alami, sementara formula itu buatan pabrik alias tangan manusia. Keduanya sama-sama bagus kok, setiap ibu punya pilihan masing-masing. Untuk Moms yang memilih ASI dan masih ragu, ASI sendiri memiliki kandungan yang tidak dipunyai  oleh susu formula. Menuru Mia Sutanto (Ketua Umum Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia), ASI adalah living substance (cairan hidup) yang di dalamnya terkandung sel, hormon, enzim, DNA, dan imuglobin. Keren!

Jumlah lemak yang tinggi pada ASI bagus untuk sang bayi!

Tahu ngga sih Moms, ASI manusia itu kandungan lemaknya justru paling tinggi dibandingkan air susu hewan lain yang memang punya kandungan susu di dalam tubuhnya seperti sapi, kambing, dll. Siapa bilang ASI ngga ada kandungan gulanya? Justru sekitar 7% ASI mengandung laktosa dan terdapat pula Human Milk Oligosaccharides yang lagi-lagi ngga ada di kandungan susu formula semahal apapun. (Baca juga : Mengapa Jumlah Lemak Tinggi pada ASI Bagus untuk Bayi?)

Kabarnya menyusui bisa bikin puting lecet? Kan sakit banget pasti!

Lagi asyik sama momen menyusui dan tiba-tiba jadi agak males karena putingnya sakit? Jangan sampai deh Moms! Hampir setiap ibu yang menyusui pernah mengalaminya, meski ngga semua sih Moms. Cuma ada cara untuk mencegah terjadinya puting lecet. Memilih bra yang super nyaman untuk menyusui ternyata salah satu faktor yang bisa mencegah puting lecet. Udah jadi Moms biasanya bra cantik bukan lagi pilihan utama, tapi ada juga lho pilihan bra menyusui cantik yang tetap nyaman buat menyusui. Jika sudah terlanjur lecet, Moms bisa juga sih menggunakan krim khusus yang aman digunakan di puting. Tapi kalau mau pakai cara alami, Moms bisa mengkompres puting dengan handuk hangat. (Baca juga : Puting Lecet Saat Menyusui? Coba Cara Ini!)

Pengen sih menyusui, tapi takut PD jadi kendur.

Dilema wanita modern jaman sekarang yang selalu pengen tampil maksimal, tetap jadi ibu stylish tanpa menyusui, atau sebaliknya? Tahu ngga sih Moms, menyusui itu jauh lebih berharga daripada apapun! Waktu bonding dengan si kecil adalah perasaan terbaik yang bisa dirasakan oleh setiap ibu. PD kendur itu sudah pasti akan dialami setiap wanita lho, terutama jika nanti sudah menginjak usia tertentu. Nah, ngga ada masalah yang ngga ada solusinya Moms. Mencegah PD supaya tidak kendur setelah menyusui si kecil tentu saja dapat diwujudkan. Gimana sih caranya? Lengkap nih di artikel : Bagaimana Mencegah Payudara Anda Kendur Setelah Menyusui?

Ngga semua ibu baru langsung bisa menyusui, kadang ASI-nya bisa macet. Trus gimana?

ASI macet? Moms ngga sendirian! Ini bahkan udah jadi topic HOT banget dikalangan para ibu. Tinggal pilih aja nih, Moms mau terus berusaha sampai mentok atau mau give up gitu aja? Yah! Masa buat si kecil gampang give up sih, mana semangat 45 kayak kalau lagi lihat HOT SALE nih Moms? Salah satu solusi supaya ASI ngga macet adalah dengan terus pumping atau dipacu untuk keluar. Ini terapi paling mudah tapi paling bikin frustasi kalau ngga keluar sih memang, tapi MOOIMOM yakin banget deh pasti Moms di sini semua adalah pejuang ASI yang keren! Selain itu, Moms bisa mengkonsumsi makanan tertentu buat booster ASI lho. (Baca juga : Konsumsi 5 Jenis Makanan ini Supaya ASI Lancar!)

Saya ibu pekerja, kalau kasih ASI kayaknya Ya kan?

Ah ngga juga sih Moms! Kalau ke Mall bawa si dedek ribet ngga? Nah, sama aja kan? Sekarang ini program ASI eksklusif sendiri sudah mendapat dukungan dari pemerintah karena presentase pemberian ASI untuk bayi-bayi lucu di Indonesia kabarnya berada di level yang cukup memprihatinkan. Oleh karena itu, beberapa fasilitas umum, termasuk Mall dan kantor-kantor pun sekarang sudah breastfeeding friendly lho Moms. Karena sudah hal yang wajar, maka kompromi dengan pimpinan perusahaan pun juga sudah semakin mudah. Simak tips ini deh : Tips Menyusui Bagi Ibu yang Bekerja.

Last but not least, semua berawal dari niat maka semua proses dan hasil akan menyertai. Bulatkan tekad dulu untuk menyusui si kecil sejak Moms hamil yuk. Niat yang bulat akan menghasilkan keyakinan dan hawa positif bahwa Moms pasti bisa memberikan ASI eksklusif untuknya selama 2 tahun. Semangat!

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Maternity Lace Leggings Celana Leggings Ibu Hamil
Maternity Lace Leggings Celana Leggings Ibu Hamil

Rp 199,000

MOOIMOM Classic Maternity & Nursing Tank Top Bra Ibu Hamil Menyusui
MOOIMOM Classic Maternity & Nursing Tank Top Bra Ibu Hamil Menyusui

Rp 199,000

2-Piece Maternity Dress in Black and White Stripe Baju Hamil Menyusui
2-Piece Maternity Dress in Black and White Stripe Baju Hamil Menyusui

Rp 499,000

MOOIMOM Soft Touch Maternity & Nursing Top with Chiffon Hem Baju Hamil Menyusui
MOOIMOM Soft Touch Maternity & Nursing Top with Chiffon Hem Baju Hamil Menyusui

Rp 349,000

MOOIMOM Cotton Soft Maternity & Nursing Tank Top Baju Hamil Menyusui
MOOIMOM Cotton Soft Maternity & Nursing Tank Top Baju Hamil Menyusui

Rp 249,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved