Homepage Loading Icon
Manfaat Kurma untuk Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat Kurma untuk Kesehatan Ibu Hamil

author iconNovia Luciana
date icon04 07 2018
category iconKehamilan & Menyusui, Masa Kehamilan, Tips,

Buah yang satu ini sudah bisa ditemukan di pasaran meski bukan pada bulan Ramadhan. Khasiat kurma yang bagus untuk kesehatan pun menjadi alasan banyak orang ingin mengkonsumsinya. Kurma mengandung energy, protein, karbohidrat, serat, gula, lemak, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, sodium hingga seng. Selain itu, kurma juga punya banyak kandungan vitamin seperti vitamin A, Vitamin C, Vitamin B Kompleks, Vitamin K, serta Vitamin D.

Baca juga : 5 Asupan Berbahaya untuk Ibu Menyusui

Dilansir dari banyak sumber, kurma mengandung banyak mineral baik yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Pada umumnya, mineral dapat membuat denyut jantung berdetak semakin teratur, membantu menurunkan tekanan darah, memelihara system syaraf, membantu menjaga kekebalan tubuh, dan masih banyak lagi manfaatnya.

Baca juga : Pentingnya Kolostrum untuk Sang Bayi

Kurma pun tak hanya bisa dikonsumsi begitu saja, beberapa ada yang membuatnya menjadi kolak, cake, jus, atau ada juga yang mengkonsumsi kurma basah. Jenis kurma pun ada beragam. Dilansir dari situs National Geographic, beberapa jenis kurma ini cukup populer karena kelezatannya. Kurma Thoory, kurma ini merupakan kurma yang sangat terkenal di Aljazair. Kurma Khidri, merupakan kurma olahan yang punya banyak isian seperti almond, coklat, dll. Kurma Amer Hajj, merupakan kurma yang paling terkenal di Irak, punya tekstur lembut dan dagingnya yang tebal. Kurma Ajwa, merupakan kurma nabi, meski berwarna hitam gelap, namun teksturnya lembut dengan cita rasa yang tidak terlalu manis sehingga banyak juga orang yang menyukainya. Kurma Ajwa ini disebut-sebut sebagai kurma yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil lho.

Baca juga : Pentingkah Mengikuti Kelas Laktasi?

Nah untuk ibu hamil sendiri, ini dia manfaat kurma yang baik untuk ibu hamil (dikutip dari The Asian Parent) :

 

  1. Kurma adalah sumber energy, dalam semangkuk kurma (100gr), mengandung sekitar 281 kalori. Bagi ibu hamil, energy sangat penting supaya terhindar dari lemas yang berlebihan.
  2. Kurma bisa membuat Moms bebas dari yang namanya sembelit. Serat yang terkandung pada kurma dapat membuat Moms lebih mudah BAB.
  3. Terdapat protein yang cukup pada kurma untuk membantu tubuh memproduksi asam amino yang tentu saja sangat penting untuk perkembangan janin.
  4. Asam folat juga terdapat pada kurma sehingga dapat membantu Moms terhindar dari bayi cacat lahir.
  5. Vitamin K dapat membantu pertumbuhan tulang. Selain itu, jika rutin mengkonsumsi kurma, maka vitamin K akan disalurkan kepada bayi melalui ASI.
  6. Kurma dapat membantu mencegah anemia. Hal ini dikarenakan kandungan zat besi yang cukup pada buah kurma. Zat besi selain bisa menjaga kadar hemoglobin di tubuh, kurma juga bisa menguatkan sistem imun ibu hamil dan bayinya.
  7. Ibu hamil tidak boleh kekurangan potassium, potassium yang terkandung dalam kurma mampu menjaga keseimbangan kadar air garam, mengatur tekanan darah, hingga mencegah kram otot.
  8. Kurma juga kaya akan magnesium yang dapat menghindarkan Moms dari yang namanya kelainan ginjal atau hati.
  9. Bisa memudahkan Moms saat persalinan karena ada kandungan asam lemak jenuh, asam lemak tak jenuh, sehingga dapat memberikan asupan energy serta membantu memproduksi prostaglandins yang sangat dibutuhkan saat persalinan.
  10. Vitamin C pada kurma juga dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh ibu hamil.
Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
MOOIMOM New Silicone Breast Pump + Free Lid Pompa ASI Silikon Ibu Menyusui
MOOIMOM New Silicone Breast Pump + Free Lid Pompa ASI Silikon Ibu Menyusui

Rp 149,000

Baby Drool Bandana Bib with Pacifier Clip - Celemek Bayi
Baby Drool Bandana Bib with Pacifier Clip - Celemek Bayi

Rp 64,000

Toothbrush 1-3 years Pink Sikat Gigi Anak Bayi Balita
Toothbrush 1-3 years Pink Sikat Gigi Anak Bayi Balita

Rp 59,000

Little Tree Baby Laundry Soap Sabun Cuci Batang Baju Bayi (Lavender)
Little Tree Baby Laundry Soap Sabun Cuci Batang Baju Bayi (Lavender)

Rp 42,000

[SUNMUM] Steam Sterilizer bags Kantong Steril ASI (5 bag)
[SUNMUM] Steam Sterilizer bags Kantong Steril ASI (5 bag)

Rp 99,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved