Mamapedia Logo
Pentingnya Kolostrum untuk Sang Bayi

Pentingnya Kolostrum untuk Sang Bayi

author iconNovia Luciana
date icon03 07 2018
category iconKehamilan & Menyusui, Menyusui, Tips,

Siapa sih ibu yang tak mau menyusui anaknya? Setiap ibu pasti menginginkan hal ini berjalan dengan lancar hingga 2 tahun atau minimal 6 bulan. Memang benar ya ternyata kesan pertama itu begitu berarti, sama berartinya dengan tetesan ASI pertama sesaat setelah Moms melahirkan. ya, tetesan berharga itu bernama kolostrum. Arti sebenarnya dari kolostrum adalah sebuah cairan yang memiliki warna kekuningan, cairan ini merupakan cairan yang pertama kali keluar pada puting susu Moms setelah Moms melahirkan si kecil.

Baca juga : Tips Memilih Pompa ASI yang PAS!

WHO mengungkapkan sebuah fakta bahwa kolostrum ini adalah tetesan ASI yang kandungannya paling sempurna di antara ASI – Asi setelahnya. Kolostrum sangat bagus untuk makanan pertama si kecil. Sesaat setelah melahirkan pun biasanya bayi langsung diarahkan oleh tenaga medis untuk bisa menyusu pada ibunya sendiri (metode IMD)

Baca juga : Pentingkah Mengikuti Kelas Laktasi?

Ini dia manfaat dari kolostrum :

 

  • Pernah mendengar tentang bayi yang baru lahir langsung sakit kuning? Ternyata kolostrum mampu menghindarkan si kecil dari penyakit yang satu ini karena kolostrum bisa mengeluarkan zat – zat berbahaya yang ada di tubuh si kecil
  • Saat ia lahir, sistem kekebalan tubuhnya belum sesempurna orang dewasa pada umumnya, maka kolostrum ini bisa juga menyempurnakan sistem kekebalan tubuh pada si kecil
  • Perkembangan otaknya masih terus harus dijaga, tak hanya saat di dalam kandungan, ketika ia lahir juga butuh asupan makanan apa saja yang bisa membuat sel – sel otaknya berkembang dengan baik, kolostrum bisa membantu hal ini.
  • Lambung si kecil ketika lahir hanya sebesar biji kemiri, ia pun belum mampu menerima banyak asupan makanan. Kolostrum sendiri mampu memenuhi kandungan gizi untuk bayi Moms.
  • Kolostrum mengandung protein yang cukup tinggi, rendah gula, lemak sehat yang berlimpah, dan vitamin.
  • Kolostrum bersifat laksatif dan mampu melancarkan pencernaan pada bayi Moms.

 

Kolostrum ini baiknya diberikan langsung sesaat setelah melahirkan, namun untuk sebagian kasus, ada juga Moms yang harus melewatkan momen berharga ini meskipun Moms bisa menabung kolostrum terlebih dahulu melalui metode pumping. 3 kondisi ini cukup sulit bagi Moms untuk melakukan IMD :

Baca juga : Ternyata Memerah ASI Punya Banyak Manfaat!

  • Saat Moms harus melahirkan dengan proses sesar atau si kecil harus lahir premature. Kondisi ini biasanya tidak memungkinkan bayi langsung menyusu kepada ibunya.
  • Moms yang menderita diabetes. Bayi pada kondisi ini cenderung memiliki kadar gula yang rendah dan agar gula darahnya tetap stabil, maka bayi harus segera diberi kolostrum.
  • Moms yang melahirkan bayi kembar, akan sedikit sulit menyusui 2 bayi sekaligus.

 

Semoga pengetahuan tentang kolostrum ini bermanfaat ya Moms!

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share