Homepage Loading Icon
Ingin ASI Lancar? Ini Rekomendasi Makanan Pelancar ASI yang Kaya Nutrisi

Ingin ASI Lancar? Ini Rekomendasi Makanan Pelancar ASI yang Kaya Nutrisi

author iconDinda Ayu Saraswati
date icon21 09 2020
category iconKehamilan & Menyusui, Menyusui, Kelahiran Anak,

Air Susu Ibu (ASI) merupakan asupan terbaik untuk bayi, itulah alasannya mengapa bayi yang baru lahir tidak diperkenankan mengonsumsi makanan lain selain ASI.

Oleh karena itu, untuk mendukung masa menyusui seorang ibu, kualitas ASI perlu dijaga. Hal ini karena ada beberapa kasus para ibu yang sulit mengeluarkan ASI menyebabkan proses menyusui tidak berjalan maksimal.

Para Moms sebaiknya tahu informasi makanan apa saja yang juga bisa meningkatkan kualitas ASI untuk menyusui. Simak rekomendasi makanan pelancar ASI berikut ini. 

Baca Juga: Ingin ASI Lancar? Yuk, Rawat Payudara sejak Hamil

1. Bayam

Bayam mempunyai kandungan zat besi yang tinggi serta berguna untuk memengaruhi pembuatan ASI. Jika Moms yang menyusui kekurangan zat besi maka produksi ASI pun akan rendah sehingga bayi tidak dapat menyusui secara maksimal.

Oleh karena itu, jika para Moms merasa produksi ASI sedikit, maka disarankan untuk rajin mengonsumsi sayuran ini. Selain bayam, ada beberapa makanan dengan sumber zat besi seperti daging merah, kacang-kacangan, buncis, dan sayuran berdaun hijau lainnya.

2. Wortel

Termasuk dalam jenis sayur-sayuran, wortel ternyata memiliki banyak kandungan gizi yang dapat meningkatkan kualitas ASI. Adanya kandungan vitamin A pada wortel berfungsi baik sebagai booster sekaligus meningkatkan kualitas ASI.

Untuk penyajiannya, wortel bisa dihidangkan dalam bentuk makanan ataupun minuman. Contohnya, ibu bisa membuat sayur berbahan dasar wortel atau menjadikannya jus wortel yang kaya nutrisi.

Dianjurkan untuk mengonsumsi wortel setidaknya satu kali dalam sehari agar produksi ASI semakin lancar.

3. Bubuk Laktasi Pelancar ASI

Sebenarnya ini bukan jenis makanan, tapi Mamapedia memberikan rekomendasi bubuk laktasi ini sebagai pelancar ASI bagi Moms yang memiliki sedikit waktu untuk mengolah berbagai jenis makanan pelancar ASI.

PRENAVITA Honey Lychee Flavoured  Powder Drink merupakan bubuk laktasi untuk memperlancar ASI serta sebagai minuman yang dapat membantu pemulihan ibu pasca persalinan.

Mengandung semua yang dibutuhkan oleh Moms dan Si Kecil, PRENAVITA Honey Lychee Flavoured  Powder Drink membantu Moms yang ingin booster ASI dengan cara praktis.

Cukup mencampurkan satu sachet PRENAVITA Honey Lychee Flavoured  Powder Drink dengan 300ml atau bisa juga Moms campurkan dengan jus dan smoothies favorit Moms, bubuk laktasi ini siap Moms nikmati.

4. Kacang Hijau

Ketiga, rekomendasi makanan yang juga berkhasiat untuk memperlancar ASI ialah kacang hijau. Dalam kacang hijau, terdapat kandungan vitamin B1, magnesium, zat besi, dan kalium yang bisa dijadikan sebagai alternatif lain untuk meningkatkan jumlah ASI. Seluruh zat gizi yang terdapat dalam kacang hijau tersebut sangat dibutuhkan untuk ibu menyusui.

Ibu menyusui dianjurkan untuk mengonsumsi 6-11 takar biji-bijian yang mengandung lebih banyak vitamin dan mineral untuk mencegah konstipasi. Untuk penyajiannya, kacang hijau bisa dijadikan dalam bentuk bubur, dimakan langsung, atau dibuat jus.

5. Buah Pepaya

Tidak hanya sayuran, buah juga bisa menjadi alternatif makanan untuk memperlancar ASI. Salah satu buah yang berkhasiat untuk memperlancar ASI ialah buah papaya. Buah papaya yang mengandung galactagogue ini telah dikenal sebagai ASI booster atau pelancar ASI.

Selain buahnya, bunga pepaya juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas ASI. Hal ini dikarenakan adanya kandungan enzim papain yang sangat berguna untuk mempercepat proses pencernaan protein. Enzim papain ini juga mampu memecah protein, terutama saat menyusi dibutuhkan sekitar dua kali lipat protein dibandingakan kebutuhan normal.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
MOOIMOM Multi-Use Nursing Scarf - Apron Menyusui Multifungsi
MOOIMOM Multi-Use Nursing Scarf - Apron Menyusui Multifungsi

Rp 249,000

MOOIMOM - Belly Cream - Krim Selulit Ibu Hamil & Pasca Melahirkan
MOOIMOM - Belly Cream - Krim Selulit Ibu Hamil & Pasca Melahirkan

Rp 209,000

MOOIMOM Bamboo Postpartum Belly Band Corset
MOOIMOM Bamboo Postpartum Belly Band Corset

Rp 756,000

[PRENAVITA] Honey Lychee Flavoured  Powder Drink
[PRENAVITA] Honey Lychee Flavoured Powder Drink

Rp 199,000

[PRENAVITA] Vanilla Flavoured Powder Drink
[PRENAVITA] Vanilla Flavoured Powder Drink

Rp 199,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved