Homepage Loading Icon
Fenugreek sebagai Sumber Nutrisi Terbaik Pelancar ASI, Benarkah?

Fenugreek sebagai Sumber Nutrisi Terbaik Pelancar ASI, Benarkah?

author iconDinda Ayu Saraswati
date icon19 10 2020
category iconKehamilan & Menyusui, Menyusui, Kelahiran Anak,

Memiliki ASI berlimpah tentu sangat menenangkan bagi Moms yang menyusui. Dengan begitu Moms tidak perlu khawatir lagi bayi akan kekurangan nutrisi.

Dikutip dari jurnal healthline.com, menyebutkan bahwa fenugreek memiliki segudang manfaat untuk Moms dan bayi.

Nah, benarkah fenugreek bisa dijadikan sumber nutrisi terbaik pelancar ASI? Penasaran untuk mengetahui jawabannya? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Fenugreek?

Fenugreek adalah ramuan yang sudah lama digunakan dalam pengobatan alternatif. Ini adalah bahan umum dalam masakan India dan sering kali dikonsumsi sebagai suplemen.

Nama ilmiah dari fenugreek adalah Trigonella foenum-graecum. Di negeri ini, orang-orang juga menyebut fenugreek dengan istilah kelabat atau klabat. Tanaman fenugreek berasal dari kawasan Timur Tengah dan Mediterania.

Namun, dalam perkembangannya fenugreek juga banyak tumbuh di kawasan Asia Selatan bahkan India adalah negara penghasil fenugreek terbesar di dunia. Ada dua bagian penting dari fenugreek, yaitu daun dan biji. Biji fenugreek biasanya dimanfaatkan untuk menambah nikmat citarasa masakan seperti kari. Namun, biji dan daun fenugreek sama-sama bermanfaat sebagai obat herbal.

Kandungan Fenugreek

Segudang manfaat menakjubkan yang melekat pada fenugreek sangat erat kaitannya dengan kandungan zat yang ada di dalamnya. Fenugreek mengandung zat-zat yang sangat komplit baik zat gizi makro maupun mikro. Kandungan fenugreek adalah serat, karbohidrat, protein, lemak tidak jenuh ganda, vitamin B kompleks, dan beberapa mineral. Vitamin B kompleks yang dikandung fenugreek di antaranya adalah vitamin B1, B2, B3, B6, dan B9 (folat).

Beberapa mineral pada fenugreek yaitu kalsium, potassium, fosfor, zat besi, magnesium, seng, mangan, tembaga, dan selenium. Fenugreek juga mengandung saponin yang kaya manfaat untuk kesehatan.

Satu lagi kandungan penting yang ada di dalam fenugreek adalah antioksidan. Fenugreek mengandung beberapa jenis antioksidan, di antaranya adalah kolin, trigonelline, apigenin, luteolin, gitogenin, yamogenin, diosgenin, dan tigogenin.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Fenugreek, ASI Booster Alami yang Jarang Diketahui

Fenugreek sebagai Sumber Nutrisi Terbaik Pelancar ASI

Suatu studi selama 14 hari pada 77 ibu baru menemukan bahwa minum teh herbal dengan biji fenugreek meningkatkan produksi ASI, yang membantu bayi menambah berat badan.

Studi lain membagi 66 ibu menjadi tiga kelompok. Satu menerima teh fenugreek, yang kedua menerima plasebo, dan yang ketiga tidak mendapat apa-apa.

Volume ASI yang dipompa meningkat dari sekitar 1,15 ons (34 ml) pada kelompok kontrol dan plasebo menjadi 2,47 ons (73 ml) pada kelompok fenugreek.

Studi ini menggunakan teh herbal fenugreek sebagai pengganti suplemen, tetapi suplemen cenderung memiliki efek serupa. Sebut saja PRENAVITA Honey Lychee Flavoured  Powder Drink yang merupakan bubuk laktasi sebagai pelancar ASI.

Pada sebuah studi lain tentang fenugreek sudah dipublikasikan di US National Library of Medicine, Toxicology Data Network. 

Studi tersebut telah menemukan hubungan antara fenugreek dan meningkatnya laktasi atau ASI booster.

Dalam beberapa kasus, fenugreek sangat efektif meningkatkan kuantitas ASI, sehingga anak dari ibu yang mengonsumsi fenugreek bisa tumbuh sehat dan memiliki berat badan yang baik.

Bagaimana pun cara Moms  mengonsumsi fenugreek, ini tetap efektif. Moms bisa mengonsumsinya dalam bentuk bubuk super food atau bahkan teh herbal, dan khasiatnya tetap sama.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
MOOIMOM Hands Free Pumping Bra / Bra Pompa ASI Bra Menyusui
MOOIMOM Hands Free Pumping Bra / Bra Pompa ASI Bra Menyusui

Rp 340,000

Disposable Breast Pads (30pcs) Penyerap ASI
Disposable Breast Pads (30pcs) Penyerap ASI

Rp 30,000

MOOIMOM - Belly Cream - Krim Selulit Ibu Hamil & Pasca Melahirkan
MOOIMOM - Belly Cream - Krim Selulit Ibu Hamil & Pasca Melahirkan

Rp 209,000

[PRENAVITA] Vanilla Flavoured Powder Drink 15 Sachet
[PRENAVITA] Vanilla Flavoured Powder Drink 15 Sachet

Rp 199,000

[PRENAVITA] Honey Lychee Flavoured  Powder Drink 15 Sachet
[PRENAVITA] Honey Lychee Flavoured Powder Drink 15 Sachet

Rp 199,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved