Mamapedia Logo
Ini 8 Buah Untuk MPASI, Tak Boleh Terlewatkan!

Wajib Tahu! Ini 8 Pilihan Buah Penuh Serat Untuk MPASI

author iconKenhari
date icon31 03 2021
category iconKelahiran Anak, Tips, Gizi & Kesehatan, Tumbuh Kembang Anak, Gizi & Kesehatan, Gaya Hidup,

Memilih MPASI pertama bayi tentu sangat penting, karena hal ini akan memengaruhi pola dan kebiasaan makannya kelak. Moms bisa memberikan Si Kecil buah-buahan sebagai makanan pertamanya.Jenis Makanan Sehat untuk Si Kecil yang Siap Makan MPASI. Buah-buahan bisa jadi menu MPASI pertama bayi yang tepat karena memiliki tekstur yang beragam dan membantu anak memahami tekstur makanannya. Resep MPASI: Puree Buah untuk Bayi (6 Bulan ke Atas)

Selain karena kandungan vitamin dan mineralnya yang bagus, buah-buahan juga bermanfaat untuk memperkenalkan bayi pada aneka citarasa dan tekstur makanan. Namun sebelum memberikan MPASI bayi, orangtua harus jeli dalam mengenal apakah buah hati sudah siap menyantap makanan padat atau belum. 5 Cara Memberikan Buah untuk MPASI, Efektif!

Read more : Resep MPASI: Puree Buah Mix 5 (Untuk 6 bulan keatas)

Wajib Tahu! Ini 8  Pilihan Buah Penuh Serat Untuk MPASI 

1. Pisang

Pisang menjadi salah satu buah untuk bayi 6 bulan yang paling populer. Buah favorit monyet ini merupakan makanan yang praktis, terutama saat Anda bepergian bersama Si Kecil. Tak perlu dicuci atau dikukus, Anda dapat memberikan buah pisang segar yang telah dikupas untuk langsung dimakan. Namun batasi konsumsinya untuk bayi karena buah ini berpotensi menyebabkan konstipasi.

Pisang adalah salah satu buah yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi. Selain itu, buah ini juga kaya akan vitamin C yang baik untuk sistem kekebalan tubuh anak. Kandungan vitamin B6. Cara mengolahnya juga mudah, kok, Moms. Hanya tinggal hancurkan satu pisang dengan sendok sampai teksturnya lembut. Pastikan Moms memberikan porsi yang pas, ya. Pasalnya ketika pisang sudah dikupas dan didiamkan dalam waktu lama, warnanya akan berubah cokelat.

2.  Alpukat

Alpukat punya daging yang lembut. Rasanya yang sedikit berbeda dengan buah-buah lainnya bisa membuat Si Kecil belajar rasa baru dari. Rasanya yang sedikit gurih tapi manis tentu bisa menjadi menu favorit sang buah hati.Alpukat mengandung lemak baik yang sangat penting bagi pertumbuhan otak bayi, dan tentu saja pertumbuhan fisiknya.

Buah berdaging kuning ini bisa menjadi pilihan saat Anda pertama kali mengenalkan makanan pendamping ASI pada buah hati. Buah alpukat bertekstur halus dan creamy saat dijadikan pure. Karena itu, cocok sekali sebagai salah satu jenis makanan pertama bayi.

3. Mangga

Vitamin C selanjutnya bisa Si Kecil dapatkan dari buah mangga. Tak hanya itu, mangga juga bisa menjadi sumber vitamin A, vitamin B, dan beragam mineral yang dibutuhkan anak. Jangan lupa pilih buah mangga yang matang, Moms. Buah mangga yang matang sudah pasti memiliki tekstur yang lebih lembut dan rasa yang manis.

4. Pepaya

Pepaya punya kandungan serat yang tinggi dan dapat membantu melancarkan pencernaan Si Kecil, Moms. Buah berwarna oranye ini juga diperkaya dengan vitamin C dan vitamin A yang cukup tinggi. Teksturnya yang lembut membuat pepaya sangat cocok untuk menjadi menu MPASI pertama bayi. Sama seperti pisang, Moms, bisa melumatkan buah ini dengan sendok dan kemudian memberikannya langsung pada sang buah hati.

5. Buah Naga

Buah naga bisa menjadi pilihan MPASI pertama bayi. Jika dilihat dari segi kandungan gizinya, buah naga kaya akan mineral, seperti zat besi dan magnesium. Zat besi sangat penting, karena biasanya balita rentan kekurangan zat besi hingga akhirnya menyebabkan anemia. Tak hanya itu, berbagai vitamin juga lengkap di dalam buah naga, misalnya vitamin C dan vitamin E. Kandungan air yang cukup banyak pada buah naga juga mempermudah Si Kecil yang belum bisa mengunyah sempurna.

6. Apel

Apel boleh diberikan sebagai makanan pendamping ASI saat bayi berusia antara 6 sampai 8 bulan. Apel memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk tumbuh kembang bayi seperti kalsium, Vitamin A, Vitamin C hingga fosfor. Berikan apel yang sudah dikupas kulitnya, dan dikukus sebentar. Proses kukus akan membuat tekstur apel menjadi lunak, sehingga cocok sebagai buah untuk bayi yang berusia di bawah delapan bulan. Apel yang sudah dikukus juga lezat dijadikan pure untuk bayi. 

Setelah bayi berusia di atas delapan bulan, Anda bisa mulai memberikan apel tanpa dikupas maupun dikukus. Potong dan sajikan buah apel sebagai finger food untuk Si Kecil. Jangan lupa untuk memastikan bahwa buah ini sudah dicuci hingga bersih. 


7. Melon

Melon dapat diberikan saat bayi berusia 8 bulan. Tetapi banyak juga orangtua yang mulai memberikannya pada bayinya saat berusia enam bulan. Sebagian kecil bayi mengalami timbulnya ruam kulit setelah mengonsumsi melon. Untuk memastikan apakah reaksi ini termasuk alergi atau bukan, Anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter anak. 

Melon jenis cantaloupe atau blewah memiliki kandungan beta-karoten tinggi, sehingga baik untuk perkembangan penglihatan bayi. Rasanya juga manis dan segar, jadi biasanya disukai oleh bayi. 

Read more : Tips Memberikan Jus Buah untuk Bayi, Alternatif MPASI yang Sehat

8. Buah plum

Sumber makanan tinggi serat adalah salah satunya buah plum. Selain tinggi serat, buah ini juga mengandung banyak mineral dan vitamin, mulai dari vitamin A, C, B1, B2, B3, B6, B9 dan B12. Buah dengan rasa asam dan manis ini juga sangat baik untuk bayi karena tinggi zat besi. Mengonsumsi buah plum akan bantu menjaga daya tahan tubuh bayi, mencegah bayi sembelit, dan memelihara kesehatan tulang.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE