Mamapedia Logo
Tips Supaya ASI Lancar Setelah Melahirkan

Tips Supaya ASI Lancar Setelah Melahirkan

author iconNovia Luciana
date icon16 10 2017
category iconGaya Hidup, Kehamilan & Menyusui, Menyusui,

Banyak diantara kita yang mengira bahwa ASI akan keluar dengan sendirinya setelah melahirkan. Beberapa Moms dengan kondisi hyper laktasi atau kelebihan air susu mungkin bisa mengalami hal tersebut, namun berbeda cerita apabila Moms perlu usaha terlebih dahulu untuk mengeluarkan ASI. Betapa senangnya ya apabila bisa lancar menyusui tanpa hambatan sedikitpun, meski mustahil jika tanpa hambatan sedikit pun. Moms yang hyper laktasi sendiri punya kesulitan dalam mengontrol air susu yang keluar. Moms harus sering memompa ASI supaya tidak rembes karena rembes bisa jadi mengurangi rasa percaya diri Moms. Baca juga : ASI Untuk Si Kecil Sudah Cukup Belum Ya?

 

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa ASI sulit keluar sesaat setelah melahirkan (dilansir dari banyak sumber) :

 

  1. Pola makan yang tak bagus sewaktu hamil. Kurang mengkonsumsi buah dan sayur waktu hamil bisa jadi penyebab susahnya ASI keluar.
  2. Adanya perubahan hormon pada Moms semasa hamil.
  3. Penggunaan bra yang salah (tidak menggunakan bra yang nyaman atau bukan bra hamil-menyusui bisa menghambat keluarnya ASI).
  4. Faktor psikologis berpengaruh juga terhadap keluarnya ASI. Moms yang mengalami tekanan atau stress cenderung sedikit susah mengeluarkan ASI.

 

Lakukan tips berikut ini supaya ASI bisa lancar seusai melahirkan :

 

  1. Persiapkan psikologis Moms. Jangan ragu mengambil langkah menyusui si kecil secara eksklusif. Untuk melawan rasa takut Moms tentang menyusui, Moms bisa ikut kelas laktasi supaya tahu secara jelas bagaimana cara menyusui yang benar dan mengatasi hambatan yang mungkin terjadi saat menyusui nanti.
  2. Persiapkan juga fisik Moms. Hal ini bisa dilakukan dengan cara tetap aktif bergerak saat hamil. aktif bergerak akan memperlancar sirkulasi udara dan darah dalam tubuh.
  3. Jangan berdiet ketat tanpa anjuran dokter. Saat hamil Moms membutuhkan banyak nutrisi dan gizi yang tinggi. Berdiet tanpa anjuran dokter saat hamil bisa jadi malah membuat badan Moms tidak sehat dan cenderung lemah sehingga akan mempengaruhi pertumbuhan janin.
  4. Konsumsi banyak air putih dan kurangi gula atau makanan asin berlebih. Ini salah satu hal yang bisa menjaga pola hidup ibu hamil yang sehat. Mengkonsumsi banya air putih disinyalir mampu membawa banyak manfaat untuk tubuh, terhindar dari dehidrasi, dan masih banyak lagi. Mengurangi asupan gula atau garam berlebih juga bisa membuat berat badan Moms tidak melonjak terlalu tajam. Konsumsi apa saja sesuai porsinya ya Moms!
  5. Olahraga ringan atau senam bisa jadi pilihan gaya hidup sehat selama hamil. Menurut suatu sumber, melakukan senam hamil bisa jadi salah satu cara agar produksi ASI mulai melimpah sejak kehamilan.
  6. Menghindari penggunaan underwear yang terlalu ketat. Moms, inilah salah satu alasan mengapa menggunakan bra ketat atau berkawat akan menghambat proses pembuatan ASI semasa hamil. Saat hamil payudara Moms biasanya akan lebih sensitif, mengganti bra lama dengan bra hamil-menyusui bisa jadi solusi yang tepat.
  7. Menjaga kebersihan organ intim Moms. Yes! Payudara adalah salah satu organ intim kewanitaan yang harus dijaga kebersihannya. Mandilah dengan benar dan sering mengganti bra bisa membuat payudara lebih bersih.
Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE