Homepage Loading Icon
Manfaatkan Jus Kurma Sebagai Pelancar ASI

Manfaatkan Jus Kurma Sebagai Pelancar ASI

author iconNovia Luciana
date icon19 07 2018
category iconTips, Gizi & Kesehatan, Menyusui, Kehamilan & Menyusui, Resep, Gaya Hidup,

Kata siapa kurma hanya digunakan sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa? Kenyataannya, kurma ini bagus juga untuk kesehatan. Dewasa ini kurma tak hanya tersedia saat Bulan Suci Ramadhan saja lho Moms, di setiap supermarket kurma sudah tersedia. Apa yang membuatnya istimewa? Kurma ini rasanya manis dan lezat, bisa dimakan begitu saja atau diolah menjadi kue, dan punya banyak manfaat untuk tubuh!

Baca juga : Olahan Pare Bisa Membuat ASI Moms Kental

Kurma mengandung kalori sebanyak 281 kalori, lemak 0,4 gram, natrium 2 mg, kalium 656 mg, karbohidrat  75 gr (terdiri dari serat pangan dan gula alami), vitamin A, kalsium, vitamin C, zat besi, hingga magnesium. Setelah mengetahui kandungannya, lalu apa sih manfaat untuk tubuh?

Baca juga : Tips Memilih Pompa ASI yang PAS!

Kurma punya banyak manfaat untuk tubuh seperti :

 

Sebagai sumber energy 

Hal ini ditunjukkan dengan kandungan kalori yang cukup tinggi pada sekitar 100gr kurma yaitu mengandung sebanyak 281 kalori. Sementara kandungan karbohidratnya sebanyak 75 gram dan di dalam karbohidrat tersebut masih terkandung serat dan juga gula alami. Untuk ibu menyusui, kurma bisa digunakan sebagai sumber energy tambahan.

Memiliki kandungan kalium yang tinggi 

Kalium yang terkandung pada 100 gram kurma adalah sebanyak 656 mg. Kalium merupakan salah satu mineral penting yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, membangun otot-otot, bisa mengatur detak jantung serta tekanan darah, menghindarkan dari penyakit jantung ataupun stroke. Konsumsilah sebanyak 4 kurma setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan kalium pada tubuh sebanyak 14 persen.

Kurma adalah booster ASI alami 

Ada zat ampuh yang terkandung pada ASI, yaitu oksitoksin. Oksitoksin ini mampu bertindak sebagai pelancar produksi ASI. Kurma selain bisa digunakan sebagai pelancar ASI juga bisa membuat Moms memproduksi ASI yang lebih sehat dan lebih berkualitas sehingga si kecil bisa menjadi lebih cerdas dan lebih sehat.

Kurma kaya akan zat besi serta kalsium 

Kedua kandungan ini sangat bermanfaat bagi tubuh sang ibu dan juga sang bayi. Kalsium pada kurma dapat membantu proses pembentukan gigi dan tulang si kecil. Selain itu, dengan mengkonsumsi kurma, Moms juga membantu peningkatkan berat badan padanya melalui ASI.

Kurma juga mampu menjaga daya tahan tubuh si kecil 

Tannin yang terkandung pada buah kurma mampu berfungsi untuk memperkuat daya tahan tubuh Moms supaya tidak mudah sakit. Tannin ini juga memiliki kandungan zat anti infeksi dan anti inflamasi (pembengkakan) dalam tubuh. Kurma juga mengandung fitokimia, yaitu zat alami pada tumbuhan dan tubuh manusia yang berfungsi  sebagai penghasil enzim-enzim penangkal racun, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan anti bakteri.

 

Sudah banyak manfaat yang ada pada kurma, saatnya membuat booster ASI alami dari olahan kurma yuk Moms? Resep ini adalah resep dari Mom Dina Syamer Syofia (Cookpad). Yuk dicoba!

Baca juga : Ternyata Memerah ASI Punya Banyak Manfaat!

Jus Kurma Susu (utk bumil dan busui)

 

Bahan-bahan :  

 

6-7 butir kurma

60 ml air matang

150 ml susu cair

 

Cara membuat :               

 

  1. Buang biji kurma, rendam kurma dalam air matang selama 8 jam (rendam habis isya). Masukkan kulkas. Ga punya kulkas ga apa2, biarkan di suhu ruang aja. Ditutup ya moms.
  2. Pas selesai sahur, blender kurma, air rendamannya serta susu cair sampai halus. Minum 15 menit - 1/2 jam setelah makan nasi. Pastinya sblm imsak ya.
  3. Selamat mencoba
Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
anello® High Density Nylon Cap Backpack Tas Ransel - Navy
anello® High Density Nylon Cap Backpack Tas Ransel - Navy

Rp 1,390,000

Natural Comfort Electric Breast Pump Pompa ASI Elektrik
Natural Comfort Electric Breast Pump Pompa ASI Elektrik

Rp 1,390,000

Grabease - First Self Feeding Utensil Set of Spoon and Fork for Toddlers Alat Makan Bayi - Teal
Grabease - First Self Feeding Utensil Set of Spoon and Fork for Toddlers Alat Makan Bayi - Teal

Rp 250,000

Little Tree Baby Laundry Soap Sabun Cuci Batang Baju Bayi (Lavender)
Little Tree Baby Laundry Soap Sabun Cuci Batang Baju Bayi (Lavender)

Rp 42,000

3 Pack Super Soft Bra Hamil Menyusui
3 Pack Super Soft Bra Hamil Menyusui

Rp 507,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved