Mamapedia Logo
Khasiat Madu untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Khasiat Madu untuk Ibu Hamil dan Menyusui

author iconNovia Luciana
date icon16 07 2018
category iconGaya Hidup, Gizi & Kesehatan, Kecantikan, Kehamilan & Menyusui, Masa Kehamilan, Menyusui,

Banyak yang sudah tahu tentang madu karena khasiatnya yang ampuh untuk badan. Madu yang baik adalah madu alami tanpa pemanis buatan dan kalaupun harus ditambah gula, maka kandungan gula harus lebih sedikit daripada madu aslinya. Madu merupakan senyawa gabungan antara karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan antioksidan. Madu mengandung energy, protein, air, vitamin B kompleks (termasuk asam folat), vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan juga seng.

Madu memiliki banyak khasiat karena merupakan bahan alami. Berikut ini beberapa manfaat madu untuk ibu hamil dan menyusui, dikutip dari banyak sumber :

Mampu membantu meningkatkan hemogoblin pada ibu hamil 

Madu mengandung zat besi yang dapat membantu meningkatkan hemogoblin pada ibu hamil. Dengan mengkonsumsi madu alami, jumlah eritrosit pada ibu hamil akan meningkat. Peningkatan pada eritrosit ini akan membantu Moms mengatasi masalah anemia. Anemia sendiri biasa terjadi pada ibu hamil dengan tanda – tanda sering merasa lelah, bahkan hingga lemas.

Baca juga : Cegah Obesitas Selama Kehamilan yuk!

Madu mampu mengatasi mual (morning sick) 

Rasa manis alami pada madu dapat membantu Moms untuk mengatasi rasa mual berlebih. Cukup tambahkan madu dengan rebusan air jahe kemudian diminum selagi hangat mampu meredakan rasa mual yang berlebihan. Morning sick atau mual itu sendiri dapat terjadi pada ibu hamil dari mulai trimester awal hingga trimester akhir namun dengan intensitas mual yang mulai berkurang di setiap bulannya. Jika mual yang Moms alami berlebihan, disarankan untuk segera periksa ke dokter.

Baca juga : Khasiat Kacang Merah untuk Kesehatan

Madu dapat membantu mengurangi rasa mulas pada ibu hamil 

Perut mulas pada ibu hamil adalah sesuatu yang biasa terjadi dengan banyak faktor, salah satunya karena hormon. Dikutip dari situs hamil, hormon yang dilepaskan selama kehamilan menyebabkan sphincter diantara kerongkongan dan lambung menjadi lebih lunak. Ketika kondisi seperti ini terjadi maka asam lambung kembali kekerongkongan yang menyebabkan ada rasa terbakar. Kondisi ini bisa terjadi sampai pada bulan-bulan terakhir kehamilan. Semakin besar bayi, maka akan semakin besar ia mendorong semua organ ke atas, oleh karenanya, rasa mulas pun bisa terjadi.

Sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik dengan mengkonsumsi madu 

Ibu hamil juga rentan terhadap penyakit karena kondisi tubuhnya sering kali tak menentu, contohnya ibu hamil bisa terserang flu karena lingkungan sekitar sedang banyak yang flu atau mungkin cuaca  sedang tidak baik. Tak hanya itu, ibu hamil juga rentan terkena radang tenggorokan. Untuk mengatasi hal tersebut, ibu hamil bisa mengkonsumsi teh hangat yang dicampur dengan madu, air jahe hangat yang dicampur dengan madu, ataupun air lemon hangat yang bisa dicampur dengan madu.

Madu bermanfaat untuk ibu menyusui

Bagi Moms yang sedang ASI eksklusif, madu bermanfaat untuk melancarkan produksi ASI, menambah stamina saat sedang menyusui, dan juga sebagai antibody baik untuk ibu ataupun bayinya. Tak hanya itu saja, menurut sebuah penelitian di Negeri  Sakura, kandungan vitamin dan antibiotic dalam madu mampu mempercepat pemulihan Rahim paska melahirkan.

Baca juga : Lakukan Ini Supaya ASI Lancar Berproduksi

 

Konsumsi madu rendah kandungan gula sangat bermanfaat untuk tubuh kan Moms? Jangan lupa pilih madu yang sehat ya!

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share