Mamapedia Logo
Keputihan Saat Hamil? Gunakan Bahan Alami untuk Mengobatinya

Keputihan Saat Hamil? Gunakan Bahan Alami untuk Mengobatinya

author iconNovia Luciana
date icon20 10 2017
category iconGaya Hidup, Kehamilan & Menyusui, Masa Kehamilan, Tips,

Saat hamil, Moms biasanya tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi obat selain obat yang diberikan dari dokter. Obat yang diberikan sendiri biasanya hanya berupa suplemen makanan atau vitamin untuk tubuh supaya ibu hamil tidak kekurangan nutrisi. Lalu apakah ada yang pernah mengalami keputihan saat sedang hamil? Baca juga : Ingin Cepat Hamil? Coba Konsumsi Ini!

 

Keputihan saat kehamilan adalah hal yang masih dianggap wajar apabila keputihan masih berwarna bening, tak bau, dan tak bercampur darah. Ada yang mengalami hanya di trimester awal, tapi ada juga yang mengalaminya sedari awal kehamilan hingga setelah melahirkan. faktor – faktor penyebab terjadinya keputihan saat hamil juga banyak sekali. Ulasan lengkap tentang keputihan saat hamil bisa di simak di sini Moms. Baca juga : Bahaya! Jangan Konsumsi 5 Makanan Jenis ini Saat Hamil!

 

Tak melulu harus diobati dengan bahan kimia, keputihan masih bisa diobati dengan yang alami. Dilansir dari website hamil, berikut ini adalah bahan – bahan alami yang dapat membantu mengurangi keputihan Moms saat sedang hamil :

 

  1. Daun sirih

 

Seperti yang kita tahu bahwa daun sirih sendiri memang biasa digunakan untuk mencuci Miss V para wanita. Ternyata ini aman juga jika dilakukan saat hamil. Supaya keputihan Moms berkurang, Moms bisa mencoba mencuci Miss V Moms dengan air rebusan daun sirih. Tapi jangan diminum ya Moms, anjurannya hanya untuk mencuci Miss V. Tak perlu terlalu rutin, seminggu sekali untuk pengobatan sudah cukup. Daripada menggunakan obat pencuci Miss V yang mengandung Daun Sirih, lebih baik Moms menggunakan daun sirih sendiri untuk mencuci Miss V ya. Pastikan air rebusan daun sirih sudah benar – benar dingin ya Moms.

 

  1. Daun jambu biji

 

Jika biasanya daun ini digunakan untuk mengobati masalah pencernaan pada anak – anak dan orang dewasa (seperti diare), maka daun jambu biji juga berkhasiat untuk mengurangi keputihan pada Miss V Moms. Cara penggunaannya pun sama, cukup rebus daun jambu biji, saring dan sisakan airnya saja, tunggu hingga dingin, kemudian basuhkan ke Miss V Moms. Ulangi lagi hingga bersih kemudian bilas dengan air biasa. Usahakan jangan air hangat ya Moms.

 

  1. Cobalah mengkonsumsi pisang

 

Pisang memiliki banyak kandungan baik di setiap buahnya. Selain itu pisang juga bisa membantu agar pencernaan ibu hamil menjadi lebih lancar karena pisang mengandung serat yang tinggi. Dengan mengkonsumsi pisang, nantinya buah ini akan membantu membersihkan bagian dalam tubuh Moms (zat – zat kotor dalam tubuh), dan dibuang melalui kotoran. Kandungan kalori yang rendah mampu membantu mengelola berat badan Moms. Magnesium dan seng pada pisang juga ampuh mengatasi mual yang sering terjadi pada ibu hamil. Baca juga : Menjadi Ibu Baru Tidak Mudah. Ini Cara Mengatasinya!

 

  1. Yoghurt

 

Siapa yang suka mengkonsumsi yoghurt? Yoghurt organic tanpa tambahan gula apapun ternyata bisa membantu mengatasi keputihan berlebihan saat hamil, tentunya ia akan bekerja dari dalam. Yoghurt mengandung bakteri hidup yang tentunya akan membuat bakteri sehat dalam organ intim Moms tumbuh menjadi lebih baik. Yoghurt bekerja dari dalam sehingga Moms tak perlu mengaplikasikannya di Miss V Moms ya. Pastikan Moms mengkonsumsi yoghurt dengan batasan yang wajar juga.

 

Ada yang suka mengalami keputihan saat hamil? Macam – macam cara di atas bisa dicoba untuk mencegah kembali terjadinya keputihan. Semoga kehamilannya semakin disehatkan ya Moms!

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE