Mamapedia Logo
Jangan Remehkan Ubi! Khasiatnya Luar Biasa

Jangan Remehkan Ubi! Khasiatnya Luar Biasa

author iconNovia Luciana
date icon09 11 2017
category iconGaya Hidup, Kehamilan & Menyusui, Masa Kehamilan, Tips,

Apakah Moms tahu Ubi? Bahan makanan yang satu ini memang sudah jarang dikonsumsi oleh masyarakat kita padahal pada jaman dahulu, Ubi adalah bahan makanan utama, jauh lebih utama dibandingkan dengan beras putih atau nasi. Jaman dahulu, hanya orang – orang tertentu saja yang mengkonsumsi nasi, sisanya diganti dengan ubi ataupun jagung. Selain dapat menjadi pengganti sumber karbohidrat harian, ternyata ubi juga punya manfaat lain yang dijamin tak kalah menyehatkan untuk tubuh. Ubi sendiri punya banyak varian, dari ubi ungu, ubi oranye, ubi kuning, ubi putih, ataupun ubi merah. Ubi juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, beta karoten, magnesium, kalium, dan juga anti oksidan yang lumayan tinggi. Ubi ternyata tak mengandung lemak, oleh karena itu aman dikonsumsi bagi siapa saja, termasuk bagi Moms yang ingin berdiet.

 

Jika untuk kesehatan saja ubi punya banyak manfaat, sama hal-nya untuk ibu hamil. Simak manfaat ubi untuk ibu hamil seperti berikut ini :

 

  1. Konsumsi Ubi agar terbebas dari susah BAB

 

Salah satu penyakit yang umum diderita oleh setiap ibu hamil adalah susah buang air besar atau sembelit. Hal ini biasanya diakibatkan karena pola makan yang kurang baik. Beberapa ibu hamil ada yang mengalami ngidam namun bisa jadi sewaktu ngidam itu, makanan yang dikonsumsi tak sehat seperti mengkonsumsi junk food, makanan instant, dan sejenisnya. Junk food sendiri punya kandungan gizi yang tak imbang sehingga tak baik dikonsumsi terutama untuk ibu hamil. Ubi punya kandungan serat yang tinggi sehingga mampu memperlancar sistem pencernaan Moms. Baca juga : Perlukah Mengganti Bra Biasa dengan Bra Hamil & Menyusui?

 

  1. Mencegah kram kaki, nyeri sendi, dan edema pada kaki

 

Merasakan nyeri di beberapa bagian tubuh memang sudah jadi hal yang lumrah saat hamil, terutama apabila kehamilan sudah menginjak usia tua. Namun beberapa Moms ada juga yang merasakan berbagai macam nyeri pada bagian tubuh semenjak trimester awal. Kandungan kalium yang tinggi pada Ubi mampu mencegah terjadinya kram kaki, nyeri pada sendi-sendi tubuh, bahkan edema (pembengkakan) pada kaki. Konsumsi ubi kukus atau rebus untuk mencegah hal yang kurang nyaman ini yuk Moms. Baca juga : Boleh Kah Mewarnai Rambut Saat Hamil?

 

  1. Ubi berkhasiat untuk menurunkan darah tinggi

 

Hipertensi pada ibu hamil tak bisa dibiarkan saja karena bisa jadi akan mengancam kesehatan baik ibu ataupun bayinya. Moms yang memiliki riwayat hipertensi harus memberitahukan kepada dokter sejak awal supaya dokter Moms bisa lebih hati-hati dalam memberikan resep obat. Mengkonsumsi ubi bisa menjadi salah satu solusi untuk menjaga tekanan darah Moms agar tetap stabil selama masa kehamilan. Ubi sendiri mampu memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi pada ibu hamil dengan baik. Baca juga : Nutrisi Bayam Untuk Ibu Hamil

 

  1. Ubi membantu pembentukan sel darah merah dan bisa mencegah mual

 

Mual adalah hal biasa, namun menjadi tak nyaman apabila kondisi ini hampir setiap hari Moms rasakan. Kondisi mual sendiri ternyata merupakan pertanda bahwa sang jabang bayi sedang berkembang dengan sehat. Vitamin B6 yang ada pada ubi dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah pada ibu hamil, sementara itu, selain berfungsi untuk membantu mengalirkan oksigen, sel darah merah yang cukup akan membantu Moms terhindar dari yang namanya mual (morning sick). Baca juga : Ini yang Perlu Moms Tahu Tentang IMD

 

  1. Mata menjadi lebih sehat dengan mengkonsumsi Ubi

 

Mata adalah jendela dunia, sedini mungkin kita harus mempersiapkan kesehatan mata si kecil. Ubi punya kandungan vitamin A yang tinggi, dalam satu cup ubi mengandung sekitar 1,922 mikogram vitamin A, sedangkan dalam sehari, seorang ibu hamil akan membutuhkan sekitar 700 mikogram vitamin A. Mengkonsumsi ubi dapat membantu menyehatkan mata baik janin atau untuk ibunya.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE