Homepage Loading Icon
Hindari Hal Ini Dalam Merawat Si Kecil yang Sedang Sakit

Hindari Hal Ini Dalam Merawat Si Kecil yang Sedang Sakit

author iconNovia Luciana
date icon06 07 2018
category iconGaya Hidup, Tumbuh Kembang Anak, Gizi & Kesehatan, Tips,

Anak sakit memang bukanlah hal yang menyenangkan. Rasanya seperti ingin memindahkan rasa sakit yang ia rasakan kepada kita sebagai orang tuanya. Kalau jaman dahulu serba herbal, maka jaman sekarang tak jarang orang tua menggunakan obat – obatan dari dokter supaya si kecil cepat sehat. Beberapa orang tua ada yang bersikap tenang saat menghadapi anak yang sakit, namun ada juga orang tua yang kepalang panic dan berfikir macam – macam saat anaknya sakit. Berikut ini ada beberapa hal yang harus Moms dan Dads hindari ketika sedang menghadapi anak yang sedang sakit :

Tenangkan diri dan jangan panik 

Pernah kah merasakan si kecil sakit hingga rewelnya luar biasa? Apalagi jika masih bayi, biasanya akan menangis lama karena ia belum mampu menyampaikan apa yang benar – benar ia rasakan ketika badannya tidak enak. Biasanya kepanikan terjadi mana kala si kecil panas dan angka pada thermometer cenderung tinggi. Menurut dokter yang dilansir dari sumber – sumber di internet mengatakan bahwa demam adalah penyakit yang umum dirasakan oleh anak. Demam juga menandakan bahwa sistem imunitas tubuh anak sedang bereaksi dengan baik terhadap penyakit. Demam juga banyak sekali faktornya, misalnya mulai tumbuh gigi, tertular flu (atau virus dan bakteri), alergi, hingga terlalu lelah. Moms bisa tetap menyusui si kecil karena ASI cukup membantu menurunkan demam pada anak. Tapi jika demam masih berlanjut, Moms bisa membawa si kecil ke dokter untuk diberi obat sesuai anjuran dokter ya.

Baca juga : Melahirkan di Temani Suami? Ini Dia Manfaatnya!

Asal memberikan obat pada anak 

Jangan cuek dengan obat ya Moms. Beberapa orang tua ada yang memberikan obat yang sering dijual di apotek atau warung terdekat. Tidak boleh memberikan sembarang obat untuk anak meskipun obat tersebut ada panduan dosis untuk diberikan pada anak. Salah memberikan obat bisa berdampak buruk pada si kecil, bisa menyebabkan alergi, pencernaan terganggu, atau justru menimbulkan penyakit lainnya. Teliti lagi yuk dalam memberikan obat kepada si kecil.

Baca juga : Apasih Tanda Si Kecil Sudah Tercukupi ASI-nya?

Salah penanganan juga bisa fatal 

Ketahui lebih pasti bagaimana cara menangani anak sakit. Saat si kecil sedang demam atau panas tinggi justru Moms tidak boleh menyelimuti tubuhnya, atau memberikan kaos kaki. Pada beberapa kasus, memberikan selimut tebal atau kaos kaki pada si kecil bisa membuat demamnya tak kunjung reda dan bahkan ada yang bisa terkena step atau kejang mendadak. Cukup matikan AC atau berikan ia selimut tipis saja Moms supaya demamnya tidak makin parah.

Baca juga : Ibu Hamil Sering Mengalami Pegal? Ini Solusinya!

Jangan mengkompres air es saat demam 

Mengkompres dahi anak dengan air es atau air dingin justru tak bagus karena tubuh seolah seperti berada di suhu rendah, hal ini bisa membuat demam si kecil semakin tinggi. Beberapa anak justru makin rewel saat dikompres karena hal tersebut membuatnya tidak nyaman.

 

Ada yang punya pengalaman tidak menyenangkan saat pertama kali si kecil mengalami demam tidak Moms? Berbagi pengalaman Moms bersama kami yuk!

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Full Length Maternity Leggings Celana Legging Hamil
Full Length Maternity Leggings Celana Legging Hamil

Rp 199,000

Denim Maternity Shorts Celana Pendek Ibu Hamil
Denim Maternity Shorts Celana Pendek Ibu Hamil

Rp 249,000

Mombella Flower Fruit Teether Mainan Gigitan Bayi - Mangosteen
Mombella Flower Fruit Teether Mainan Gigitan Bayi - Mangosteen

Rp 99,000

Elastic Body Corset
Elastic Body Corset

Rp 79,000

Multi Use Nursing Cover shawl / Baju Menyusui / Apron Menyusui
Multi Use Nursing Cover shawl / Baju Menyusui / Apron Menyusui

Rp 259,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved