Homepage Loading Icon
Hal Yang Perlu Diketahui Agar Tak Takut Menyusui - MOOIMOM

Hal Yang Perlu Diketahui Agar Tak Takut Menyusui

author iconNovia Luciana
date icon14 06 2017
category iconGaya Hidup, Kehamilan & Menyusui, Menyusui, Tips,

Ada banyak pengalaman berharga tentang menyusui, dari mulai pengalaman menyenangkan hingga banyak pula duka dan sedih yang menerpa ketika memberikan ASI untuknya. Pasalnya, kegiatan menyusui ini sangat berpengaruh terhadap kondisi psikologis seseorang. Kondisi psikologis yang bahagia akan membuat produksi ASI semakin lancar, sementara sebaliknya, apabila Moms mengalami sedikit stress saja, maka produksi ASI bisa berkurang. Kali ini emosi harus benar – benar dikendalikan oleh pikiran, ya pikiran positif serta keyakinan bahwa proses menyusui ini akan berjalan dengan lancar. Baca juga : ASI Bisa Berkurang, Ini Penyebabnya

 

Banyak juga para ibu yang dilanda ketakutan ketika akan menyusui si kecil karena sudah mendengar banyaknya pengalaman ibu menyusui lainnya. Pada dasarnya, menyusui adalah soal niat dan keyakinan terlebih dahulu, selebihnya adalah usaha. Banyaknya cerita menyusui baik yang penuh perjuangan atau dengan mudahnya menyusui sebaiknya dijadikan pengalaman berharga dan semangat bagi Moms. Simak tips berikut supaya tak lagi takut menyusui si kecil :

 

  1. Persiapkan dengan matang jelang kelahiran si kecil

 

Bekali diri dengan banyaknya pengetahuan tentang menyusui sejak dini. Moms bisa memperolehnya dari berbagai artikel yang banyak tersebar di internet, dari ahli laktasi, teman – teman Moms, saudara, ibu, atau bahkan sengaja mengikuti kelas laktasi supaya bekal menyusui menjadi lebih matang. Ketahui juga berbagai macam perlengkapan yang mendukung penuh proses ASI eksklusif untuk si kecil. Sekarang sudah banyak sekali bertebaran produk – produk pendukung menyusui dengan kualitas dan harga yang beragam. Pilih yang terbaik ya! 

 

  1. Sebenarnya, menyusui tidaklah menyakitkan

 

Hal ini terkait dengan cara menyusui si kecil yang benar. Salah satu yang sering kali luput dari pengetahuan kita adalah cara menyusui yang benar sehingga tak menimbulkan rasa sakit. Saat menyusui, jangan terpacu pada mulut si kecil yang sudah menempel pada PD Moms saja, tetapi mulut si kecil harus masuk ke seluruh bagian areola PD Moms. Rasa sakit yang terasa lebih dari 30 detik biasanya pertanda bahwa teknik menyusuinya masih belum benar. Hentikan terlebih dahulu proses menyusuinya, benarkan posisi, lalu lanjutkan lagi menyusui si kecil. Baca juga : Saat Menyusui, Bolehkah Minum Obat?

 

  1. Payudara memproduksi ASI bukan menyimpan ASI

 

Jadi sebenarnya, jaringan ASI sudah terbentuk sejak awal kehamilan, ditandai dengan ukuran payudara yang mulai berubah dan sedikit terasa sakit apabila disentuh. Sesaat setelah melahirkan, tak semua Moms akan punya ASI yang langsung melimpah. Kondisi ini bisa terjadi hingga seminggu bahkan lebih setelah melahirkan. Oleh karena ASI diproduksi bukan disimpan, maka Moms wajib untuk melakukan usaha ekstra memproduksi ASI dengan cara terus punya pikiran positif (hindari stress) serta mengkonsumsi berbagai makanan bergizi dan tambahan makanan yang bisa memicu ASI berproduksi dengan lebih baik.

 

  1. Bengkak saat menyusui adalah hal yang wajar

 

Jangan panik saat PD Moms bengkak karena ini adalah hal yang wajar. Beberapa justru disertai demam dan membuat tubuh Moms menjadi tidak nyaman. Apabila disertai demam atau nyeri pada bagian tubuh tertentu, disarankan agar Moms menghubungi dokter untuk solusi terbaik. Selain itu, istirahat yang cukup juga sangat diperlukan supaya ASI Moms bisa lancar.

Hindari stress, pola makan yang sehat dengan makan makanan bergizi, istirahat yang cukup, dan kuatkan niat adalah kunci utama sukses menyusui. Tentunya Moms tak bisa hanya sendirian saja, semua pihak akan terlibat, terutama suami. Semangat!

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Super Elastic Seamless Maternity Nursing Bra
Super Elastic Seamless Maternity Nursing Bra

IDR 350,000

2-Piece Maternity & Nursing Dress in Striped with Long Sleeves Baju Ibu Hamil Menyusui
2-Piece Maternity & Nursing Dress in Striped with Long Sleeves Baju Ibu Hamil Menyusui

IDR 499,000

Mombella Apple Tree Teether Mainan Gigitan Bayi - Orange
Mombella Apple Tree Teether Mainan Gigitan Bayi - Orange

IDR 81,000

Mombella Dancing Elephant Teether Mainan Gigitan Bayi - Yellow
Mombella Dancing Elephant Teether Mainan Gigitan Bayi - Yellow

IDR 139,000

Mombella Safety Edge Corner Cushion Guard Pengaman Tepi & Sudut Meja - Black
Mombella Safety Edge Corner Cushion Guard Pengaman Tepi & Sudut Meja - Black

IDR 460,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand
59S Brand
SmilyMia Brand
Tweeling Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved