Mamapedia Logo
Apa Boleh Ibu Menyusui Mengonsumsi Kopi?

Apa Boleh Ibu Menyusui Mengonsumsi Kopi?

author iconnadhilapn
date icon05 04 2018
category iconGaya Hidup, Kehamilan & Menyusui, Gizi & Kesehatan, Menyusui, Tips,

Moms yang sedang menyusui tentunya harus menjaga banyak hal, termasuk apa yang dikonsumsi karena aka masuk juga ke tubuh bayi melalui ASI. Oleh karena itu, penting sekali untuk selalu menjaga kesehatan selama masa menyusui dan juga menjaga setiap asupan yang masuk ke dalam tubuh. Banyak Moms yang menyukai kopi atau minuman lainnya yang mengandung kafein. Namun, apakah kebiasaan minum kopi itu aman selama Moms sedang menyusui?

Pada saat hamil memang disarankan agar Moms tidak mengonsmsi kopi karena menjadi salah satu pantangan makanan Moms yang hamil. Setelah Moms melahirkan dan menyusui sebetulnya Moms diperbolehkan untuk mengonsumsi kopi, namun tidak boleh berlebihan. Apabila kopi yang mengandung kafein dikonsumsi secara berlebihan, maka kafein akan masuk ke dalam darah dan juga ASI.

Baca juga: Pemilihan Makanan Sumber Gizi Untuk Ibu Hamil

Dilansir dari suatu sumber, berikut beberapa bahaya yang dapat terjadi ketika Moms yang menyusui mengonsumsi kopi atau kafein:

  1. Bayi menjadi rewel dan sulit untuk tidur

Mengonsumsi kafein secara berlebihan menyebabkan bayi menjadi rewel dan kesulitan tidur karena tubuh bayi belum bisa mencerna kafein dengan baik, sehingga kafein tersebut tertahan dan menumpuk di dalam tubuhnya dan membuatnya jadi rewel seharian dan pada akhirnya tidak bisa tidur.

  1. Memperparah penyempitan pembuluh darah

Apabila Moms memiliki riwayat kelainan pada peredaran darah, maka sebaiknya tidak mengonsumsi kopi yang dapat menyebabkan pembuluh darah melebar semakin parah dan membuat Moms kesakitan ketika menyusui.

  1. Insomnia

Moms juga dapat sulit tidur karena mengalami insomnia. Padahal ketika menyusui, Moms justru tidak boleh terlaly lelah dan juga tidak boleh banyak melakukan aktivitas yang terlalu berat. Wanita yang sedang menyusui harusnya banyak istirahat. Oleh karena itu, kurangi konsumsi kafein atau kopi karena bisa menyebabkan Moms mengalami insomnia atau kesulitan tidur dan mempengaruhi produksi ASI.

Baca juga: Manfaat Konsumsi Teh Bagi Ibu Hamil

  1. Mood yang memburuk

Beberapa penelitian menunjukkan apabila Moms yang sedang menyusui cenderung memiliki mood buruk seperti cepat marah. Untuk itu, sebaiknya Moms membatasi konsumsi kopi karena pada dasarnya mengasuh bayi membutuhkan kesabaran dan juga ketelatenan.

  1. Jantung yang berdebar-debar

Kafein memacu kerja jantung menjadi lebih berat dan cepat, akibatnya jantung akan berdebar-debar. Untuk menghindarinya, Moms lebih baik mengonsumsi jus buah atau air putih saja.

  1. Bayi mengalami diare

Apabila Moms mengonsumsi kafein, hal tersbebut juga dapat menyebabkan bayi mengalami masalah pencernaan seperti diare. Bahkan beberapa bayi mengalami diare ketika Moms mengonsumsi kafein secara berlebihan.

 

Melalui pembahasan diatas, Moms sudah memperoleh informasi mengenai minum kopi pada saat menyusui. Sebaiknya Moms membatasi atau tidak mengonsumsi kopi pada saat menyusui ya. Jangan sampai si kecil mengalami beberapa bahaya yang telah dibahas diatas.

 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share