Homepage Loading Icon
Apa Bayi Tidur Tengkurap di Dada Ibu Berbahaya?

Apa Bayi Tidur Tengkurap di Dada Ibu Berbahaya?

author iconnadhilapn
date icon06 04 2018
category iconTumbuh Kembang Anak, Gizi & Kesehatan, Kelahiran Anak, Tips, Gaya Hidup,

Moms sering kali memperhatikan bayi yang sedang tertidur tengkurap di atas tubuh ibunya atau lebih tepatnya diatas dada ibunya. Mungkin bagi beberapa Moms, terutama Moms yang baru saja memiliki anak, tentunya bertanya-tanya apakah melakukan ha terebut aman dan tidak memiliki dampak apa-apa.

Dilansir dari suatu sumber, bayi yang tidur tengkurap pada dada Moms atau ditempat tidur bayi merupakan kedua hal yang sama saja. Dalam kondisi tertentu hal ini dapat dilakukan untuk bayi, namun dalam beberapa kasus posisi tidur ini dapat membahayakan bagi bayi bahkan berisiko menyebabkan kehilangan nyawa bayi. Berikut beberapa bahaya yang dapat diakibatkan oleh posisi bayi yang tidur tengkurap di bagian dada Moms:

Baca juga: Memberi ASI Disaat Hamil Ternyata Berbahaya

  1. Sindrom kematian bayi mendadak

Sindrom kematian bayi mendadak merupakan suatu kondisi dimana bayi yang tidur tengkurap mengalami kematian secara mendadak dan tidak terduga. Hal ini biasanya terjadi karena bayi mengalami kekurangan oksigen dan pada umumnya terjadi secara tidak sengaja. Biasanya bayi yang tidur tengkurap menyandarkan bagian wajahnya pada tempat tidur atau pada dada Moms dan akhirnya dapat menutupi saluran pernafasan seperti bagia hidung dan juga mulut.

  1. Infeksi saluran nafas

Bayi yang tertidur di dada Moms terutama apabila Moms habis berativitas diluar rumah tanpa mandi atau membersihkan diri dapat menyebabkan bayi mengalami infeksi atau radang pada saluran napas. Hal ini dikarenakan setelah orang tua ataupun Moms beraktivitas diluar rumah, maka mikroorganisme seperti bakteri, virus, jamur, dan juga parasite lebih berisiko menempel di tubuh dan baju bayi. Disaat bayi bernafas, mikroorganisme tersebut akan ikut terhirup disaat bayi bernafas sehingga dapat menginfeksi saluran napas dan menyebabkan penyakit atau radang saluran napas.

Baca juga: Kebutuhan Asupan Gizi Pada Awal Kehamilan

  1. Peningkatan denyut jantung

Bayi yang mengalami kesulitan untuk menarik napas akibat kepala yang rapat pada tubuh Moms akan membuat bayi kesulitan bernapas dan menghirup oksigen. Sehingga kadar oksigen di dalam darah akan berkurang. Akibatnya tubuh akan melakukan kompensasi untuk meningkatkan aliran darah yang menyalurkan oksigen.

  1. Gangguan otot

Bayi yang tidur tengkurap di dada Moms bukan merupakan suatu posisi anatomis untuk Moms. Hal ini dikarenakan pada beberapa otot tidak akan berelaksasi secara normal pada posisi tersebut. Sebagai contoh, otot leher dan pungung bayi akan tidak mengalami rileks sempurna sehingga hal ini dapat menyebabkan masalah otot pada bayi dan mungkin bayi apaila dibiarkan dalam waktu yang lama akan merasa tidak nyaman serta menjadi rewel.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Newborn Cotton Knot Hat - Topi Bayi
Newborn Cotton Knot Hat - Topi Bayi

IDR 25,000

2 Piece Swing Nursing Dress Baju Ibu Hamil & Menyusui
2 Piece Swing Nursing Dress Baju Ibu Hamil & Menyusui

IDR 579,000

Scout Look Nursing Dress Couple Set Baju Hamil Menyusui Couple Ibu Anak
Scout Look Nursing Dress Couple Set Baju Hamil Menyusui Couple Ibu Anak

IDR 649,000

V-Shaped Hollow Nursing Long Dress Baju Hamil Menyusui
V-Shaped Hollow Nursing Long Dress Baju Hamil Menyusui

IDR 489,000

Cotton Wide Leg Trouser Celana Pendek Ibu Hamil
Cotton Wide Leg Trouser Celana Pendek Ibu Hamil

IDR 449,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM CO., LTD. All Rights Reserved