Homepage Loading Icon
Amankah Paracetamol Untuk Ibu Hamil?

Amankah Paracetamol Untuk Ibu Hamil?

author iconanisyukur
date icon09 10 2019
category iconMasa Kehamilan, Kehamilan & Menyusui, Kecantikan, Gaya Hidup,

Saat hamil, obat-obatan menjadi salah satu hal yang harus dihindari oleh Moms. Hal ini dikarenakan beberapa obat-obatan dinilai tidak aman dan dalam dosis tertentu dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan jani dalam kandungan. 

Hal ini tentu sangat tidak diinginkan oleh para Moms, terlebih jika efeknya dapat berlangsung hingga dewasa. Namun beberapa obat memiliki banyak fungsinya terkadang harus dikonsumsi seperti paracetamol. 

Paracetamol merupakan obat untuk menurunkan demam dan juga untuk meringankan rasa sakit dan nyeri. Karena fungsinya tersebut, mungkin Moms sering membutuhkan obat ini, tak terkecuali saat Moms sedang hamil. Namun, apakah aman minum paracetamol saat hamil?  

Hasil Penelitian

Banyak penelitian sudah dilakukan untuk mencari tahu hal tersebut. Pada umumnya, penelitian menunjukkan bahwa minum paracetamol saat hamil adalah aman. Hingga saat ini, belum ada bukti yang benar-benar dapat menunjukkan bahwa minum paracetamol saat hamil dapat membahayakan janin Moms.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa ada hubungan antara minum paracetamol saat hamil dan peningkatan risiko asma pada anak. Penelitian lainnya menunjukkan bahwa ada hubungan antara minum paracetamol saat hamil dan Attention Deficit Hyperactivity Disorder  (ADHD) pada anak. Namun, bukti ini belum kuat dan penelitian lebih lanjut perlu dilakukan. 


Dosis paracetamol yang aman saat hamil

Walaupun paracetamol mungkin tidak berbahaya bagi ibu hamil, namun Moms harus memerhatikan dosis harian paracetamol Moms. Dosis paracetamol yang baik Moms ambil selama kehamilan adalah satu atau dua tablet (total 500 mg atau 1000 mg). Paracetamol maksimal diminum sebanyak empat kali dalam sehari (setiap 4-6 jam). Namun, sebelum minum paracetamol saat hamil, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Mpms. Moms mungkin dianjurkan untuk mengambil paracetamol dengan dosis lebih rendah dari itu.

Jika Anda minum obat yang lain, perhatikan kandungan obat tersebut yang mungkin juga mengandung paracetamol. Konsultasikan selalu dengan dokter Anda setiap Anda ingin mengambil obat. Jika Anda sudah menggunakan paracetamol dan efeknya tidak efektif bekerja pada Anda, Anda juga harus membicarakan hal ini dengan dokter Anda.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Mooimom Multifunction Pregnancy Pillow Bantal Hamil
Mooimom Multifunction Pregnancy Pillow Bantal Hamil

IDR 599,000

Maternity Belt / Sabuk Penyangga Perut Hamil
Maternity Belt / Sabuk Penyangga Perut Hamil

IDR 290,000

Mooimom Anti-Leg Cramp Pregnancy Pillow Bantal Hamil
Mooimom Anti-Leg Cramp Pregnancy Pillow Bantal Hamil

IDR 499,000

Mooimom - Belly Cream - Krim Selulit Ibu Hamil & Pasca Melahirkan
Mooimom - Belly Cream - Krim Selulit Ibu Hamil & Pasca Melahirkan

IDR 199,000

New Seamless Maternity & Nursing Bra Hamil Menyusui
New Seamless Maternity & Nursing Bra Hamil Menyusui

IDR 199,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand
59S Brand
SmilyMia Brand
Tweeling Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM CO., LTD. All Rights Reserved