Homepage Loading Icon
3 Makanan Pemicu Obesitas Pada Ibu Hamil

3 Makanan Pemicu Obesitas Pada Ibu Hamil

author iconNovia Luciana
date icon09 11 2017
category iconGaya Hidup, Kehamilan & Menyusui, Masa Kehamilan,

Semakin modern-nya kehidupan kita, ternyata tak juga diimbangi dengan pola hidup yang semakin sehat. Ada banyak berita bermunculan tentang ragam makanan dengan cita rasa tinggi namun masih tinggi MSG, tinggi lemak, dan terlalu banyak kalori. Makanan sehat dan organic juga cenderung memiliki harga yang sedikit mahal. Moms, saatnya menjaga asupan makanan kita selama masa kehamilan supaya kehamilan tersebut bisa dijalani dengan lebih sehat. Tiga jenis makanan ini merupakan makanan yang tak sehat untuk tubuh, pemicu obesitas baik untuk orang biasa maupun untuk ibu hamil :

 

  1. Makanan yang mengandung gula cukup banyak

 

Sudah jelas ya Moms, kadar gula yang tinggi tak baik dikonsumsi secara terus menerus meski gula adalah salah satu hal yang dibutuhkan untuk tubuh. Gula mampu menjadi energy tambahan untuk tubuh kita juga, asalkan dikonsumsi dengan batas yang wajar. Sebagai ibu hamil, kadang kita lupa bahwa makanan yang membuat kita ngidam cenderung punya kadar gula yang tinggi, sementara makanan yang mengandung kadar gula tinggi bisa memicu Moms memiliki kehamilan yang obesitas. Tak hanya soal obesitas, kadar gula tinggi juga dapat memicu penyakit lain seperti diabetes, sakit gigi, hingga penyakit jantung. Perhatikan baik – baik asupan kita ya Moms supaya tidak kelebihan gula. Berikut ini adalah beberapa makanan yang punya kandungan gula cukup tinggi dan harus dikurangi :

 

  • Permen. Meski rasanya mint atau buah, namun permen punya kandungan gula berlebih.
  • Yoghurt rasa buah. Cobalah cek dibalik kemasannya, kandungan gula pada yoghurt juga cukup tinggi. Disarankan untuk memilih yoghurt dengan rasa yang tawar (plain).
  • Minuman kaleng, soft drink, soda, aneka minuman manis yang dijual dipasaran. Beberapa penelitian sempat membuktikan bahwa kandungan gula pada minuman jenis ini bisa setengah botol kemasannya.
  • Saus tomat ternyata punya kadar gula yang tinggi untuk menyeimbangkan rasa asam pada saus tomat. Menurut suatu sumber, gula pada saus tomat akan membuatnya tahan lebih lama.
  • Selai untuk olesan roti juga punya kadar gula yang tinggi. Akan lebih baik menyeimbangkannya dengan roti gandum.
  • Granola. Pada umumnya makanan ini sehat, tapi tidak lagi sehat apabila diolah menjadi bar (permen) karena sudah pasti ada kandungan gula yang tinggi.
  • Madu. Ini memang minuman sehat apabila alami, tapi ada juga madu yang sengaja diberi tambahan gula. Perhatikan lagi kandungannya yuk. Baca juga : Apa yang Terjadi Jika Ibu Hamil Sering Menangis?
  • Es krim. Bukannya tak boleh, namun es krim juga punya kandungan gula yang cukup tinggi.

 

  1. Makanan yang punya kandungan lemak tinggi

 

Lemak memang dibutuhkan untuk tubuh, namun apabila lemak tersebut berlebihan maka dampaknya juga tak baik di badan kita. Lemak – lemak sehat biasanya terkandung pada sayur dan buah. Makanan yang banyak mengandung lemak jahat biasanya jauh lebih gurih dan lebih lezat. Banyak ahli kesehatan yang mengungkapkan bahwa makanan yang paling sehat adalah makanan yang mengandun lemak trans sebanyak nol.  Berikut adalah beberapa makanan yang mengandung lemak baik untuk tubuh, yaitu : ikan (salom, makarel, herring, sarden, tuna), buah alpukat, biji-bijian (biji labu, biji wijen, biji Bunga matahari), kacang – kacangan, minyak zaitun, susu, telur, atau roti. Sementara itu, berikut ini merupakan beberapa makanan yang punya kandungan lemak jahat tinggi dan harus dihindari terutama untuk ibu hamil, yaitu : kentang goreng, margarin, pie, muffin, ayam goreng, pop corn, biskuit, chips (keripik), mie instan, pizza, makanan beku, dan lain – lain. Baca juga : Mengapa Ibu Hamil Sering Mual?

 

  1. Makanan yang punya kandungan sodium tinggi

 

Makanan yang mengandung sodium atau natrium tinggi adalah makanan yang biasanya memiliki rasa asin yang cenderung lezat. Sodium atau natrium memang dibutuhkan untuk tubuh untuk menjaga tekanan darah dan menyediakan saluran sinyal saraf. Menurut banyak penelitian, garam yang dibutuhkan untuk tubuh setiap harinya adalah sebanyak 2400 mg, sementara bagi penderita darah tinggi, American Heart Association merekomendasikan sebanyak 1500 mg per hari. Beberapa makanan berikut ini punya kandungan sodium yang cukup tinggi, yaitu : garam meja, baking soda, saus, kecap, daging atau ikan yang telah diproses ulang, keju, dll. Selain mengalami obesitas, terlalu banyak mengkonsumsi garam saat hamil akan menimbulkan banyak penyakit seperti penyakit jantung, kaki bengkak, terhambatnya proses pembentukan ginjal pada janin, meningkatnya penyakit darah tinggi, gangguan pada pencernaan, hingga berujung pada kematian.  Baca juga : Perjuangan Ibu Hamil Itu Luar Biasa Lho!

 

Yuk Moms mulai lebih memperhatikan asupan nutrisi dan gizi kita ya!

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Mombella Corner Guard Pengaman Tepi & Sudut Meja - Grey
Mombella Corner Guard Pengaman Tepi & Sudut Meja - Grey

Rp 119,000

Mombella Mushroom Soothing Teether Mainan Gigitan Bayi -  Yellow
Mombella Mushroom Soothing Teether Mainan Gigitan Bayi - Yellow

Rp 119,000

Seamless High Waist Slimming Boyshort / Celana Pelangsing
Seamless High Waist Slimming Boyshort / Celana Pelangsing

Rp 199,000

MOOIMOM Cotton Soft Maternity & Nursing Tank Top Baju Hamil Menyusui
MOOIMOM Cotton Soft Maternity & Nursing Tank Top Baju Hamil Menyusui

Rp 249,000

Full Length Maternity Leggings Celana Legging Hamil
Full Length Maternity Leggings Celana Legging Hamil

Rp 199,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved