mamapedia search icon mamapedia icon

Subtotal

View Bag

Cara Menghilangkan Ketombe Pada Bayi

Cara Menghilangkan Ketombe Pada Bayi

Pernahkah moms melihat si kecil memiliki banyak ketombe di kepalanya? umumnya hal ini terjadi pada bayi di usia awal kehamilan hingga usia 6 sampai 12 bulan. Penyebab umum dari munculnya ketombe pada bayi adalah aktifnya kelenjar sebasea yang ada pada kulit bayi. Apa itu kelenjar sebasea? Kelenjar sebasea adalah kelenjar yang memproduksi minyak yang ada di kulit kepala bayi. Ketombe pada bayi juga lebih dikenal dengan sebutan cradle cap. Lalu bagaimana cara menghilangkan ketombe pada bayi?

Mengapa Bayi Memiliki Ketombe? Apa Penyebabnya?

Moms hampir semua bayi pernah mengalami ketombe di kulit kepalanya, hal ini umum terjadi dan moms tidak perlu mengkhawatirkannya. Namun biasanya ketombe ini membuat kulit kepala menjadi gatal, sehingga si kecil akan lebih sering terlihat menggaruk - garuk kepalanya. Tahukah moms bahwa ada beberapa penyebab kulit kepala si kecil dipenuhi ketombe? Kenali penyebabnya ya moms!

  1. Kelenjar Sebasea di Kulit Bayi yang Terlalu Aktif

Moms seperti yang sudah dijelaskan di atas, penyebab umum terjadinya ketombe pada kulit kepala bayi adalah kelenjar sebasea di kulit bayi yang terlalu aktif, di mana kelenjar sebasea adalah kelenjar yang aktif dalam memproduksi minyak pada tubuh. 

  1. Adanya Pertumbuhan Jamur di Kulit Kepala yang Terlalu Berlebihan

Pertumbuhan jamur yang dimaksud pada kulit kepala ini, adalah jamur malassezia yang dapat membuat eksfoliasi atau melepaskan sel - sel kulit mati secara berlebih. Sel kulit mati yang tidak terangkat semua akan bercampur dengan sebum yang ada di kulit kepala, sehingga akan menghasilkan ketombe. 

cara menghilangkan ketombe pada bayi

  1. Penggunaan Sampo yang Kurang Tepat

Moms perhatikan takaran mencuci rambut si kecil ya, sebab jika moms memberikan sampo terlalu banyak kepada rambut si kecil akan menyebabkan kulit kepala kering dan berketombe.

  1. Rambut dan Kepala si Kecil Tidak Sering Dicuci

Penyebab ketombe pada bayi juga bisa disebabkan karena kondisi kulit kepala yang kotor karena moms jarang mencuci rambut si kecil, sehigga kotoran menumpuk di kepala dan membuat ketombe muncul di kulit kepala si kecil.

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Telinga Bayi Tanpa Drama

  1. Si Kecil Terkena Paparan Sinar Matahari secara Berlebihan

Moms jangan lupa untuk selalu memberikan si kecil topi jika mengajaknya bepergian ke luar rumah, sebab paparan sinar matahari secara langsung akan membuat kulit kepala si kecil muncul ketombe.

  1. Penyakit Kulit pada Si Kecil

Biasanya penyakit kulit yang dialami anak bayi adalah eksim, di mana kondisi kulit kan menjadi kering, bersisik dan pecah - pecah. Jika hal ini terjadi di kulit kepala si kecil, maka akan menyebabkan ketombe pada kulit kepala.

Jangan Khawatir, Begini Cara Menghilangkan Ketombe pada Bayi

Saat moms melihat kulit kepala si kecil yang dipenuhi ketombe, moms tidak perlu mengkhawatirkannya ya! sebab ada beberapa cara menghilangkan ketombe pada bayi. Moms cukup melakukan beberapa hal di bawah ini untuk menanganinya:

  1. Moms Bisa Menggunakan Sampo Khusus untuk Ketombe

Berikan si kecil sampo khusus anti ketombe jika kulit kepala si kecil dipenuhi ketombe. Moms bisa menggunakan sampo bayi khusus anti ketombe. Jika ketombe si kecil mulai menghilang, moms bisa menggunakan sampo bayi yang ringan.

  1. Sering Menyisir dan Mencuci Rambut si Kecil dengan Benar

Sering menyisir rambut dan mencuci rambut dengan benar dapat membuat si kecil terhindar dari ketombe, sebab menyisir akan membantu mengangkat sisa - sisa sel kulit mati yang ada di kulit wajah, sedangkan mencuci rambut akan membersihkan kulit kepala dari kotoran - kotoran yang menumpuk. Moms bisa coba cara ini ya untuk mengatasi permasalahan ketombe pada bayi.

Baca juga: Ketombe pada Bayi Baru Lahir: Kenali Penyebab dan Cara Menghilangkannya

  1. Sebaiknya Tidak Menggunakan Kondisioner 

Moms biasanya kulit kepala bayi masih sangat sensitif, jadi sebaiknya moms jangan berikan si kecil kondisioner ya! Hal tersebut hanya akan merusak tekstur rambut dan kulit kepala.

  1. Gunakan Minyak Kelapa untuk Kulit Kepala si Kecil

Cara menghilangkan ketombe pada bayi yang lainnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa ya moms. Moms bisa mengoleskan minyak kelapa selama 30 menit, setelah selesai moms bisa membilasnya dengan air atau handuk hangat. Minyak kelapa dapat berfungsi sebagai anti mikroba, sehingga dapat mengatasi jamur yang ada pada kulit kepala

  1. Gunakan Lidah Buaya untuk Mencegah Ketombe

Untuk menghilangkan ketombe pada bayi, moms juga bisa menggunakan lidah buaya. Gunakan lidah buaya sebagai masker rambut rambut untuk kepala si kecil. Berikan selama 10 hingga 15 menit dan moms bisa membilas kepala si kecil dengan handuk hangat. Fungsi lidah buaya adalah untuk menghidrasi kulit kepala si kecil yang kering, sehingga kulit kepala menjadi lembab dan terbebas dari ketombe.

Moms merawat kulit bayi adalah hal yang penting, bukan hanya kulit kepala, kulit wajah dan kulit anggota badan lainnya juga sangat penting. Jangan lupa untuk melengkapi berbagai perlengkapan perawatan kulit si kecil ya moms! Moms bisa membeli perlengkapan si kecil di mooimom, website perlengkapan dan peralatan bayi terlengkap di Indonesia!

 

Bagikan Artikel: