mamapedia search icon mamapedia icon

Subtotal

View Bag

Apa Saja Bahan MPASI 7 Bulan yang Sehat dan Bergizi? Simak Artikel Berikut, Moms!

Apa Saja Bahan MPASI 7 Bulan yang Sehat dan Bergizi? Simak Artikel Berikut, Moms!

MPASI adalah makanan pendamping yang dapat Moms berikan kepada bayi yang telah berusia lebih dari 6 bulan. Pemberian MPASI ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan energi dan nutrisi harian bayi yang terus meningkat seiring perkembangan dan pertumbuhan Si Kecil. Setelah melewati usia 6 bulan, nutrisi yang didapat bayi dari ASI tidak lagi mencukupi. Perlu makanan tambahan lainnya sebagai pelengkap nutrisi tersebut. Lalu menu apa saja yang baik bagi kesehatan Si Kecil? Simak yuk Moms penjelasan mengenai bahan MPASI 7 bulan dan bagaimana cara mengolahnya dalam artikel berikut ini.

Bahan MPASI 7 Bulan yang Sehat dan Bergizi

Moms tentu ingin memberikan makanan terbaik bagi anak tersayang, agar kebutuhan gizinya terpenuhi. Bahan MPASI 7 bulan untuk bayi dapat Moms sesuaikan dengan bahan makanan keluarga lho, Moms. Jadi, tidak perlu berbelanja secara terpisah untuk kebutuhan bahan makanan Si Kecil. Berikut ini daftar bahan makanan MPASI 7 bulan yang dapat Moms pertimbangkan:

  1. Daging sapi dan ayam

Daging sapi dan ayam merupakan bahan MPASI 7 bulan yang penting ada dalam menu MPASI bagi anak Anda. Daging menjadi sumber protein hewani bagi tubuh Si Kecil. Kandungan berbagai mineral dan vitamin seperti kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, vitamin A, dan vitamin B pada kedua daging tersebut dapat membantu menjaga pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil tetap sesuai dengan standar usianya.

bahan mpasi 7 bulan

  1. Buah-buahan

Selain rasanya yang manis dan teksturnya yang mudah dicerna, buah-buahan mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan oleh bayi usia 7 bulan. Buah seperti pisang, alpukat, pepaya, buah naga dapat menjadi pilihan Moms sebagai bahan MPASI 7 bulan.

  1. Sayur-sayuran

Produk sayuran lokal seperti wortel, bayam, labu kuning, buncis, brokoli, labu siam dan lain-lain, yang mudah Moms temukan di pasar atau pedagang sayur langganan, dapat menjadi pilihan bahan MPASI yang sangat bergizi bagi Si Kecil. Moms tidak harus memilih produk sayuran organik atau ditanam dengan cara tertentu sebagai pilihan bahan MPASI. Sayur memiliki berbagai macam kandungan nutrisi yang menyehatkan bagi tumbuh kembang bayi. Selain itu, sayur yang kaya akan serat juga baik untuk membantu pencernaan Si Kecil.


Baca juga:

Jadwal Jam Makan Bayi 6 Bulan


  1. Ikan

Ikan mengandung omega 3 yang tinggi yang baik untuk perkembangan otak bayi. Banyak jenis ikan lokal yang dapat menjadi pilihan Moms sebagai bahan MPASI seperti ikan kembung, ikan lele, ikan mas, ikan mujair dan bandeng. Namun, pastikan semua duri telah dihilangkan sebelum mengolah ikan tersebut agar anak tidak tersedak saat memakannya.

Menu MPASI 7 Bulan

Mengurus Si Kecil yang baru 7 bulan sekaligus menjalankan kewajiban lainnya, tentu perlu ekstra tenaga ya, Moms. Namun walaupun demikian, Moms pasti ingin memberikan yang terbaik bagi buah hati. Agar menghemat waktu dan tenaga, Moms dapat mengolah bahan MPASI 7 bulan sesuai menu MPASI berikut yang sangat simpel dan praktis.

  1. Puree buah

Puree buah menjadi salah satu resep menu MPASI yang sangat terkenal di kalangan ibu-ibu karena sangat mudah dibuat. Anda hanya perlu melumatkan buah sesuai pilihan Anda dan tambahkan air atau ASI guna mengencerkan teksturnya kedalam blender atau food processor atau gunakan sendok jika Moms menginginkan tekstur yang lebih kasar.

  1. Bubur ayam dengan wortel.

Pertama-tama masak beras yang telah dicuci hingga menjadi bubur, tambahkan cincangan daging ayam dan potongan wortel yang telah direbus sebelumnya. Masak hingga matang dan tambahkan sedikit garam untuk memperkaya rasanya. Setelah itu, lumatkan bubur dengan menggunakan sendok atau blender sesuai tekstur yang Moms inginkan.

  1. Nasi tim daging sapi, tahu dan buncis

Moms dapat memasak resep ini dan mengganti bahan-bahannya dengan yang lainnya, misalnya daging sapi diganti dengan daging ayam atau telur. Moms juga dapat mengganti buncis dengan sayuran lain yang tersedia di dapur. Langkah pertama yang Moms perlu lakukan adalah memasak bubur, lalu setelah matang masukkan daging sapi, tahu dan buncis. Tunggu hingga bahan-bahan tersebut matang dan tambahkan sedikit garam untuk menambahkan rasa pada bubur. Pastikan tekstur bubur mudah dicerna Si Kecil dengan menghaluskannya menggunakan sendok atau blender.


Baca juga: 

Jadwal Jam Makan Bayi 7 Bulan


Pada tahap MPASI untuk anak usia 7 bulan, Moms perlu menjaga tekstur makanan tetap halus atau lumat agar mudah dicerna oleh Si Kecil. Namun, Moms tidak perlu lagi menyaring setelah melumatkannya, karena kemampuan anak 7 bulan dalam menelan makanan yang lebih padat sudah lebih baik daripada anak usia 6 bulan. Moms juga harus waspada terhadap alergi yang mungkin dimiliki anak Anda. Jika terdapat tanda-tanda alergi, segera konsultasikan pada dokter agar menu MPASI anak dapat disesuaikan.

 

 

Bagikan Artikel: