Homepage Loading Icon
Waktu yang Tepat Menggunakan Bantal Bayi

Waktu yang Tepat Menggunakan Bantal Bayi

author iconfallin
date icon14 05 2019
category iconTumbuh Kembang Anak,

Banyak yang bilang bayi baru lahir tidak memerlukan bantal. Namun pada kondisi tertentu, bantal bayi dibutuhkan untuk menciptakan kualitas tidur yang baik pada bayi. Perlu diingat, bantal bayi berbeda dengan bantal yang digunakan orang dewasa pada umumnya. Bantal bayi adalah bantal yang khusus dibuat dengan memperhatikan kebutuhan bayi. 

 

Bantal merupakan salah satu fasilitas tidur yang penting. Orang yang terbiasa tidur memakai bantal akan merasa sakit dan kaku lehernya jika tidak menggunakannya. Tapi berbeda halnya pada anak-anak, penggunaan bantal saat tidur tergantung dari usia dan tempat dimana mereka tidur.

 

Jika ingin mulai memperkenalkan bantal, usahakan menggunakan bantal khusus untuk bayi atau anak-anak dan bukan bantal orang dewasa. Karena bantal yang digunakan harus bisa menahan bayi sehingga mengurangi risiko tercekik. Bagi anak yang sensitif atau memiliki alergi tertentu, usahakan untuk menggunakan bantal yang non-alergi yakni bantal bayi yang dibuat dari material aman seperti memory foam atau serat bambu yang diklaim memiliki fitur antibakteri.

 

Jadi kapan bantal bayi bisa mulai digunakan? Simak informasi berikut.

 

Bentuk Kepala Bayi Tidak Sempurna Akibat Proses Lahiran

Bayi yang dilahirkan dengan melalui proses vakum atau proses kelahiran normal cenderung memiliki bentuk kepala yang kurang sempurna. Hal tersebut karena proses vakum dan melahirkan normal membuat kepala bayi keluar melalui jalan sempit pada rahim ibu, inilah yang membuat bentuk kepada bayi menjadi kurang sempurna. Bila hal ini terjadi, moms tidak perlu khawatir, kepala bayi baru lahir masih dapat dibentuk, salah satunya dengan menggunakan bantal bayi. Pilih model bantal bayi dengan desain bolong di tengah bantal, hal ini bertujuan agar memicu bentuk kepala bayi kembali pada posisi semula. 

 

Bayi Kerap Tidur Diposisi Tertentu

Pernahkah mendengar sindrom kepala peyang pada bayi? Sindrom kepala peyang terjadi karena kebiasaan bayi yang tidur miring pada hanya satu sisi, misalnya sisi kiri saja atau sisi kanan saja. Kebiasaan ini lama kelamaan akan membentuk kepala datar pada bayi. Jika bayi masih di bawah usia 4 bulan, kondisi kepala datar pada bayi masih bisa diperbaiki. Salah satunya dengan menggunakan bantal bayi. Terdapat bantal bayi yang memang dibuat agar kepala bayi tidak miring ke kiri atau kanan sehingga sindrom kepala datar dapat dikurangi. Jangan menunggu sampai kepala bayi menjadi datar, bantal bayi anti peyang ini dapat menjadi pilihan moms, untuk menghindari kebiasaan bayi tidur dengan kepala miring.

 

Bayi Kerap Gumoh Saat Tidur

Gumoh memang hal yang lumrah terjadi pada bayi baru lahir. Namun kebiasaan gumoh yang kerap terjadi saat bayi tidur pasti akan mengganggu kualitas tidur bahkan tumbuh kembangnya di masa datang. Untuk itu sebisa mungkin menghindari terjadinya gumoh  saat bayi tidur. Hal tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan bantal bayi khusus anti gumoh. Bantal bayi ini didesain dengan permukaan yang menurun hingga membuat posisi kepala bayi lebih tinggi dari pada perutnya. Hal ini memungkinkan susu yang telah dikonsumsi bayi tidak naik lagi kekerongkongan jadi dapat mencegah terjadinya gumoh. 

 

Jika bayi moms ada pada kondisi-kondisi tersebut, penggunaan bantal bayi sangat disarankan. Selain banyak manfaat yang dihasilkan, penggunaan bantal bayi juga dapat membuat bayi merasa lebih nyaman hingga kualitas tidurnya terjaga. 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
MOOIMOM Casual Hipseat Carrier
MOOIMOM Casual Hipseat Carrier

IDR 399,000

MOOIMOM Breathable Hipseat Carrier
MOOIMOM Breathable Hipseat Carrier

IDR 590,000

MOOIMOM Handsfree Breastmilk Collection Cup-Alternatif Penampung ASI
MOOIMOM Handsfree Breastmilk Collection Cup-Alternatif Penampung ASI

IDR 399,000

MOOIMOM Flat-head Prevention Pillow - Bantal Bayi
MOOIMOM Flat-head Prevention Pillow - Bantal Bayi

IDR 315,000

MOOIMOM Head Shaping pillow - Bantal Bayi
MOOIMOM Head Shaping pillow - Bantal Bayi

IDR 299,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand
59S Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM CO., LTD. All Rights Reserved