Mamapedia Logo
4 Tanda Bayi Kepanasan, Hati-Hati ya Moms!

4 Tanda Bayi Sedang Kepanasan, Hati-Hati Moms!

author iconIntan
date icon05 07 2020
category iconTumbuh Kembang Anak, Kelahiran Anak,

Suhu udara di sekitar bayi sangat berpengaruh pada kenyamanan bayi, Moms. Selain itu, suhu udara juga akan mempengaruhi suhu tubuh bayi yang masih dalam tahap perkembangan.

Yang dikhawatirkan adalah, saat suhu udara terlalu panas untuk bayi. Bayi bisa saja mengalami kegerahan, dan jika Moms tidak segera mengatasinya, hal ini bisa berakibat fatal untuk si Kecil, seperti dehidrasi, demam, tantrum, hingga kulit iritasi.

Untuk itu, penting bagi Moms mengenali tanda-tanda bayi sedang kepanasan. Yuk, simak ulasan Mamapedia berikut ini.

1. Hangat saat disentuh

Moms, suhu udara di ruangan akan berpengaruh pada suhu tubuhnya. Moms bisa menyentuh telinga dan leher bayi, jika pada bagian tersebut terasa hangat, maka artinya bayi Moms sedang kepanasan.

Moms juga perlu memastikan ini saat bayi sedang tertidur. Pastikan saat tidur, Moms memakaikan pakaian yang lembut, adem, dan tidak terlalu tebal, ya.

Koleksi baju bayi dari HAMAKO bisa menjadi pilihan. Serat kainnya sangat lembut, dan tentunya menyerap keringat.

2. Kulit memerah

Bayi yang kepanasan sangat mudah menggaruk-garuk kulit serta kepalanya. Hal ini menandakan ia sangat tidak nyaman dengan kondisi gerah.

Pada beberapa bayi, kulitnya bahkan secara otomatis akan memerah saat merasa panas. Hal ini biasanya membuat bayi menjadi rentan iritasi, lecet, hingga luka bernanah khususnya pada bagian-bagian lipatan.

3. Lesu dan tidak responsif

Saat bayi kepanasan dan suhu tubuhnya sudah ikut demam, ia akan terlihat lesu dan tidak responsif pada apapun yang ada di sekelilingnya.

Moms wajib memastikan si Kecil tetap terpenuhi asupan cairannya jika si Kecil sudah berada dalam kondisi ini. Mandikan dengan air hangat, dan jika demam berlanjut, Moms bisa segera mengkonsultasikannya dengan dokter anak.

4. Muntah dan detak jantung lebih cepat

Mual dan muntah bisa juga menjadi salah satu tanda bayi kepanasan lho, Moms. Pastikan Moms selalu mengecek kondisi si Kecil, dan segera stabilkan suhu di ruangan tempat si Kecil sering menghabiskan waktu baik untuk tidur ataupun bermain.

Jangan sampai tubuh bayi dehidrasi, segera lakukan penanganan yang tepat apabila bayi demam dan kepanasan ya, Moms. 

Semoga Moms dan bayi selalu sehat :)

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE