Mamapedia Logo
5 Sayuran Hijau Paling Bagus untuk MPASI

5 Sayuran Hijau yang Paling Bagus untuk MPASI Anak

author iconIntan
date icon07 06 2020
category iconGizi & Kesehatan, Tumbuh Kembang Anak,

Bernutrisi tinggi, kelima sayuran hijau ini bisa membuat anak lebih sehat dan cerdas.

Salah satu menu wajib yang ada di MPASI bayi adalah sayuran hijau. Hal ini disebabkan sayuran hijau sangat kaya akan vitamin dan zat besi yang sangat baik untuk perkembangan otak anak.

Selain itu, zat besi juga akan membantu proses penyerapan nutrisi ASI dan makanan lainnya. Jadi, sayuran hijau sangat penting ya, Moms!

Lantas, apa saja sih sumber sayuran hijau yang terbaik untuk MPASI bayi? Simak ulasan Mamapedia berikut ini, ya!

1. Bayam

Bayam kaya akan vitamin K yang membantu dalam meningkatkan produksi protein yang disebut Osteocalc yang bertanggung jawab untuk menstabilkan kalsium dalam tulang.

Selain itu, bayam merupakan sumber zat besi, magnesium, kalsium, vitamin D, serat makanan, kalium, magnesium dan vitamin C. Semuanya merupakan nutrisi penting yang baik untuk kesehatan tulang.

2. Kale

Kale juga bisa Moms kreasikan dalam beragam bentuk MPASI, nih Moms. Kale kaya akan nutrisi seperti vitamin A, C, dan K, serta serat dan protein.

Moms bisa memilih baby kale yang daunnya lebih manis dan lembut. Untuk mendapatkan tekstur halus, Moms bisa mengukus kale terlebih dahulu.

3. Zucchini

Zucchini atau timun jepang memang tidak memiliki rasa. Tapi, sumber nutrisi dari sayuran ini sangat baik untuk perkembangan kesehatan si Kecil. Mulai dari zat besi, kalium, folat, vitamin C hingga beta-karoten yang sangat baik untuk ketahanan tubuhnya.

Zucchini juga memiliki kandungan air yang tinggi dan memiliki tekstur yang empuk sehingga mudah untuk anak dalam mencernanya.

Moms bisa memadankan sayur yang satu ini dengan kentang, ubi jalar, wortel atau labu untuk memberikan rasa yang nikmat.

4. Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang sangat kaya serat serta vitamin C, ini tentu sangat baik untuk kesehatan pencernaannya. Brokoli juga merupakan sayuran hijau dengan kandungan antioksidan tertinggi dibandingkan yang lainnya.

Antioksidan dapat membantu sel-sel tubuhnya beregenerasi agar si Kecil senantiasa sehat dan tidak mudah sakit. Antioksidan juga bisa berfungsi sebagai zat anti-kanker di dalam tubuh.

5. Kacang polong

Kacang polong kaya akan folat dan zat besi yang baik untuk kesehatan mata, otak, serta tulang bayi.

Moms bisa memasukkan kacang polong dalam olahan bubur atau sup kesukaan si Kecil.

Kelima sayuran ini tentu saja sangat mudah Moms temukan. Jadi, pastikan Moms mencoba kelimanya, ya!

Jika Moms ingin memaksimalkan aktivitas makan bayi menjadi lebih menyenangkan, lengkapi peralatan makan si Kecil dengan koleksi tableware dari MUGU Baby ya.

Mulai dari sippy cup, mangkok anti tumpah, hingga set peralatan makan yang aman dan BPA-free, menjadi alasan Moms wajib punya perlengkapan makan anak yang satu ini.

Klik di sini untuk cek katalog MUGU Baby. Happy MPASI!

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE