Homepage Loading Icon
4 Cara Mengatasi Ruam Popok Akibat Jamur

Bayi Ruam Popok Akibat Jamur? Atasi dengan 4 Cara Ini

author iconIntan
date icon21 06 2020
category iconTumbuh Kembang Anak, Kelahiran Anak,

Ruam popok adalah masalah yang sering dialami bayi. Penyebabnya bisa bermacam-macam mulai dari permukaan yang tidak higienis, alergi, hingga jamur.

Ruam popok yang disebabkan oleh jamur adalah salah satu yang sering terjadi. Ruam popok ini juga disebut dengan istilah candida dermatitis yang disebabkan oleh jamur candida albicans.

Penyebab jamur pada kondisi ruam popok

Jamur candida albicans bisa tumbuh di paha dan area genital bayi karena kondisi yang lembab dan kurang higienis.

Untuk itu, Moms perlu melakukan tindakan pencegahan di bawah ini, ya.

Cara mengatasi ruam popok akibat jamur

1. Rutin mengganti popok bayi

Dalam mengatasi ruam popok karena jamur, hal paling penting yang harus dilakukan pertama kali adalah mengurangi paparan urin dan feses.

Inilah sebabnya mengapa sering mengganti popok direkomendasikan. Dengan sering mengganti popok Si Kecil, kulit anak akan tidak akan menjadi lembab karena urin dan feses terlalu lama.

2. Gunakan krim pelembab

Moms bisa melembabkan kulit area genital bayi dengan menggunakan krim pelembab. Pastikan krim pelembab yang Moms gunakan mudah meresap dan memiliki tekstur yang ringan, ya.

Pastikan juga kandungannya aman untuk si Kecil, seperti menggunakan bahan-bahan alami serta tidak menggunakan alkohol ataupun pewangi yang membuat bayi rentan alergi.

3. Keringkan sebelum pemakaian popok

Pastikan sebelum Moms memakaikan popok kembali, kondisi kulit area genital si Kecil benar-benar sudah kering dan tidak lembab, ya. Hal ini bisa menghambat pertumbuhan jamur.

Angin-anginkan sebentar sebelum merekatkan popok. Hal ini juga bisa membuat bayi lebih nyaman saat kembali memakai popok.

4. Gunakan krim antijamur

Moms bisa memakaikan krim antijamur untuk si Kecil. Namun, pastikan hal ini sesuai dengan resep dari dokter ya, Moms.

Konsultasikan masalah jamur ini ke dokter kulit, sebab penanganan kulit bayi yang sensitif memang diperlukan secara khusus.

Jangan panik dulu jika jamur terus bertambah parah, tetap utamakan kehigienisan perlengkapan Moms saat mengganti popok bayi, ya!

Lengkapi dengan MOOIMOM Wet Wipes untuk melembabkan sekaligus membersihkan area genital bayi saat proses penggantian popok. Formulanya dirancang 100% aman untuk kulit bayi karena tidak mengandung alkohol dan pewangi.

Selamat menjaga kesehatan kulit bayi bersama MOOIMOM!

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved