Homepage Loading Icon
Penyebab Gigi Bayi Terlambat Tumbuh

Penyebab Gigi Bayi Terlambat Tumbuh

author iconDwi Ayu Rochani
date icon27 07 2020
category iconkeluarga, Tumbuh Kembang Anak, Kelahiran Anak,

Normalnya, gigi pertama bayi mulai tumbuh saat usianya menginjak 6 bulan, diawali dengan tumbuhnya gigi seri tengah bagian bawah. Gigi lain akan tumbuh seiring dengan pertambahan usianya. Nah, bagaimana jika sampai usia 9 bulan, bayi belum tumbuh gigi? Apakah normal?

Menginjak usia 9 bulan, Moms mungkin akan melihat berbagai tanda tumbuh kembang Si Kecil yang semakin pesat, termasuk munculnya gigi pertama. Namun jika gigi pertama Si Kecil tidak kunjung muncul sampai usianya 9 bulan, mungkin akan membuat Moms khawatir. Nah, agar tidak semakin mengganggu pikiran Moms, pahami beragam alasan belum munculnya gigi Si Kecil saat usianya 9 bulan, melalui penjelasan berikut dilansir dari halodoc.

1. Faktor Keturunan

Bila dalam keluarga Dads atau Moms, banyak anggota yang mengalami keterlambatan tumbuh gigi waktu kecil dulu, maka tidak heran bila Si Kecil juga terlambat tumbuh gigi. Jadi, coba tanyakan pada orangtua atau saudara Moms atau suami apakah ada yang pernah mengalami masalah yang sama pada waktu kecil dulu. Bila iya, maka hal itu bisa jadi salah satu alasan mengapa sampai sekarang Si Kecil belum tumbuh gigi.

2. Gizi Buruk

Bila bayi tidak mendapatkan ASI yang cukup atau susu formula yang ia minum tidak cukup bergizi untuk memenuhi semua kebutuhannya, maka hal tersebut bisa menyebabkan pertumbuhan gigi terlambat. ASI biasanya mengandung kalsium yang merupakan nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan gigi dan tulang bayi. 

Beberapa produk susu formula juga biasanya dilengkapi dengan kandungan nutrisi, seperti kalsium, fosfor, dan vitamin A, C, D yang membantu pertumbuhan dan perbaikan tulang dan jaringan, kekebalan, serta perkembangan keseluruhan anak. Namun, bila susu formula yang Moms berikan pada bayi tidak memiliki semua nutrisi tersebut, atau bayi tidak cukup mengonsumsinya, maka hal tersebut bisa menjadi penyebab keterlambatan pertumbuhan gigi bayi.

3. Hipotiroidisme dan Hipopituitarisme

Hipotiroid adalah kondisi di mana kelenjar tiroid tidak menghasilkan hormon tiroid dalam jumlah yang cukup agar tubuh dapat berfungsi secara normal. Hipotiroidisme biasanya memengaruhi detak jantung, metabolisme, dan suhu tubuh. Bila bayi ibu memiliki tiroid yang kurang aktif, maka kemungkinan besar akan mengalami keterlambatan dalam beberapa tahap perkembangan, seperti berjalan, tumbuh gigi, bahkan berbicara.

Sedangkan hipopituitarisme, mengacu pada penurunan sekresi satu atau lebih dari delapan hormon yang diproduksi oleh kelenjar hipofisis. Kondisi ini juga dapat menyebabkan beberapa penyakit dan masalah yang berkaitan dengan kekurangan hormon, seperti obesitas, kolesterol tinggi, dan sebagainya.

Artikel terkait : Kenapa Bayi Suka Gigit Teether ? 

4. Penyebab Lain
Pertumbuhan gigi yang terlambat juga bisa menjadi tanda dari kondisi atau gejala medis tertentu seperti down syndrome. Bayi terlambat tumbuh gigi juga bisa disebabkan oleh gangguan fisik pada gusi atau tulang rahang yang tidak memungkinkan gigi untuk muncul.

Merangsang Tumbuh Gigi 

Teether (mainan untuk digigit) bisa digunakan untuk merangsang pertumbuhan gigi bayi. Saat gusinya sudah mulai gatal serta nyeri dikarenakan mau tumbuh gigi di gusi , dengan Moms berikan teether , bayi memiliki aktivitas menggigit- gigit sesuatu, jadi bayi merasa nyaman. 

Agar tidak berisiko dalam menggunakan teether seperti, terinfeksi penyakit, atau luka jika ada bagian yang tajam, sebaiknya beli Teether Mombella. Teether ini menggunakan 100% bahan Food Grade Soft Silikon yang sangat lunak sehingga meminimalisir kerusakan pada gigi bayi, dan juga sudah melewati proses produksi FDA, tidak beracun, tidak berbau, serta tidak mudah menjadi wadah untuk perkembangbiakan bakteri. Beli Teethernya di sini yuk Moms. 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
[MOMBELLA]  Educational Geometry Sensory Teether Toy Set - Sheep
[MOMBELLA] Educational Geometry Sensory Teether Toy Set - Sheep

Rp 109,000

[MOMBELLA] Educational Geometry Sensory Teether Toy Set - Lion
[MOMBELLA] Educational Geometry Sensory Teether Toy Set - Lion

Rp 109,000

Mombella Corner Guard Pengaman Tepi & Sudut Meja - Coffee
Mombella Corner Guard Pengaman Tepi & Sudut Meja - Coffee

Rp 119,000

Mombella Hugging Monkey - Light Blue
Mombella Hugging Monkey - Light Blue

Rp 149,000

Mombella Squirrel Soothing Teether Mainan Gigitan Bayi - Green
Mombella Squirrel Soothing Teether Mainan Gigitan Bayi - Green

Rp 129,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved