Homepage Loading Icon
Panduan parenting untuk opimalkan tumbuh kembang anak

Panduan Parenting untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Anak

author iconDwi Ayu Rochani
date icon24 04 2020
category iconTumbuh Kembang Anak,

Semua orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya. Tidak heran, sekarang sudah makin banyak orang tua yang sadar akan pentingnya tumbuh kembang anak sejak dini, terutama di masa golden age. Di masa-masa ini, potensi anak juga sudah mulai bisa dikenali dan sudah menjadi kewajiban kita untuk mendukung serta menstimulasi kemampuannya agar berkembang dengan optimal.Namun, bagaimana ya cara mengoptimalkan tumbuh kembang anak? 

Dikutip dari Harvard University Berikut ini panduan Moms mendidik anak menjadi pribadi yang baik 

Habiskan waktu bersama

Sediakan waktu untuk menghabiskan waktu bersama dengan anak secara teratur. Di saat yang sama, cobalah kembangkan percakapan-percakapan yang bermakna dengan anak.

Menghabiskan waktu bersama secara rutin akan membuat anak belajar untuk peduli dan mencintai. Tunjukkan kasih sayang Moms, perhatian yang tulus, kegiatan yang mendorong, dan memuji prestasi atau capaian anak.

Jadi teladan dan mentor

Anak akan menghargai apa yang diperintahkan kepada mereka, jika mereka melihat Moms melakukan hal yang sama. Jadi, perhatikan baik-baik cara Moms mempraktikan nilai-nilai seperti kejujuran dan kerendahan hati, agar anak mengikutinya.

Beri tahu anak ketika Moms membuat kesalahan dan bicarakan dengan mereka bagaimana memperbaikinya. Beri tahu mereka bahwa penting untuk memberi tahu orang yang dipercayai saat membutuhkan nasihat atau bantuan dan dorong mereka untuk selalu memperhatikan orang lain.

Menjadi baik dan peduli

Sampaikan pada anak bahwa menjadi peduli dan baik adalah prioritas utama, bukan hanya di rumah, tapi juga di sekolah dan lingkungan sekitar. Minta bantuan guru di sekolah, untuk mengecek apakah anak sudah berperilaku demikian.

Arahkan anak untuk menyelesaikan masalah dengan memikirkan orang lain yang akan terpengaruh dengan tindakan mereka.

Berikan tanggung jawab

Berikan anak tanggung jawab seperti membantu menyelesaikan pekerjaan rumah. Ini akan menjadi kesempatan bagi mereka untuk peduli pada rutinitas sehari-hari. Juga, ucapkan terima kasih dan penghargaan kepada anak.

Terus beri motivasi untuk menjadikan rasa terima kasih kepada orang lain sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.

Mengambil tindakan

Ketika dihadapkan pada suatu masalah, bantu anak dengan berbicara dan mengambil tindakan. Dorong mereka untuk bekerja dengan orang lain agar dapat menyelesaikan masalah.

Cobalah menerjemahkan minat anak untuk membuat mereka tertarik membantu. Misalnya, jika anak menyukai binatang, mereka dapat menjadi sukarelawan di tempat penampungan.

Menyelesaikan konflik

Dorong anak untuk mengidentifikasi perasaan mereka dan bantu mereka untuk mengontrol dan mengelolanya, seperti mengambil napas panjang untuk bisa berpikiran tenang. Bantu pula mereka untuk menyelesaikan konflik dengan tetap memahami perasaan mereka dan orang lain.
 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
MOOIMOM Casual Hipseat Carrier
MOOIMOM Casual Hipseat Carrier

Rp 399,000

59s UVC LED Sterilizing Box (Built in Battery) / Boks Sterilizer Portable
59s UVC LED Sterilizing Box (Built in Battery) / Boks Sterilizer Portable

Rp 2,900,000

ABC Design Stroller Pupair - Diamond / Kereta Dorog Bayi
ABC Design Stroller Pupair - Diamond / Kereta Dorog Bayi

Rp 5,500,000

ABC Design Stroller Pupair Classic Stoller - Kereta Bayi Pup Air Classic
ABC Design Stroller Pupair Classic Stoller - Kereta Bayi Pup Air Classic

Rp 4,100,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved