Homepage Loading Icon
Moms Cek Yuk! Ini Dia Panduan MPASI Menurut Ahli Gizi

Moms Cek Yuk! Ini Dia Panduan MPASI Menurut Ahli Gizi

author iconanisyukur
date icon16 08 2019
category iconTips, Tumbuh Kembang Anak,

Saat si kecil sudah  memasuki usia 6 bulan, maka itu waktunya Moms mulai mengenalkan si kecil dengan Makanan Pendamping ASI (MPASI). Moms yang baru memulai MPASI pasti sedikit bingung bagaimana cara yang baik untuk memberikan makanan padat pertama untuk si kecil. Nah berikut adalah saran dari para Ahli gizi untuk Moms yang akan pertama kali memberikan MPASI kepada si kecil.

MPASI Sesuai Usia Bayi

Bayi yang telah berusia 6 bulan membutuhkan energi 650 kcal setiap hari, sedangkan ASI hanya memiliki eneri 400 kcal. Maka tugas Moms untuk memenuhi 250 kcal yang kurang tersebut melalui MPASI. Secara umum, MPASI dibagi ke dalam 2 kategori yakni untuk bayi usia 6 bulan hingga 1 tahun dan 1 tahun ke atas.

Untuk kategori yang pertama, menu MPASI yang diolah seperti bubur khusus bayi bukan menjadi makanan utama karena si kecil masih mengkonsumsi ASI. Sedangkan untuk kategori yang kedua, makanan yang diolah menjadi MPASI menjadi makanan utama.

Panduan MPASI dari Ahli gizi

Setelah anak sudah dalam masa MPASI, Moms wajib mencari tahu apa saja hal yang harus dilakukan selama memberikan memberikan MPASI. Nah berikut adalah penjelasan dari dr. Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK, mengenai hal yang harus dilakukan selama masa MPASI.

1. Tepat waktu

Usia 6 Bulan menjadi usia yang tepat untuk memulai MPASI berdasarkan standar WHO. Hal ini dikarenakan, saat itu ASI sudah tidak dapat mencukupi kebutuhan bayi. Selain itu Moms, juga harus tau kesiapan si bayi untuk menerima MPASI. Seperti sudah dapat duduk dengan kepala tegak, koordinasi mata, tangan, dan mulut untuk menerima makanan, serta mampu menelan makanan padat.

2. Bergizi

Menu MPASI yang diberikan kepada bayi harus memenuhi kebutuhan nutrisinya. Makan tersebut setidaknya harus mengandung energi, karbohidrat, protein, lemak, dan mikronutrien dengan takaran yang disesuaikan dengan usia si kecil.

3. Cara pemberian

Saat mulai masa MPASI, Moms sudah harus mengenali sinyal lapar dan kenyang dari bayi. Hal ini dimaksudkan agar frekuensi pemberian MPASI sesuai dengan kebutuhannya. Selain itu, jumlah dan tekstur MPASI juga harus disesuaikan dengan umur bayi.

4. Penyajian

MPASI harus disiapkan dengan cara higienis, biasakan Moms mencuci tangan sebelum menyiapkannya. Selain itu Moms harus memberikannya dengan menggunakan tangan dan peralatan makan yang bersih. Hindari untuk mencampur makanan mentah dengan yang sudah matang, dan cuci sayur buah sebelum dimakan.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Traininng Spoon Sendok Makan Bayi (2 pcs)
Traininng Spoon Sendok Makan Bayi (2 pcs)

IDR 260,000

Steam Bowl Mangkok Makan Bayi
Steam Bowl Mangkok Makan Bayi

IDR 199,000

MUGU® Training Bottle 330ml - Botol Minum Anak
MUGU® Training Bottle 330ml - Botol Minum Anak

IDR 109,000

MUGU® Kids Dinnerware Set (4-Piece)
MUGU® Kids Dinnerware Set (4-Piece)

IDR 129,000

SmilyMia Kid Transparent Straw Sedotan Anak
SmilyMia Kid Transparent Straw Sedotan Anak

IDR 99,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM CO., LTD. All Rights Reserved