Homepage Loading Icon
Mengatur Jadwal Makan Bayi 6 Bulan

Mengatur Jadwal Makan Bayi 6 Bulan

author iconDwi Ayu Rochani
date icon28 06 2020
category iconTumbuh Kembang Anak, Gizi & Kesehatan,

Saat Si Kecil hendak mendapat makanan pendamping air susu ibu (MPASI) pertamanya, yang harus orangtua lakukan bukan hanya menyiapkan peralatan dan menu makannya. Moms juga wajib mengatur jadwal makan bayi 6 bulan agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi dengan baik.

Setelah membuat jadwal makan bayi 6 bulan, ada beberapa hal yang dapat Moms lakukan untuk mendukung kegiatan pemberian MPASI pada bayi, seperti:

Porsi kecil

Seperti disebutkan di atas, bayi yang baru memulai MPASI perdananya cukup diberi 2-3 sendok makan per porsi. Makanan yang sudah diberikan kepada bayi dan terkena air liurnya tidak boleh dihangatkan atau diberikan kembali kepada bayi.

Hanya berikan air putih di sela-sela makan

Jangan berikan ASI mendekati jam makannya untuk menghindari bayi menolak makan makanan padat sekaligus mencegah ia kenyang lebih cepat. Sebaliknya, Moms dapat memberikan air putih saja di sela-sela waktu makan.

Menurut Akademi Kedokteran Anak Amerika Serikan (AAP), bayi tidak membutuhkan air putih, namun air putih dapat dikenalkan untuk menyamankan tenggorokannya, terutama saat cuaca panas. Moms juga dapat memberi buah di sela-sela waktu makan, namun bukan dalam bentuk jus karena dikhawatirkan dapat membuat bayi kenyang sebelum makan.

Tidak dipaksa

Kondisikan jadwal makan bayi 6 bulan dengan lingkungan makannya agar Si Kecil nyaman ketika mendapatkan asupan nutrisi dari MPASI. Jangan paksa bayi untuk menghabiskan makanannya jika memang tidak memungkinkan.

Usahakan kegiatan makan memang khusus digunakan untuk menyuapi bayi. Jangan memberikannya makan sambil mengajaknya bermain, menonton televisi, menggunakan gadget, dan lain-lain.

Hentikan pemberian makan setelah 15 menit Si Kecil menolak untuk memasukkan makanan ke mulutnya. Hentikan juga pemberian MPASI jika bayi terlihat marah, tutup mulut, atau menolak makanan yang disodorkan ke bibirnya, serta coba lagi pada sore atau keesokan harinya.

Ada bayi yang langsung lahap memakan MPASI-nya, tidak jarang pula Moms harus mencoba 10-15 kali sebelum Si Kecil mau menyantap makanan padatnya. Jika Moms mengalami kendala terkait pemberian MPASI maupun penyusunan jadwal makan bayi 6 bulan, konsultasikan dengan dokter.

Itulah beberapa tips yang dapat Moms lakukan untuk menerapkan jadwal makan bayi 6 bulan. Bagi Moms yang sedang mencari perlengkapan MPASI untuk si kecil. Moms bisa bisa mengunjungi website WWW.MOOIMOM.ID. Khusus di bulan ini semua produk MPASI sedang ada diskon lho Moms. Yuk klik promonya di sini. 


 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
OLA BABY Steam Bowl Mangkok Makan Bayi
OLA BABY Steam Bowl Mangkok Makan Bayi

Rp 199,000

MUGU® Training Bottle 220ml - Botol Minum Anak
MUGU® Training Bottle 220ml - Botol Minum Anak

Rp 99,000

Re-Play Sendok Makan Plastik  Daur Ulang
Re-Play Sendok Makan Plastik Daur Ulang

Rp 19,000

Re-Play Piring Makan Plastik Daur Ulang - Divided Plate
Re-Play Piring Makan Plastik Daur Ulang - Divided Plate

Rp 59,000

Mugu Mangkok Makan Bayi Anak Anti Tumpah | Suction Bowl 450ml
Mugu Mangkok Makan Bayi Anak Anti Tumpah | Suction Bowl 450ml

Rp 69,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved