Homepage Loading Icon
Inspirasi Makanan untuk si Kecil Usia 1 Tahun

Inspirasi Makanan untuk si Kecil Usia 1 Tahun

author iconDinda Ayu Saraswati
date icon03 04 2020
category iconResep, Gizi & Kesehatan, Tumbuh Kembang Anak,

Seiring waktu berjalan, pertumbuhan anak pun terasa semakin cepat. Ia membutuhkan banyak nutrisi untuk membantu perkembangannya setelah ia emndapatkan ASI Ekslusif. Pilih makanan yang bergizi serta menarik untuk meningkatkan nafsu makannya. Berikut ini beberapa jenis makanan sehat dan praktis untuk anak berusia 1 tahun.

Pisang dan Buah Lunak Lainnya

Ketika anak berusia 1 tahun ia mulai mengembangkan genggaman makanan dengan ujung jari. Saat ini mereka berusaha enggapai makanannya sendiri. Ini adalah waktu yang tepat untuk memperkenalkan pada anak finger food. Buah yang lembut dan segar adalah pilihan yang baik untuk si kecil. Potong pisang, clementine. stroberi atau mangga dan perlahan-lahan masukkan ke dalam mulut anak.

Yogurt dan Susu

Susu dan yogurt adalah sumber protein dan kalsium pembentuk tulang yang kuat, yang juga bermanfaat bagi perkembangan gigi mereka. Meskipun dapat terus memberikan ASI hingga berusia 2 tahun lebih, susu sapi atau yogurt yang mengandung lemak juga dapat diberikan pada waktu makan atau sebagai camilan. Yogurt dapat diisi dengan buah segar yang dipotong menyesuaikan ukuran mulut si kecil.

Oatmeal

Anak kecil tidak dapat menguasai gerakan menggigit, mereka dapat mengunyah dengan baik ketika berusia 3 tahun ke atas. Sementara itu makanan si kecil harus dihaluskan terlebih dahulu agar mudah untuk di kunyah. Oatmeal adalah pilihn yang baik, karena oatmeal memiliki kandungan protein, karbohidrat, vitamin, mineral, dan lemak sehat. Terlebih gandum menyediakan banyak serat yang membantu menjaga saluran pencernaan tetap sehat.

Telur

Telur merupakanan makanan yang dapat menambah energi untuk anak dan orang dewasa. Telur mendukung untuk keshatan mata dan perkembangan otak. Selain itu juga makanan ini mengandung protein, lemak sehat, dan sejumlah nutrisi penting lainnya.

Tahu Sutra

Tahu adalah sumber zat besi, kalsium dan protein yang baik untuk tubuh.Tahu sutra dapat disajikan dengan campuran smoothie. Perhatikan cara memasak tahu untuk si kecil, tetap perhatikan kebersihannya.

Alpukat

Alpukat adalah makanan yang cocok untuk diberikan kepada anak usia 1 tahun. Tekstur krimnya mudah untuk dicernah oleh si kecil. Alpukat dikemas dengan nutrisi lemak sehat yang bermanfaat untuk otak dan hati.

Air

Ketika anak berusia 1 tahun ia harus minum setidaknya 237 ml air setiap hari. Jika mereka aktif, mungkin mereka akan lebih banyak lagi membutuhkan asupan air. Air dapat membantu memenuhi cairan tubuh pada anak, sehingga memberikan air putih baik untuk kesehatan anak.

Brokoli dan Wortel Kukus

Sayuran kukus seperti brokoli dan wortel adalah cara terbaik untuk memperkenalkan anak pada kelompok makanan yang sehat. Brokoli, wortel dan kacang polong mengemas serat dan vitamin C. Terlebih wortel mengandung lutein yang mendukung kesehatan mata. Sementara kacang polong mengemas protein untuk membangun otot.

Memilih makanan yang mudah dikunyah dan bergizi tinggi adalah ide bagus Berikan nutrisi yang baik untuk si kecil untuk menunjang pertumbuhannya.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
[MUGU] Mangkok Makan Bayi Anak Anti Tumpah | Suction Bowl 340 ml
[MUGU] Mangkok Makan Bayi Anak Anti Tumpah | Suction Bowl 340 ml

Rp 59,000

Re-Play Gelas Plastik Daur Ulang dengan Tutup - No Spill Sippy Cup
Re-Play Gelas Plastik Daur Ulang dengan Tutup - No Spill Sippy Cup

Rp 79,000

[MUGU] Kids Dinnerware Set (4-Piece)
[MUGU] Kids Dinnerware Set (4-Piece)

Rp 129,000

Re-Play Piring Makan Plastik Daur Ulang - Divided Plate
Re-Play Piring Makan Plastik Daur Ulang - Divided Plate

Rp 59,000

Re-Play Sendok Makan Plastik  Daur Ulang
Re-Play Sendok Makan Plastik Daur Ulang

Rp 19,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved