Homepage Loading Icon
Ini yang Perlu Moms Ketahui dalam Mempersiapkan MPASI Bayi

Ini yang Perlu Moms Ketahui dalam Mempersiapkan MPASI Bayi

author iconDinda Ayu Saraswati
date icon03 08 2020
category iconTumbuh Kembang Anak, Gizi & Kesehatan, Tips,

ASI eksklusif untuk bayi memang disarankan untuk dikonsumsi selama 6 bulan pertama kehidupannya. Setelahnya bayi bisa mulai diberi konsumsi makanan padat atau yang biasa kita kenal dengan sebutan Makanan Pendamping ASI (MPASI).

MPASI untuk bayi tentu harus dipersiapkan dengan baik, karena merupakan makanan padat pertama anak. Moms harus menyesuaikannya dengan pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil agar nutrisi yang diberikan tepat sasaran.

Memberikan makanan padat untuk buah hati yang masih bayi, tidak boleh sembarangan. Ada hal-hal penting yang harus diperhatikan dan dipernuhi. Dilansir dari sehatq.com, berikut ini penjelasannya.

1. Tekstur Makanan

Untuk makan pertama kali, bayi sebaiknya diberi satu jenis makanan saja. Makanan ini harus berbentuk puree yang teksturnya agak cair.

Setelah beberapa minggu dan Si Kecil mulai terbiasa makan, tekstur puree bisa dibuat lebih kental. Terus tingkatkan kepadatan makanan seiring peningkatan ketrampilan makan bayi.

2. Gula dan Garam

Buah alpukat, ubi, labu, kentang, buah pir, buah apel, bahkan daging ayam yang dijadikan puree bisa jadi pilihan. Namun ingatlah, puree bayi sebaiknya dibuat tanpa tambahan garam dan gula. 

3. Makanan Rendah Risiko Alergi

Moms juga sebaiknya memilih bahan-bahan makanan bayi 6 bulan yang tidak menyebabkan alergi. Berikan satu jenis makanan dulu untuk beberapa kali dan perhatikan reaksi bayi.

Jika bayi bisa menerima jenis makanan tersebut dan tak mengalami reaksi alergi, berarti aman. Kita bisa mulai mengenalkan jenis makanan lainnya satu per satu. 

Baca Juga: Resep MPASI Daging Paling Gampang, Moms Wajib Coba

4. Porsi Makanan

Pada awal-awal pemberian makanan padat, coba berikan puree sebanyak satu atau dua sendok makan bayi. Makanan bisa diberikan sesudah bayi menyusu. Pasalnya, makanan bayi 6 bulan yang utama masih susu, baik ASI maupun susu formula. 

5. Frekuensi makan

Jadwalkan pemberian makan sebanyak satu kali sehari dulu. Tidak apa jika bayi belum bisa makan banyak. Si Kecil butuh waktu untuk terbiasa dengan tekstur makanan padat di mulutnya serta belajar menelannya terlebih dulu.

Seiring waktu, bayi akan bisa makan lebih banyak dengan jadwal makan dua kali sehari. Di usia 8 sampai 9 bulan, biasanya bayi sudah mampu makan tiga kali sehari. 

Dengan memperhatikan kesiapan bayi untuk makan, Moms diharap tidak bingung lagi untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk memberikan MPASI pada bayi.

Klik www.mooimom.id untuk mendapatkan peralatan MPASI terbaik untuk bayi.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
[MUGU] Toddler Spoon & Fork  - Sendok Garpu Anak
[MUGU] Toddler Spoon & Fork - Sendok Garpu Anak

Rp 69,000

[MUGU] Mangkok Makan Bayi Anak Anti Tumpah | Suction Bowl 450ml
[MUGU] Mangkok Makan Bayi Anak Anti Tumpah | Suction Bowl 450ml

Rp 69,000

[MUGU] Kids Dinnerware Set (4-Piece)
[MUGU] Kids Dinnerware Set (4-Piece)

Rp 129,000

[MUGU] Training Bottle 330ml - Botol Minum Anak
[MUGU] Training Bottle 330ml - Botol Minum Anak

Rp 109,000

[MUGU] Sensoric Spoon & Fork - Sendok Garpu Anak
[MUGU] Sensoric Spoon & Fork - Sendok Garpu Anak

Rp 29,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved