Mamapedia Logo
Imunisasi Pertama Bayi, Apa Aja ya Moms?

Imunisasi Pertama Bayi, Apa Aja ya Moms?

author iconJanice Susana
date icon11 10 2018
category iconTumbuh Kembang Anak, Gizi & Kesehatan, Tips, Kelahiran Anak, Keluarga,

Perlu diketahui, pemberian imunisasi pada bayi baru lahir itu sangat aman. Dengan pemberian imunisasi ini, Moms akan lebih tenang karena si kecil akan lebih terlindungi. Mengutip dari berbagai sumber, ada tiga macam imunisasi yang sudah bisa diberikan pada bayi baru lahir yaitu: Hepatitis B, Polio dan BCG.

HEPATITIS B

Imunsasi ini diberikan kepada si kecil dengan cara menyuntikkan di paha. Tapi Moms tidak perlu khawatir ya, luka bekas suntikan biasanya akan sembuh dengan cepat. Manfaat dari imunisasi ini adalah untuk mencegah dan melindungi si kecil dari bahaya virus Hepatitis B yang menyerang hati seperti dapat menyebabkan kerusakan hati, kanker hati dan sirosis hati.

Pemberian imunisasi Hepatitis B dilakukan dalam waktu 12 jam pertama setelah si kecil lahir. Perlu diperhatikan nih Moms, hal ini menunjukkan imunisasi ini sangatlah penting bahkan imunisasi hepatitis B adalah imunisasi yang paling pertama yang akan didapatkan oleh si kecil.

Imunisasi ini selanjutnya akan diberikan saat si kecil berumur 1 bulan, kemudian saat si kecil berusia 3-6 bulan. Imunisasi pertama saat bayi baru lahir minimal berjarak 4 minggu dengan imunisasi ke-2.

POLIO

Nah, berbeda dengan sebelumnya, imunisasi polio diberikan dengan cara diteteskan ke mulut si kecil. Imunisasi polio sangat bermanfaat lho Moms untuk mencegah si kecil terkena penyakit polio yang bisa menyebabkan kelumpuhan. Penelitian menyebutkan bahwa tingginya kasus polio terjadi karena sang anak tidak diberikan imunisasi. Jadi jangan anggap remeh pentingnya imunisasi ini ya Moms,

Vaksin polio diberikan menjelang si kecil akan pulang dari rumah sakit. Pemberian selanjutnya adalah saat si kecil berumur 2 bulan, 4 dan 6 bulan, totalnya diberikan sebanyak 3 kali. Selanjutnya pemberian vaksin polio bisa diboost/ulang pada usia 18 bulan dan 5 tahun.

BCG (Bacille Calmette-Guérin)

Imunisasi yang satu ini diberikan dengan cara disuntikkan di lengan atas. Manfaat dari imunisasi ini adalah untuk mencegah dan melawan bakteri penyebab penyakit tuberkulosis (TBC) yang menyerang organ tubuh terutama paru-paru. Penyakit ini sangat berbahaya lho Moms, karena bisa menyerang otak, tulang dan kelenjar dengan komplikasi yang berat.

Sama seperti imunisasi Polio, BCG diberikan menjelang si kecil pulang ke rumah. Bila si kecil melewatkan waktu imunisasinya lebih dari 3 bulan, ia harus dilakukan tes tuberkulin sebelum diimunisasi. Apabila hasilnya negatif barulah si kecil bisa diberikan imunisasi ini.

Nah, itulah 3 jenis imunisasi yang wajib diberikan kepada bayi baru lahir. Jangan sampai terlewatkan ya Moms!

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE