Mamapedia Logo
Manfaat Minyak EVOO untuk MPASI

EVOO, Perasan Pertama Buah Zaitun yang Baik untuk MPASI

author iconIka
date icon19 03 2021
category iconTumbuh Kembang Anak, Gizi & Kesehatan, Tips,

Air Susu Ibu (ASI) memang terbaik untuk bayi. Namun, ketika memasuki usia 6 bulan, ia harus makan makanan padat atau disebut Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). Sesuai saran Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), pemberian MPASI dilakukan dengan adekuat dengan meliputi energi, protein, dan mikronutrien. Untuk memenuhi MPASI yang sehat, menu makanan harus memenuhi gizi seimbang, termasuk lemak tambahan.

Asupan lemak sebenarnya bisa didapatkan dari makanan tinggi protein, seperti telur, daging, dan ikan. Namun, untuk mengikat semua nutrisi makanan yang masuk ke tubuh Si Kecil, perlu asupan lemak tambahan. Peran lemak tambahan lainnya, termasuk mendukung perkembangan tubuh dan otak bayi, pelarut vitamin A, D, E, dan K dalam MPASI, meningkatkan nafsu makan bayi. Juga menjadi booster atau penambah berat badan bayi, melancarkan pencernaan, memberi rasa pada MPASI, dan mencegah bayi sembelit.

Dalam perkembangan dunia modern saat ini, ada banyak jenis lemak tambahan yang bisa Moms dapatkan di pasar. Salah satunya ialah, minyak zaitun. Berasal dari Eropa, tepatnya Yunani, minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak yang kerap disajikan bersama hidangan sehat. Minyak zaitun memang diklaim lebih sehat dibandingkan jenis minyak lainnya, karena kaya akan antioksidan dan lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan. Studi menunjukkan bahwa asam lemak dan antioksidan yang terkandung dalam minyak zaitun membantu penurunan risiko penyakit jantung.

 

Manfaat EVOO untuk Si Kecil

Jenis minyak zaitun yang disarankan untuk lemak tambahan MPASI Si Kecil adalah EVOO atau Extra Virgin Olive Oil. EVOO berasal dari perasan pertama sari buah zaitun, sehingga kandungan polifenolnya sangat tinggi. Selain itu, jenis extra virgin merupakan pilihan yang paling sehat karena tidak melewati proses pengolahan yang terlalu banyak, dan mengandung jumlah antioksidan yang lebih besar.

Dilansir dari Healthline, EVOO adalah jenis minyak zaitun yang kaya nutrisi. EVOO mengandung vitamin E dan K dalam jumlah sedang serta mengandung banyak asam lemak bermanfaat di dalamnya. Satu sendok makan (kira-kira ukuran 13,5 gram) EVOO mengandung:

Lemak jenuh: 14 persen

Lemak tak jenuh tunggal: 73 persen (sebagian besar asam oleat)

Vitamin E: 13 persen dari nilai harian

Vitamin K: 7 persen dari nilai harian

Moms dapat mencampurkan EVOO untuk makanan bayi sehari-hari karena beragam manfaat yang terkandung di dalamnya, yakni:

  • Meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan otak anak karena kandungan asam oleatnya yang tinggi
  • Membantu mencegah dan mengurangi asma karena sifatnya yang anti-peradangan
  • Meningkatkan pertumbuhan yang sehat pada tubuh anak karena EVOO merupakan sumber lemak yang baik

Dalam pemberian EVOO, Moms dianjurkan untuk tidak memberikan lewat proses pemanasan, karena akan mengurangi kandungan nutrisi baik di dalamnya. Cara yang direkomendasikan ialah, tambahkan EVOO saat makanan bayi sudah jadi dan diaduk hingga merata. Selain itu, takaran pemberian EVOO yang tepat untuk bayi ialah tidak lebih dri 2 ons atau sekitar seperempat sendok teh. Meskipun minyak zaitun mengandung beragam manfaat, jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan bayi diare. Apabila dikonsumsi dalam takaran yang tepat barulah menunjang kesehatan serta perkembangan Si Kecil.

Selain bermanfaat untuk lemak tambahan MPASI bagi Si Kecil, minyak zaitun mengandung beragam manfaat lainnya. Untuk pemakaian luar, Moms dapat membantu meredakan sembelit pada bayi juga menenangkan bayi kolik dengan mengoleskan minyak zaitun. Oleskan minyak ke perut bayi dengan gerakan searah jarum jam supaya bayi lekas nyaman dan bisa tidur pulas. Minyak zaitun dilaporkan efektif dapat menyembuhkan cradle cap atau lapisan kulit kering dan bersisik menyerupai ketombe di kepala bayi. Sifat melembapkan dari zaitun dapat menghilangkan kerak di kulit kepala bayi.

Selain itu, minyak zaitun juga dapat digunakan untuk mencegah ruam popok pada bayi. Caranya dibuat secara emulsi yakni dengan mencampurkan dua sendok makan minyak zaitun dalam satu sendok makan air. Kemudian, gosokkan cairan emulsi tadi di telapak tangan dan oleskan dengan lembut ke alat kelamin atau bokong bayi. Namun, terlepas dari beragam manfaat mengonsumsi dan menggunakan minyak zaitun, sebaiknya Moms berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya untuk Si Kecil.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share