Homepage Loading Icon
Cara Tepat Menggendong Bayi Sesuai Usia dengan Hipseat Carrier

Cara Tepat Menggendong Bayi Sesuai Usia dengan Hipseat Carrier

author iconfallin
date icon27 05 2019
category iconTumbuh Kembang Anak,

Sebagai calon ibu ataupun new mom, Anda harus tahu bahwa pada bayi, berbeda usia, berbeda pula cara menggendongnya. Namun semua cara menggendong di bawah ini dapat dibantu dengan menggunakan gendongan modern atau biasa disebut hipseat carrier. Hipseat carrier sangat efektif untuk membantu moms dan dads terlebih ketika bepergian.  

 

Usia 0—3 Bulan

Di usia ini biasanya orang tua baru masih takut untuk menggendong bayi. Menggendong bayi di usia ini memang perlu belajar, caranya mendekat ke bayi lalu bungkukkan badan dan selipkan satu tangan kita ke bagian leher untuk menyangganya. Dilanjutkan dengan meletakkan tangan di bagian belakang tubuh bayi untuk menopang punggung dan bokongnya.

 

Selanjutnya, pastikan bagian punggung, leher, dan kepala bayi diletakkan di lipatan siku, lalu bagian belakang tubuh bayi ditopang oleh telapak tangan, sehingga bokong dan kakinya otomatis ditopang lengan (cradling hold), kemudian dekatkan wajahnya ke dada kita sehingga ia merasa nyaman. Semuanya harus dilakukan secara perlahan. 

 

Menggendong bayi pada posisi ini lama kelamaan akan membuat tangan sakit. Untuk itulah Anda bisa menggunakan bantuan gendongan. Salah satu gendongan yang bisa mengakomodir teknik menggendong ini ialah hipseat carrier.

 

Gunakan hanya bagian dudukannya saja untuk menopang bokong bayi, agar satu tangan Anda tidak kelelahan.    

 

Bisa juga bayi digendong dalam posisi tegak, kepala bayi di atas bahu kita dan menghadap ke belakang. Topang leher dan kepalanya dengan satu tangan, sementara tangan lainnya menopang bokong dan sebagian punggung. 

 

Untuk posisi duduk, bisa dilakukan setelah usia 1 bulan. Bayi diposisikan setengah duduk di atas lengan, sementara lengan yang lain memegang dada dan kepalanya bersandar di dada. Gunakan dudukan hipseat carrier sebagai penopang bokong bayi menggantikan tangan Anda.  

 

Usia 3—6 Bulan

Di usia ini, trik menggendong bayi lebih mudah. Karena  biasanya bayi lebih senang digendong dengan posisi duduk menghadap ke depan, karena ia sudah mampu duduk di pangkuan dan tidak betah dibaringkan. Di usia 4 bulan, posisi bayi sudah lebih luwes, bisa digendong menghadap ke depan, belakang, atau berhadapan.

 

Di usia 5 bulan, sebaiknya gunakan kain gendongan karena tubuhnya sudah semakin berat. Posisinya bisa didudukkan di pinggang, di depan perut dengan posisi berhadapan dan ditopang salah satu lengan. Dengan begitu kita tetap bisa melakukan aktivitas lebih mudah. Pada usia ini Anda bisa menggunakan seluruh bagian dari hipseat carrier

 

Usia di atas 6 Bulan

Mengingat ototnya sudah kuat, banyak posisi menggendong yang bisa dilakukan di usia ini. Ibu bisa menggendongnya dengan cara didudukkan di depan dada sementara satu tangan menopang bokong dan tangan lainnya melingkar di perut.

 

Menggendong duduk dengan posisi setengah berhadapan dimana satu tangan menopang bokong, lalu tangan lain menopang pinggang; atau menggunakan alat gendong punggung sehingga bayi bisa digendong di atas punggung. Untuk teknik gendong punggung Anda bisa menggunakan hipseat carrier untuk keamanan ekstra, terlebih jika bayi Anda sangat aktif bergerak. 

 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Lightweight Hipseat Carrier Gendongan Bayi
Lightweight Hipseat Carrier Gendongan Bayi

IDR 990,000

MOOIMOM Head Shaping pillow - Bantal Bayi
MOOIMOM Head Shaping pillow - Bantal Bayi

IDR 299,000

MOOIMOM Flat-head Prevention Pillow - Bantal Bayi
MOOIMOM Flat-head Prevention Pillow - Bantal Bayi

IDR 315,000

MOOIMOM Breathable Hipseat Carrier
MOOIMOM Breathable Hipseat Carrier

IDR 590,000

MOOIMOM Casual Hipseat Carrier
MOOIMOM Casual Hipseat Carrier

IDR 399,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM CO., LTD. All Rights Reserved