Mamapedia Logo
Cara Merawat Bayi Prematur, 6 Hal Ini Harus Moms Perhatikan

Cara Merawat Bayi Prematur, 6 Hal Ini Harus Moms Perhatikan

author iconNandita Adilfi
date icon19 04 2021
category iconTumbuh Kembang Anak, Gizi & Kesehatan, Kelahiran Anak,

Dalam menjalankan masa kehamilan, para ibu hamil tentu akan melakukan hal apapun yang terbaik agar janin di dalam kandungan senantiasa bertumbuh kembang dengan sehat. Persalinan normal juga menjadi dambaan para ibu hamil saat melahirkan sang buah hati. Namun, karena alasan berbagai kondisi yang dialami oleh Moms maupun bayi di dalam kandungan, maka Moms harus melahirkan bayi secara prematur.

Lahir lebih cepat dari waktu normal, bayi prematur mungkin akan mengalami masalah medis tertentu atau gangguan kesehatan jangka panjang seperti cacat fisik maupun mental. Namun hal ini belum tentu dialami oleh semua bayi prematur jika orang tua memberikan perawatan dan perhatian lebih, serta memberikan nutrisi terbaik agar bayi prematur memiliki tahapan perkembangan sesuai dengan usianya. Yuk Moms simak cara merawat bayi prematur selengkapnya di artikel ini!

 

Baca juga: Cara Mencegah Bayi Lahir Prematur, Moms Harus Tahu!

 

Cara Merawat Bayi Prematur yang Harus Moms Perhatikan

Bayi prematur adalah bayi yang dilahirkan pada usia kehamilan kurang dari 37 minggu. Bayi prematur terancam mempunyai masalah pada tumbuh kembang dan juga kesehatannya. Maka dari itu, penting bagi orangtua untuk merawat bayi prematur agar mereka tumbuh dengan sehat tanpa menderita masalah fisik, mental, fungsi indera, hingga kemampuan berpikir dan belajar.

Dilansir dari laman Very Well Family, berikut ini adalah cara untuk merawat bayi di rumah:

1. Perhatikan Jadwal Pemberian ASI

Bayi prematur perlu memiliki penambahan berat badan yang baik untuk mendukung pertumbuhan mereka. Frekuensi pemberian ASI pada bayi prematur yaitu sebanyak 8 - 10 kali sehari.Memberikan ASI eksklusif untuk bayi memiliki berbagai manfaat untuk bayi. Hindari pemberian jeda dari waktu menyusui ke waktu menyusui selanjutnya lebih dari empat jam, untuk mencegah bayi kekurangan cairan atau dehidrasi. 

2. Perhatikan Kesehatan Bayi Prematur

Karena mereka lahir lebih awal, beberapa bayi prematur lebih mudah sakit. Bayi prematur cenderung memiliki berbagai kondisi kesehatan, karena sistem kekebalan tubuh yang belum sempurna membuat mereka sulit melawan infeksi. Oleh karena itu, Moms perlu jauhkan bayi dari orang yang sedang sakit dan membatasi interaksi atau kontak antara bayi dengan orang-orang di sekitarnya.

3. Melakukan Metode Kanguru

Metode kanguru merupakan metode perawatan bayi prematur yang melibatkan orang tua. Metode ini dilakukan dengan cara memposisikan atau menggendong bayi di dada sehingga terjadi kontak langsung antara kulit bayi dengan kulit ibu atau ayah. Manfaat menggendong bayi prematur dengan metode kanguru antara lain:

  • Menjaga kehangatan tubuh bayi.
  • Menjaga keteraturan detak jantung dan pernapasan bayi.
  • Membantu menenangkan bayi dan membantunya untuk tidur lebih nyenyak.
  • Meningkatkan produksi ASI, sehingga peluang untuk menerapkan ASI eksklusif menjadi lebih tinggi.
  • Membantu memperkuat daya tahan tubuh bayi.
  • Mengurangi stres, membangun rasa percaya diri, dan meningkatkan ikatan emosional antara ibu dan bayi.

Pada bayi prematur, Moms bisa melakukan perawatan kanguru segera setelah bayi lahir. Namun, ada juga beberapa rumah sakit yang memiliki kebijakan untuk menunda Moms melakukan metode kanguru ini hingga kondisi kesehatan bayi lebih stabil.

4. Pastikan Bayi Tercegah dari Sindrom Kematian Mendadak (SIDS)

Bayi prematur memiliki risiko mengalami sindrom kematian bayi mendadak (SIDS) yang lebih tinggi daripada bayi pada umumnya. Untuk mencegahnya, pastikan Moms memperhatikan posisi tidur bayi dengan memastikan bayi tidur telentang, tidak miring atau tengkurap. Jika diperlukan, Moms juga bisa menggunakan bantal bayi agar bayi tidur nyaman dengan memperhatikan tips berikut.

5. Cara Memandikan Bayi Prematur

Meskipun memandikan bayi mungkin tampak seperti salah satu tugas pengasuhan yang paling sederhana, namun memandikan bayi prematur untuk pertama kalinya bisa menjadi hal yang menakutkan. Moms harus perhatikan bagaimana cara memandikan bayi yang baru lahir, peralatan mandi yang dibutuhkan bayi prematur dan bagaimana menjaga bayi prematur tetap hangat selama waktu mandi.

6. Jangan Lewatkan Jadwal Imunisasi

Imunisasi adalah langkah penting yang diperlukan untuk melindungi bayi prematur dari serangan penyakit serius. Pada dasarnya, jadwal imunisasi bayi prematur sama dengan jadwal untuk bayi pada umumnya, namun konsultasikan lebih lanjut dengan dokter anak agar jenis dan jadwal imunisasi dapat disesuaikan dengan kondisi bayi.

 

Baca juga: Bayi Rewel Sesudah Imunisasi? Ini 4 Cara Mengatasinya

 

Untuk mendukung Moms dalam pemberian ASI eksklusif untuk bayi prematur, Moms bisa mengonsumsi Prenavita ASI Booster Honey Lychee Flavoured Power Drinkyaitu minuman untuk pelancar ASI dan dapat membantu pemulihan ibu pasca persalinan. Berbagai kandungan yang ada di dalamnya sangat bermanfaat, seperti misalnya Menjadikan ASI berkuantitas dan berkualitas yang kaya vitamin, merangsang sistem kekebalan tubuh, merelaksasi peredaran darah setelah melahirkan, dan lain-lain. Produk ini bisa didapatkan di official website MOOIMOM atau di official store MOOIMOM yang terdapat di berbagai e-commerce.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE