Homepage Loading Icon
5 Cara Alami Menurunkan Panas Demam pada Anak

Wajib Tahu, Ini 5 Cara Alami Menurunkan Panas pada Anak

author iconIntan
date icon28 06 2020
category iconTumbuh Kembang Anak,

Anak demam, Moms? Simak tips dari Mamapedia berikut ini, yuk, untuk menurunkan panas pada anak dengan cara yang alami.

Tentu saja cara yang alami tidak akan menimbulkan efek samping pada si Kecil. Moms pun bisa dengan mudah melakukannya di rumah, karena perlengkapan yang dibutuhkan pun sangat sederhana.

Selamat mencoba tips alami dari Mamapedia, ya!

1. Mandikan si Kecil dengan air hangat

Tahukah Moms, air hangat justru dapat menetralkan kembali suhu tubuh si Kecil. Sebaliknya, jika Moms memandikan si Kecil dengan air dingin, suhu tubuh si Kecil akan meningkat dan ia pun bisa menggigil kedinginan!

Moms juga bisa menambahkan minyak esensial dan garam epsom dalam air hangat guna membuat tubuh si Kecil lebih rileks dan nyaman. Pastikan airnya tidak terkena matanya ya, jika Moms mencampurkan bahan ini ke dalam air mandinya.

2. Perbanyak asupan cairan

Demam bisa membuat tubuh dehidrasi dan kekurangan cairan. Untuk itu, pastikan asupan air Si Kecil cukup agar tubuhnya terhidrasi dan tidak kelelahan.

Selain itu, air yang cukup juga bisa membantu tubuhnya menurunkan panas secara alami. Moms juga dapat memberikan air kelapa karena mengandung antioksidan dan elektrolit yang membuat tubuh cepat segar kembali.

3. Menggunakan minyak kayu putih

Moms bisa membalurkan minyak kayu putih ke tubuhnya, terutama bagian perut. Jika si Kecil tidak menyukai kayu putih, Moms bisa mencari alternatif alaminya yaitu dengan parutan bawang merah serta seiris jeruk nipis.

Memang sih, baunya menyengat. Tapi, kedua bahan alami tersebut efektif menurunkan demam pada anak lho, Moms.

4. Kompres pada dahi

Kompres merupakan metode sederhana paling ampuh dalam menurunkan panas demam. Siapkan handuk berukuran kecil dan rendamlah dengan air hangat.

Peras handuk dan letakkan di dahi Si Kecil. Gantilah kompres secara berkala apabila sudah tidak hangat. Moms bisa melakukan pengompresan ini hingga demam anak turun, ya.

5. Buat anak tertidur

Tidur dan beristirahat lebih lama juga bisa menjadi salah satu cara alami menurunkan panas pada anak. Jangan biarkan si Kecil terus aktif bergerak dan bermain karena hal ini bisa memicu kondisi demamnya hilang sesaat saja, kemudian muncul lagi dalam kondisi yang bertambah parah.

Saat tidur, tubuh akan melakukan regenerasi sel sehingga panas bisa lebih cepat turun. Untuk itu, kualitas tidur tentu saja sangat diperhatikan. Moms bisa meningkatkan kualitas tidur si Kecil dengan MOOIMOM Sloped Pillow yang dapat menyangga kepala anak secara sempurna selama tidur.

Nah, itu dia beberapa cara alami yang ampuh menurunkan panas demam pada anak. Jika demam pada tubuh si Kecil tak kunjung reda selama 2 hari, segera bawa ke dokter ya Moms untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Semoga si Kecil selalu sehat, ya! 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
MOOIMOM Head Shaping pillow - Bantal Bayi
MOOIMOM Head Shaping pillow - Bantal Bayi

Rp 299,000

MOOIMOM Flat-head Prevention Pillow - Bantal Bayi
MOOIMOM Flat-head Prevention Pillow - Bantal Bayi

Rp 315,000

Mooimom Anti-Leg Cramp Pregnancy Pillow Bantal Hamil
Mooimom Anti-Leg Cramp Pregnancy Pillow Bantal Hamil

Rp 499,000

MOOIMOM Multifunction Pregnancy Pillow Bantal Hamil
MOOIMOM Multifunction Pregnancy Pillow Bantal Hamil

Rp 599,000

Sloped Pillow Bantal Bayi
Sloped Pillow Bantal Bayi

Rp 449,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved