Mamapedia Logo
Berapa Berat Badan Bayi yang Dikatakan Prematur?

Berapa Berat Badan Bayi yang Dikatakan Prematur?

author iconIka
date icon22 12 2020
category iconGizi & Kesehatan, Tumbuh Kembang Anak, Kelahiran Anak,

Sesuai istilah yang dilekatkan kepadanya, pada hari-hari awal kehidupan sang manusia mungil di dunia, bayi prematur lahir sebelum waktunya. Anak-anak yang lahir pradini, pada usia kehamilan yang belum mencapai 37 pekan. Waktu kelahirannya membuat bayi prematur membutuhkan perhatian serta penanganan medis yang lebih khusus lagi.

Bayi prematur belum cukup matang tumbuh dan berkembang ketika berpisah dengan rahim ibunya. Kondisi tubuh bayi prematur tak seketika aktif mengisap air susu ibu (ASI), menelan dan bernapas. Ibarat sebuah alpukat muda yang sulit ranum saat disengget turun dari pohonnya.

Ketika lahir, berat badan sebagian besar bayi prematur kurang dari 2,5 kilogram. Dalam istilah medis, kondisi yang demikian disebut Berat Badan Lahir Rendah (BBLR). Menjalani hari-hari BBLR yang serbasulit, keadaan kian parah ketika bayi prematur kekurangan asupan nutrisi ASI atau susu formula sebagai penopang hidupnya. Saat penyangga hidup begitu minim itulah, bayi prematur terkadang membutuhkan bantuan lain berupa infus.

Pengukuran berkala akan berat badan, tinggi tubuh serta lingkar kepala menjadi penting semasa hari-hari awal kehidupan bayi prematur di luar rahim sang ibu. Berat badan merupakan representasi atas baik atau kurang baiknya gizi seorang anak. Panjang badan turut menentukan apakah seorang bayi prematur, dalam perkembangan hidupnya, tumbuh dalam kondisi kerdil atau stunting. Sementara lingkar kepala mewakili volume otak seorang anak. Yang kerap terjadi, seorang bayi prematur lahir dengan kepala yang besar dan bentuk tubuh yang mengerucut ke bawah.

Bayi prematur cenderung rentan pada hari-hari awal selepas kelahirannya. Resistansi yang belum terlalu matang mengharuskan bayi prematur dirawat dan dicermati kondisinya dalam unit perawatan khusus di rumah sakit. Moms ataupun anggota keluarga lain belum akan bisa menggendong sang bayi selama ia masih berbaring dalam unit perawatan khusus. Hanya bisa menyentuh. Itupun jika sudah diperbolehkan dokter kandungan terkait.

Baca juga: Keistimewaan Bayi Prematur, Moms Wajib Tahu!

Perawatan terhadap bayi prematur semakin intens ketika si tubuh mungil tiba di rumah. Mengingat berat badan di bawah ambang normal, bayi prematur kerap merasa kedinginan dalam ruangan dengan suhu udara normal.

Ketika itu terjadi, Moms dapat menerapkan model perawatan kanguru atau kangaroo mother care. Cara perawatan ini memungkinkan Moms bersentuhan langsung dengan kulit sang bayi. Kehangatan yang meruap selama kontak langsung dapat menopang kenaikan berat badan bayi prematur, meski cenderung lambat. Kangaroo mother care juga mendorong penguatan daya tahan tubuh sekaligus menyehatkan sistem pernapasan dan jantung sang bayi prematur.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE