Mamapedia Logo
Bayi Menginjak Usia 6 Bulan? Berikut Perkembangannya

Bayi Menginjak Usia 6 Bulan? Berikut Perkembangannya

author iconDinda Ayu Saraswati
date icon13 08 2020
category iconTumbuh Kembang Anak, Gizi & Kesehatan,

Bagi Moms dan Dads yang mengamati perkembangan SI Kecil, pasti akan menyadari beberapa hal baru yang sudah bisa Si Kecil lakukan ketika menginjak usia 6 bulan. Caranya bermain, belajar, dan bergerak menunjukkan tanda-tanda sejauh apa perkembangannya.

Seperti apakah perkembangan bayi 6 bulan pada umumnya?

Perkembangan Bayi 6 Bulan

Di usia bayi yang mencapai 6 bulan, mungkin Moms dan Dads akan mulai kewalahan karena Si Kecil mulai bisa melakukan beberapa hal seperti merangkak, bangun kemudian duduk, serta berguling-guling.

Perkembangan otaknya juga membuat Si Kecil ingin menjelajahi dan penasaran terhadap benda-benda dan lingkungan sekitarnya. Dampaknya, Si Kecil akan mulai berusaha memegang barang-barang dan memasukkan ke dalam mulutnya. Inilah empat kategori perkembangan yang harus Moms dan Dads perhatikan ketika menemani Si Kecil.

1. Perkembangan Sosial dan Emosional

Di umur 6 bulan, bayi sudah mengenali wajah-wajah yang familiar dan mengerti wajah orang asing. Bayi senang bermain, terutama dengan orang tua dan boneka.

Perkembangan emosionalnya juga mulai terbentuk, bayi sudah bisa merespon emosi orang lain dan sering terlihat senang. Tanda perkembangan sosial lainnya adalah bayi suka melihat bayangan dirinya di cermin.

2. Perkembangan Komunikasi dan Bahasa

Perkembangan kemampuan bayi untuk mulai bisa berkomunikasi ditandai dengan merespon pada suara dengan membuat suara. Si Kecil juga akan mulai berusaha untuk berbicara dan mengeluarkan suara seperti “ah”, “eh”, “oh”, dan konsonan seperti “m” dan “b”.

Di umur 6 bulan ini, bayi Moms dan Dads mulai akan mengerti namanya sendiri dan merespon ketika dipanggil atau ketika orang tuanya membuat suara. Si Kecil juga sudah mampu mengekspresikan perasaan senang dan tidak senang dengan mengeluarkan suara-suara.

3. Perkembangan Kognitif

Perkembangan Si Kecil untuk belajar, berpikir, dan menyelesaikan masalah juga mulai menunjukkan tanda-tanda. Si Kecil mulai sering melihat-lihat benda di sekitarnya.

Rasa penasaran Si Kecil mulai terbentuk, sehingga Si Kecil akan berusaha mengambil barang-barang yang jauh dari jangkauan dengan tangan kecilnya.

Kemampuannya memindahkan barang dari tangan yang satu ke tangan lainnya juga mulai terlihat. Moms dan Dads juga harus meningkatkan kewaspadaan karena Si Kecil akan mulai sering memasukkan berbagai hal ke mulut.

Baca Juga: Resep MPASI: Puree Buah untuk Bayi (6 Bulan ke Atas)

4. Perkembangan Fisik

Si Kecil yang mencapai usia 6 bulan mulai menunjukkan kemampuannya untuk duduk sendiri tanpa sandaran di punggung atau mulai dapat duduk dengan baik di kursi bayi.

Si Kecil mungkin senang ketika Moms atau Dads menopangnya dalam posisi berdiri, dalam posisi ini Si Kecil biasanya senang melompat-lompat kecil.

Kegiatan ini selain menyenangkan untuk anak, juga bermanfaat untuk melatih kekuatan otot kakinya agar semakin siap menopang berat tubuhnya untuk berjalan di kemudian hari.

Saat dalam posisi tidur, anak mampu menggulingkan badan ke kiri, kanan, telungkup dan telentang tanpa masalah. Si Kecil mulai mampu merangkak, bergerak maju dan mundur, terkadang merangkak mundur terlebih dahulu sebelum maju ke depan.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share