Homepage Loading Icon
Asah Otot Bayi agar Bisa Memegang Botolnya Sendiri

Asah Otot Bayi agar Bisa Memegang Botolnya Sendiri

author iconDinda Ayu Saraswati
date icon24 06 2020
category iconTumbuh Kembang Anak, Gizi & Kesehatan, Tips,

Setelah melihat bayi sudah mulai bisa duduk dan meraih mainan, mungkin terbesit dalam pikiran Moms mengenai kapan bayi bisa memegang botol sendiri.

Bayi bisa memegang botolnya sendiri merupakan salah satu bentuk pencapaian bayi dan menjadi tanda bahwa perkembangan otak serta ototnya berjalan baik.

Bonusnya, bayi tidak lagi perlu dibantu untuk dapat memegang botolnya sendiri dan Moms dapat melakukan aktivitas lainnya.

Tidak Ada Usia Pasti Kapan Bayi Bisa Memegang Botol

Sama halnya dengan pencapaian perkembangan bayi lainnya, mendapati kapan bayi bisa memegang botol sendiri tentu berbeda-beda pada setiap bayi.

“Sebagian besar bayi akan mulai memegang botolnya sendiri antara usia 6-10 bulan, saat kemampuan motorik halus mereka berkembang,” ungkap direktur medis di Children’s Health Pediatric Group di Dallas, Sandeepa Rajadhyaksha, MD, seperti dikutip dari thebump.com.

Namun ada beberapa tanda-tanda yang dapat menunjukkan kesiapan bayi untuk memegang botolnya sendiri, misalnya: bayi sudah dapat duduk sendiri selama setidaknya 10 menit. 

Pencapaian ini menunjukkan bahwa bayi sudah dapat menyeimbangkan dirinya sendiri. Selain itu, bayi yang sudah bisa meraih mainannya sendiri atau mengambil botolnya sendiri saat Moms sedang bersiap memberinya susu, juga dapat menjadi tanda-tanda bayi sudah dapat memegang botolnya sendiri.

Artikel terkait: 5 Cara Mudah Menyapih Anak dari Botol Dot

Asah Otot Bayi

Untuk mencapai kapan bayi bisa memegang botol sendiri perlu melalui beberapa tahap perkembangan. Moms dapat membantu mengasah otot dan kemampuan bayi agar dapat memegang botolnya sendiri.

Misalnya dengan memberikan bayi mainan atau teether ke mulutnya saat bayi duduk. Cara ini akan mengasah bayi menggunakan otot leher agar dapat memegang dan minum dari botolnya sendiri.

Lakukan juga tummy time secara berkala untuk menguatkan otot inti. Selain itu, Moms juga dapat memandu tangan bayi untuk meletakkan botol di mulutnya.

Pertama, Moms dapat mendudukkan bayi dan bimbing tangannya yang memegang botol ke bagian mulutnya. Semakin lama, biarkan bayi memegang botolnya sendiri dan melihat apakah bayi akan membawa botol ke mulutnya sendiri.

Jika tidak, maka ulangi pandu bayi membawa tangannya yang memegang botol ke mulut, hingga ia dapat melakukannya sendiri.

Hindari Penopang Botol

Saat bayi bisa memegang botol sendiri, tentu akan memudahkan Moms untuk melakukan pekerjaan lainnya. Sehingga tidak jarang, ada beberapa orang tua yang menggunakan penopang botol untuk membantu bayi minum, padahal bayi belum bisa memegang botolnya sendiri. Misalnya seperti menggunakan bantal sebagai penopang botol.

Namun ini bukanlah ide yang bagus dan lebih baik menunggu kapan bayi bisa memegang botol sendiri. “Sangat penting untuk memastikan bayi meraih dan memegang botolnya sendiri, dan kamu tidak menggunakan penopang botol.

Ini dapat menyebabkan bayi tersedak dan Moms dapat kehilangan tanda penting perkembangan bayi selama proses menyusui jika ia tidak dapat menarik botolnya sendiri keluar dari mulut,” ungkap ahli patologi bicara dan makan, Heidi Miller Speech LLC, Florham Park, NJ, seperti dikutip dari thestir.cafemom.com.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, menggunakan penopang dan meninggalkan botol di mulut bayi dapat meningkatkan risiko bayi mengalami infeksi telinga dan kerusakan gigi. Bayi juga lebih rentan untuk minum lebih banyak dari yang sebenarnya ia butuhkan.

Pastikan kapan bayi bisa memegang botol sendiri dengan melihat tanda-tanda yang tepat, untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Dapatkan botol susu bayi terbaik hanya di mooimom.id.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Re-Play Gelas Plastik Daur Ulang dengan Tutup - No Spill Sippy Cup
Re-Play Gelas Plastik Daur Ulang dengan Tutup - No Spill Sippy Cup

Rp 79,000

[MUGU] Training Bottle 330ml - Botol Minum Anak
[MUGU] Training Bottle 330ml - Botol Minum Anak

Rp 109,000

[OLA BABY] GentleBottle Botol Susu Anak Bayi
[OLA BABY] GentleBottle Botol Susu Anak Bayi

Rp 240,000

[MUGU] Training Bottle 220ml - Botol Minum Anak
[MUGU] Training Bottle 220ml - Botol Minum Anak

Rp 99,000

OLA BABY GentleBottle Botol Susu Anak Bayi -Sky 8oz
OLA BABY GentleBottle Botol Susu Anak Bayi -Sky 8oz

Rp 250,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved