Homepage Loading Icon
6 Arti warna feses pada bayi

6 Arti warna feses pada bayi

author iconanisyukur
date icon04 09 2019
category iconTips, Gizi & Kesehatan, Tumbuh Kembang Anak, Menyusui,

Moms yang mendapati warna feses si bayi yang berubah-ubah, pasti kerap di buat panik dan khawatir ya Moms. Hal ini karena, warna feses kerap dijadikan indikasi untuk mengukur kesehatan si bayi. Makanan yang dikonsumsi oleh bayi kadang menjadi faktor utama mengapa warna feses menjadi berubah-ubah. Oleh karena itu, penting bagi Mama untuk mengenali warna dan tekstur pup yang normal dan yang tidak normal.
  

1. Kuning terang

Feses yang berwarna kuning terang atau ada semburat kehijauan memiliki arti bahwa Moms memberikan ASI eksklusif. Feses warna ini sangat normal dan juga pertanda bahwa anak Moms sehat. Mama mungkin juga akan melihat titik-titik putih seperti biji wijen. Jangan khawatir, Ma, itulah ciri feses anak ASI.

2. Hijau Tua

Jika feses si kecil berwarna hujau tua, hal ini bisa diebabkan karena asupan zat besi yang lebih banyak. Ini bisa terjadi karena mengkonsumsi susu formula atau suplemen yang mengandung zat besi ekstra. Hal lain juga bisa menjadi penyebab feses berwarna hijau tua seprti terlalu banyak mengonsumsi foremilk (susu depan dalam ASI), dan tidak mendapatkan lemak baik dari hindmilk (susu belakang dalam ASI).

3. Merah

Jika feses si kecil berwarna merah, hal ini bisa disebabkan oelh dua hal. Pertama feses telah bercampur darah yang berarti ada masalah di dalam pencernaannya atau disebabkan oleh makanan yang dikonsumsinya yang memiliki warna yang pekat seperti buah naga. Untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut moms bisa membawa si kecil ke dokter.

4. Hitam 

Pada bayi baru lahir, bisa jadi warna hitam ini merupakan mekonium atau pup pertama newborn. Kotoran pertama bayi ini warnanya sangat gelap. Sebenarnya warnanya hijau kehitaman, namun seringkali hitamnya sangat pekat sehingga sekilas terlihat seperti hitam saja. Namun, jika anak sudah beberapa hari, dan fesesnya masih hitam juga sebaiknya Mama berkonsultasi ke dokter karena bisa jadi terjadi perdarahan dalam usus.

5. Putih

Moms yang mendapati si kecil memiliki feses berwarna putih wajib segera membawanya kedokter. Hal ini dimungkinkan adanya gangguan serius pada hati (liver) atau kantung empedu bayi.

6. Cokelat

Biasanya anak yang diberi susu formula memiliki warna feses cokelat terang, seperti warna selai kacang. Namun warnanya bisa cokelat kekuningan atau kehijauan. Kalau bicara baunya, feses warna ini sedikit lebih bau dari feses anak ASI, namun tidak sebau feses anak yang sudah makan makanan padat.
 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Lightweight Hipseat Carrier Gendongan Bayi
Lightweight Hipseat Carrier Gendongan Bayi

IDR 990,000

Mooimom Travel Diaper Bag
Mooimom Travel Diaper Bag

IDR 699,000

Mooimom 2-Ways Diaper Bag
Mooimom 2-Ways Diaper Bag

IDR 499,000

Mooimom Tote Diaper Bag
Mooimom Tote Diaper Bag

IDR 399,000

Crossover Maternity & Nursing Bra Hamil Menyusui
Crossover Maternity & Nursing Bra Hamil Menyusui

IDR 190,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand
59S Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM CO., LTD. All Rights Reserved