Homepage Loading Icon
5 Tips Agar Anak Tumbuh Mandiri

5 Tips Agar Anak Tumbuh Mandiri

author iconNovia Luciana
date icon14 06 2017
category iconTumbuh Kembang Anak, Tips,

Memiliki anak yang cerdas serta mandiri adalah kebanggaan setiap orang tua. Kemandirian anak dapat timbul dengan sendirinya atau Anda juga dapat mengajarkan mereka sedikit demi sedikit sedari kecil. Mengajarkan anak untuk mandiri tentu saja bukan berarti Anda tidak menyayanginya, ini justru akan menjadi bekal mereka saat sudah dewasa nanti Moms!

  1. Ajari mereka Potty Training supaya tidak bergantung lama dengan popoknya.

Potty Training atau yang biasa dikenal dengan toilet training adalah proses di mana si kecil memulai untuk belajar menggunakan toilet seperti para orang dewasa. Sebaiknya anak sudah harus diajarkan potty training sejak usia 1-3 tahun karena di harapkan pada usia 3 tahun mereka sudah mampu menggunakan toilet dengan baik dan benar.

potty

 

  1. Biasakan mereka untuk membereskan mainannya.

Moms, meski Anda memiliki asisten rumah tangga, atau mungkin Anda sangat suka dengan kebersihan sehingga jika mainan si kecil berserakan, Anda dengan sigap membereskannya, namun Anda harus mulai untuk mengajarkan pada si kecil bagaimana mereka membereskan mainannya sendiri. Selain mengajarkan kemandirian, hal ini juga akan mengajarkan tentang tanggung jawab nantinya.

play

 

  1. Saat sedang menikmati makanan ringan, mintalah si kecil untuk membuang bungkusnya di tempat sampah yang telah tersedia.

Jika si kecil suka ngemil, manfaatkan hal ini untuk mengajarinya buang sampah sendiri ke tempatnya Moms. Anda akan terkejut bahwa si kecil justru akan merasa senang saat melakukannya. Di mulai dengan ia akan mencari di mana letak tempat sampahnya, lalu kemudian Anda akan menuntunnya hingga ia benar-benar memasukkannya ke dalam tong sampah. Ini pasti akan menjadi permaian yang seru bagi mereka.

 

  1. Jangan larang si kecil jika ia ingin makan sendiri.

Si kecil tertarik untuk makan sendiri? Siapkan saja makanannya dan perhatikan saat ia makan. Mengajarinya mandiri seperti itu tak ada salahnya Moms. Jangan salahkan bila makanannya berceceran, proses belajar si kecil di sini sedang berlangsung. Tetap temani ia makan sambil terus mengawasinya ya.

 

  1. Biarkan mereka memilih

Saat sedang berada di swalayan ternyata si kecil ingin membeli susu dan permen. Buatlah si kecil untuk memilih. Proses seperti ini juga termasuk proses baginya untuk belajar mandiri dalam menentukan pilihan. Katakan padanya manfaat dari kedua barang yang menjadi pilihannya lalu kemudian mintalah si kecil untuk memilih salah satu.

 

Moms, masih ada banyak cara lainnya agar si kecil bisa belajar lebih mandiri. Apakah Anda memiliki cara lain yang lebih unik? Silahkan share dengan kami ya Moms.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved