Mamapedia Logo
5 Rekomendasi Teether Bayi 3 Bulan yang Aman | Mamapedia MOOIMOM

5 Rekomendasi Teether Bayi 3 Bulan yang Aman

author iconDinda Ayu Saraswati
date icon16 07 2021
category iconTumbuh Kembang Anak, Gizi & Kesehatan, Tips,

Memasuki usia 3 bulan, si Kecil sudah mulai mengetahui hal seru apa yang bisa ia lakukan dengan tangannya. Makanya jangan heran kalau bayi menjadi hobi menggigit-gigit jarinya ya, Moms. Nah, di usia 3 bulan ini, Moms juga sudah bisa memberi si Kecil berbagai mainan seru, salah satunya yang bisa ia genggam dan mainkan seperti teether bayi.

Bayi usia 3 bulan sudah mulai tumbuh gigi! Tentu saja ini waktu yang tepat untuk memberikan teether untuknya. Memberikan teether dingin juga bisa membantu meredakan nyeri akibat tumbuh gigi lho, Moms. Sebelum mengetahui rekomendasi teether bayi 3 bulan, Moms perlu tahu apa saja manfaat teether untuk bayi. Yuk, simak!

Baca Juga: 5 Tips Memilih Teether Bayi yang Bagus dan Aman

Manfaat Teether untuk Bayi

Salah satu tahap perkembangan yang biasanya dijalani oleh setiap bayi adalah proses tumbuh gigi. Para orang tua tentu merasa bersemangat ketika gusi bayi mereka mulai mengeluarkan gigi. 

Hanya saja, proses tumbuh gigi umumnya membuat bayi merasa tidak nyaman. Gusi mereka akan terasa gatal dan nyeri sehingga mereka biasanya memasukkan benda-benda di sekitarnya ke dalam mulut. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi rasa tidak nyaman yang muncul di area gusi.

Demi mencegah anak memasukkan benda-benda kotor ke dalam mulutnya, Moms bisa menyediakan teether. Menggigit teether dapat membantu mengurangi rasa gatal dan nyeri di gusi. Dengan demikian, bayi Anda juga tidak akan menjadi rewel.

Selain untuk proses tumbuh gigi, teether juga dapat menjadi mainan yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan gigi. Pijatan yang dihasilkan oleh teether dapat menjadi stimulasi bagi gusi. Tujuannya adalah agar gigi bayi dapat tumbuh pada waktu yang tepat, tidak terlambat.

Baca Juga: Memilih Teether untuk Bayi yang Aman, Begini Menurut Penelitian

Cara Memilih Teether Bayi yang Aman

Sebaiknya berikan si Kecil teether yang berbeda-beda sebanyak tiga atau empat buah. Hal tersebut untuk mengurangi kebosanan dan juga memberikan manfaat yang berbeda-beda pada fase pertumbuhan giginya.

Namun sebelum membelinya perhatikan tiga poin ini:

  • Pilih teether yang bebas BPA (BPA free). Poin ini sangatlah penting, sebaiknya jangan membelikan teether yang hanya sekedar murah. Pastikan memilih teether yang terbuat dari bahan bebas BPA ya, Moms. BPA atau bisphenol-A itu sendiri merupakan bahan kimia plastik yang dapat meniru estrogen dan berbahaya bagi sistem hormon tubuh. Hal tersebut berbahaya bagi bayi maupun anak-anak. Pastikan teether yang Moms belikan untuk si Kecil terdapat tulisan BPA free pada setiap kemasannya.
  • Sesuaikan juga dengan usia dan perkembangan gigi bayi ya, Moms. Menyadari si Kecil mau tumbuh gigi, pastinya proses ini tidak mudah bagi mereka karena gusinya terasa gatal dan ngilu. Nah, pemberian teether pun juga harus memiliki tahapan yang disesuaikan dengan kondisi bayi. Bagi bayi yang belum tumbuh gigi, sebaiknya diberikan teether yang bertekstur lembut dan terbuat dari lateks bening yang berisi air atau gel. Sementara pada bayi berusia enam bulan barulah beri teether yang teksturnya lebih kasar, padat, dan bergelombang untuk merangsang pertumbuhan giginya.
  • Poin tiga, yakni perhatikan juga kandungan isi teether. Jangan asal beli, ternyata teether ada dua jenis. Yang pertama yaitu teether dengan isian gel atau air. Teether yang berisi gel cenderung untuk memberi sensasi dingin jika dibandingkan teether berisi air. Biasanya saat bayi giginya mulai tumbuh dan gusinya mulai gatal, sebaiknya berikan teether yang berisi gel. Selain itu teether silikon juga terbilang aman untuk digigit si Kecil.

Rekomendasi Teether Bayi 3 Bulan

Moms telah membaca manfaat dan cara memilih teether yang aman. Sekarang, Mamapedia akan memberikan rekomendasi teether bayi 3 bulan yang bisa Moms jadikan referensi. Semoga Moms dapat menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan.

1. Hevea Panda Teether

Teether berbentuk panda ini dibuat tanpa ada sambungan. Artinya, Moms tidak akan mendapati lubang atau celah yang diakibatkan oleh bagian yang disambung. Hal tersebut membantu mencegah keberadaan ruang tempat pertumbuhan bakteri sehingga menjadi lebih higienis. Untuk Moms yang sangat mementingkan faktor kebersihan, produk ini bisa menjadi pilihan untuk bayi usia 3 bulan.

Harga: Berkisar Rp 217.000

2. Ange Teething Gloves

Demi menjaga kebersihan, teether ini dilengkapi dengan case. Hal ini akan sangat berguna saat Moms bepergian dengan si Kecil. Apabila Moms adalah seorang penggemar travelling, produk ini tentu cocok untuk Moms. Selain itu, produk ini juga tidak akan mudah jatuh karena dapat Moms selipkan di tangan bayi seperti saat sedang menggunakan sarung tangan.

Harga: Berkisar Rp 120.000

3. Pigeon Training Teether Step 1

Bagi Moms yang mementingkan faktor kenyamanan untuk si Kecil, produk dari Pigeon ini mungkin bisa menjadi pilihan Moms. Bagian pegangan pada teether ini berbentuk silinder sehingga lebih mudah dipegang oleh bayi yang baru belajar menggenggam. Bukan hanya itu, produk ini juga memiliki lubang ventilasi udara. Hal ini berguna agar bayi tetap dapat bernapas dengan nyaman ketika sedang memasukkannya ke dalam mulut. Anak merasa nyaman, Moms pun tenang!

Harga: Berkisar Rp 69.000

4. Nuby IcyBite™ Keys Teether

Dari segi desain, produk dari Nuby ini terlihat atraktif dengan penggunaan warna-warna cerah. Di samping itu, teether ini memiliki tiga gantungan dengan tekstur yang berbeda-beda. Si Kecil bisa menggigit gantungan dengan tekstur yang sedang dia inginkan. Selanjutnya, cobalah ajak si Kecil untuk menggoyangkan teether ini, dia pasti akan tertarik dengan suara dan gerakan yang muncul. Bagi bayi yang lebih menyukai teether dingin, IcyBite yang berisi gel dapat membuatnya dingin untuk waktu yang cukup lama. Segar!

Harga: Berkisar Rp 78.000

5. MOMBELLA Squirrel Teether Toy Doo

MOMBELLA Squirrel Teether Toy Doo  akan membuat bayi nyaman dalam menggigit dan Moms pun tidak perlu khawatir karena teether ini berbahan aman. Teether bayi ini tidak beracun sehingga kesehatan si Kecil pun terjamin. Menggunakan 100% bahan Food Grade Soft Silikon yang sangat lunak sehingga meminimalisir kerusakan pada gigi bayi, dan juga sudah melewati proses produksi FDA, tidak beracun, tidak berbau, serta tidak mudah menjadi wadah untuk perkembangbiakan bakteri. Desain yang mudah digenggam dan anti tersedak sehingga aman digunakan oleh bayi usia 3 bulan ke atas.

Harga: Berkisar Rp 89.000

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE