Mamapedia Logo
5 Langkah Melatih Bayi Agar Cepat Duduk

5 Langkah Melatih Bayi Agar Cepat Duduk Sendiri

author iconJessica Nathania
date icon04 03 2021
category iconTumbuh Kembang Anak, Tips, Kelahiran Anak,

Semakin si Kecil bertambah usia, tentu tugas orang tua pun bertambah yaitu untuk memperhatikan tumbuh kembangnya. Moms perlu mengetahui dan melihat apakah perkembangan bayi sudah sesuai dengan tumbuh kembang di usianya? Salah satu yang Moms bisa perhatikan adalah pada saat umur berapa bayi belajar duduk dengan sempurna?

Pada umumnya, bayi mulai belajar duduk pada usia memasuki empat atau lima bulan. Tentunya, bayi tidak bisa secara otomatis melakukannya sendiri dengan sempurna. Diawali dengan kebiasaan memiringkan badan, kemudian bayi akan menggunakan lengannya untuk menahan badan.

Bayi bisa perlahan menahan badannya seiring dengan bertambahnya kekuatan leher, kekuatan otot, dan keseimbangan tubuhnya. Saat bayi mulai sering memiringkan badannya untuk berusaha duduk, tentu Moms gemas ingin mengajarinya agar bisa duduk dengan sempurna sendiri. Namun, pastikan usia si Kecil sudah cukup untuk ia menopang tubuhnya sendiri saat Moms ingin mengajarinya duduk.

Hindari memaksa bayi untuk duduk apabila belum cukup kuat, dikarenakan akan menimbulkan risiko cedera pada tulang leher dan tulang belakang. Namun, memang tidak ada salahnya untuk melatih bayi belajar duduk agar seiring berjalannya waktu ia bisa duduk sendiri dengan sempurna. Simak cara-cara yang bisa dipraktekkan di rumah untuk melatih bayi agar cepat duduk sendiri di bawah ini.

Cara Melatih Bayi Belajar Duduk

Sebenarnya, saat Moms melatih bayi duduk sama dengan aktivitas untuk melatih kekuatan ototnya. Kemampuan otot bayi dimulai dengan berguling, kemudian lehernya yang semakin kuat, dan selanjutnya adalah saat belajar duduk. Untuk mengetahui cara stimulasi agar leher bayi semakin kuat, Moms bisa membaca disini.

Inilah langkah untuk melatih bayi agar cepat duduk sendiri dengan sempurna.

1. Dimulai dengan Tummy Time
Tanda-tanda bayi sudah siap untuk belajar duduk yang bisa Moms perhatikan adalah saat bayi sudah bisa tengkurap, mengangkat kepala, dan menggerakkan lehernya.

Gerakan-gerakan tersebut bisa membantu menguatkan otot-otot tubuh, otot leher, otot perut, dan tulang belakang bayi untuk ia bisa duduk dengan sempurna. Untung mengetahui alasan pentingnya tummy time bagi bayi, Moms bisa membaca disini.

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri bayi Sakit Perut, Tetap Tenang Ya Moms

2. Dudukkan di Kursi Bayi
Saat si Kecil sudah bisa mengangkat kepalanya, maka ini pertanda Moms bisa mendudukkan ia di kursi bayi, tempat tidur atau tempat lainnya yang memiliki permukaan rata.

Moms bisa menggunakan bantal menyusui, seperti 2 in 1 Maternity and Nursing Pillow atau beberapa bantal yang diletakkan di sekitar bayi untuk menjaga tubuhnya tetap dalam posisi tegak. 

3. Belajar Duduk di Pangkuan Moms
Cara mudah lainnya untuk melatih bayi agar cepat duduk sendiri yaitu saat Moms duduk, dudukkan bayi di pangkuan. Pastikan tangan Moms selalu memegang bayi dan tidak melepasnya. Kebiasaan ini bisa melatih ia dengan posisi duduk.

4. Melatih Keseimbangan
Sebelum bayi bisa benar-benar duduk dengan sempurna, tentunya ia perlu belajar keseimbangan. Meskipun otot-ototnya sudah mampu menopangnya untuk duduk, tetap bayi membutuhkan keseimbangan.

Keseimbangan bertujuan untuk mencegah masalah neuromuskular (ketidakmampuan sistem saraf dan otot bekerja sama seperti yang seharusnya). Gangguan ini bisa diatasi dengan sistem kerja otak yang baik. Maka, sebelum bayi belajar duduk, terlebih dahulu otaknya perlu memahami mengapa ia perlu duduk.

Baca Juga:Terlalu Sering Digendong Membuat Bayi Bau Tangan, Benarkah?

5. Practice Makes Perfect
Bayi yang bisa duduk dengan sempurna tidak terlepas dari Moms yang melatih dan mendampinginya. Moms bisa melatih dengan memposisikan bayi tidur telentang lalu menarik kedua tangannya dengan perlahan hingga posisinya duduk.

Awalnya mungkin bayi akan goyang atau tidak seimbang, namun seperti kata pepatah practice makes perfect. Maka, Moms perlu melatih terus menerus dengan kesabaran penuh.

Moms bisa melakukan gerakan ini di depan cermin, agar bayi bisa melihat dirinya sendiri dan menjadi termotivasi untuk melakukan gerakan tersebut kembali. 

Ketika si Kecil sudah lebih pandai untuk duduk, Moms bisa memposisikan bayi untuk duduk dengan kedua tangan berada di depan tubuhnya. Posisi ini bisa membantu si Kecil untuk menopang tubuhnya sendiri tanpa bantuan Moms. 

Dibutuhkan kesabaran yang ekstra dan konsistensi dalam melatih bayi duduk. Semangat ya, Moms!
 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE