Homepage Loading Icon
5 Cara Menyenangkan Bonding dengan Si Kecil

5 Cara Menyenangkan Bonding dengan Si Kecil

author iconDinda Ayu Saraswati
date icon07 08 2020
category iconTumbuh Kembang Anak, Tips,

Saat minggu-minggu pertama kehadiran Si Kecil, tanpa disadari Moms dan Si Kecil telah membentuk ikatan bonding.

Cara bonding dengan bayi tersebut ternyata dimulai lebih awal. Bonding dapat terbentuk bahkan sebelum Moms melahirkannya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kontak kulit ke kulit sebenarnya membantu ibu melepaskan endorphin, yakni hormon mirip narkotika yang membantu mereka merasa tenang dan responsif terhadap bayi mereka.

Bahkan penelitian lain menunjukkan, pembentukan bonding ini akan memberikan gambaran Si Kecil saat dewasa nanti.

Banyak cara bonding dengan bayi yang bisa Moms lakukan, berikut Mamapedia lansirkan untuk Moms.

1. Luangkan Waktu Sebanyak Mungkin

Moms akan berada bersama Si Kecil selama 24/7 di awal-awal bulan pertamanya. Manfaatkan hal itu dengan baik.

Cara bonding dengan bayi yang pertama adalah dengan melakukan banyak kontak kulit dan kontak mata, yang bisa Moms lakukan sekaligus saat menyusuinya. Reaktiflah saat dia mulai menangis, hal itu akan menumbuhkan rasa percayanya kepada Moms.

Sering menggendongnya juga akan membuat Si Kecil lebih dekat secara fisik dan juga emosi. Saat bayi menempel di dada Moms, dia bisa mencium aroma dan mendengar detak jantung Moms, ini akan semakin memperkuat proses bonding.

Baca Juga: Ciptakan Bonding Ibu dan Bayi

2. Tidur di Dekat Si Kecil

Bahkan saat Si Kecil tidur pun, Moms akan tetap bisa melakukan bonding. Cara melakukan bonding dengan bayi kedua adalah dengan membiarkannya tidur di kasur yang sama dengan Moms.

Pendidik anak dan bidan Lynne Bluff mengatakan, tidur bersama membantu bayi berlatih dan membantu Moms mendapatkan istirahat yang lebih baik.

“Bayi yang tidur bersama belajar menggunakan insting penyelamatan diri untuk membangunkan; ketika ada bahaya seperti terlalu panas, terlalu dingin atau jika ada sesuatu yang menghalangi saluran udara mereka. Mereka akan belajar saat co-sleeping,” kata dia, seperti dikutip dari iol.co.za

Lynne menambahkan, posisi bayi yang dekat membuat Moms bisa melakukan semua hal di tempat tidur.

“Bangun dari tempat tidur untuk mengganti popok, menyusui, dan menenangkan bayi agar tidur kembali harus sepenuhnya terjaga dan waspada,” katanya.

3. Ajak Bayi Bermain

Meski belum bisa memberikan respons yang diharapkan, ajaklah Si Kecil untuk bermain bersama. Ini akan membuatnya semakin mengenal wajah dan suara serta aroma tubuh Moms.

Cara bonding dengan bayi selanjutnya bisa dicoba saat Moms memandikan atau mengganti popok Si Kecil. Di sela aktifitas itu, bernyanyilah untuknya lagu-lagu anak yang lucu sambil menyentuh kulitnya atau menggelitikinya.

Menari dan bergerak dengannya atau beri pijatan pada bayi juga bisa menjadi pilihan. Beberapa bayi yang tidak suka dipeluk, biasanya akan merespons dengan baik saat dipijat. Atau ajak dia bercermin bersama.

Meski bayi belum mengerti konsep refleksi, tapi dia akan suka melihat wajah nya sendiri. Ini adalah cara yang bagus untuk membuatnya mengenal wajahnya sendiri.

4. Dandani Bayi

Tak masalah jika Moms memiliki bayi laki-laki atau perempuan, hal ini tetap bisa dilakukan.

Pilihlah beragam baju yang menarik untuk Si Kecil dan dandanilah dia sesuai imajinasi Moms. Dan akhiri dengan memfoto Si Kecil. Ini akan menjadi cara bonding dengan bayi yang menarik.

Selain akan membuat hormone bahagia Moms meledak karena melihat keimutan Si Kecil dan mereduksi stress Moms, bayi juga akan memperhatikan bagaimana Moms memperlakukan mereka dengan lembut.

5. Nikmati Waktu Makan

Saat tiba waktunya Si Kecil untuk makan, tak perlu mengkhawatirkan tentang noda yang beterbangan saat dia makan. Fokuslah pada wajah manis Si Kecil saat ssaat mencoba beragam makanan yang Moms berikan.

Lihat responnya saat mengeksplorasi rasa, tekstur, dan aroma yang baru yang dia kenali dari makanannya.

Sudah mencoba cara bonding dengan bayi yang mana saja Moms? Jangan lupa, berikan alat makan bayi terbaik hanya di www.mooimom.id.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Re-Play Mangkok Daur Ulang 600ml | Baby Kids Bowl
Re-Play Mangkok Daur Ulang 600ml | Baby Kids Bowl

Rp 69,000

[MUGU] Training Bottle 330ml - Botol Minum Anak
[MUGU] Training Bottle 330ml - Botol Minum Anak

Rp 109,000

[MUGU] Sensoric Spoon & Fork - Sendok Garpu Anak
[MUGU] Sensoric Spoon & Fork - Sendok Garpu Anak

Rp 29,000

Re-Play Sendok Makan Plastik  Daur Ulang
Re-Play Sendok Makan Plastik Daur Ulang

Rp 19,000

[MUGU] Mangkok Makan Bayi Anak Anti Tumpah | Suction Bowl 340 ml
[MUGU] Mangkok Makan Bayi Anak Anti Tumpah | Suction Bowl 340 ml

Rp 59,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved