mamapedia search icon mamapedia icon

Subtotal

View Bag

Moms Simak Segudang Manfaat Minyak Telon untuk Bayi!

Moms Simak Segudang Manfaat Minyak Telon untuk Bayi!

Saat si kecil lahir biasanya rumah menjadi terasa "bau bayi", di mana biasanya "bau bayi" itu sering tercium dari aroma minyak telon yang digunakan si kecil. Banyak orang menyukai minyak telon karena baunya yang menenangkan dan "bau bayi". Di balik baunya yang menenangkan, segudang manfaat minyak telon untuk bayi juga menjadi alasan mengapa para ibu selalu memberikan minyak telon. Apa saja manfaatnya? Yuk moms simak berbagai penjelasannya!

Mengenal Macam - macam Minyak Telon yang Banyak Digunakan Bayi

Minyak telon yang dijual di pasaran memiliki banyak variasi yang memiliki manfaat masing - masing. Moms sudah tahu belum? Yuk simak agar lebih memahaminya:

  1. Eucalyptus

Minyak telon eucalyptus dapat membantu si kecil meredakan pilek saat sedang flu.

  1. Lavender

Minyak telon lavender dapat melindungi si kecil dari gigitan nyamuk, serta dapat mengurangi gejala kolik pada si kecil.

  1. Chamomile

Minyak telon chamomile dapat mengurangi gejala kolik dan perut kembung si kecil.

  1. Jahe atau Sereh

Minyak telon dengan varian jahe atau sereh dapat melindungi si kecil dari gigitan nyamuk dan serangga dengan durasi waktu yang lebih lama.

  1. Lemon

Varian lemon yang ada pada minyak telon dipercaya untuk meningkatkan mood si kecil.

10 Manfaat Minyak Telon Untuk Bayi

manfaat minyak telon untuk bayi

Ada banyak manfaat dari penggunaan minyak telon untuk bayi. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Menghangatkan Tubuh si Kecil

Pada dasarnya minyak telon terdiri dari minyak kayu adas, minyak kayu putih dan minyak kelapa, di mana minyak kayu putih dapat menciptakan rasa hangat di kulit. Sehingga minyak ini selalu digunakan setelah si kecil mandi,  saat malam hari atau pada saat musim penghujan.

Baca juga: Cara Mengatasi Bayi Masuk Angin, Berikut Tipsnya!

  1. Melindungi si Kecil dari Gigitan Nyamuk

Moms manfaat minyak telon untuk bayi yang kedua agar melindungi si kecil dari gigitan nyamuk atau serangga lainnya. Kandungan anetol pada minyak adas menghasilkan aroma khas yang tidak disukai nyamuk. Sehingga minyak telon dianggap efektif dalam melindungi si kecil dari gigitan nyamuk.

  1. Membuat Kulit si Kecil Menjadi Lembab

Moms kulit si kecil kering? Jangan khawatir, moms bisa memberikan minyak telon loh! Kandungan minyak kelapa pada minyak telon mampu melembabkan kulit si kecil

  1. Memberikan Waktu itu dengan Kualitas yang Baik

Moms saat si kecil kesulitan dalam tidur, moms bisa memijatnya dengan minyak telon. Aroma minyak telon ini akan memberikan ketenangan bagi si kecil saat ia akan tidur atau saat kesulitan dalam tidur.

  1. Memberikan si Kecil Ketenangan saat Dipijat

Jika moms memijat si kecil dengan menggunakan minyak telon, maka si kecil akan merasa hangat sehingga otot - otot yang berada di tubuh si kecil akan meregang dan membuat si kecil menjadi lebih tenang.

  1. Mengatasi Perut si Kecil yang Kembung

Manfaat minyak telon untuk bayi yang lainnya adalah dipercaya dapat mengatasi perut si kecil yang kembung. Jika si kecil rewel, maka moms coba untuk memegang perutnya: jika perut si kecil keras, maka penyebab si kecil rewel adalah perut kembung. Moms bisa mengoleskan minyak telon ke bagian perut si kecil, rasa hangat yang muncul dari minyak telon akan mengatasi rasa nyeri dan kembung si kecil.

  1. Membantu si Kecil dalam Mengatasi Masalah Pencernaan

Moms si kecil susah buang air besar (BAB)? Jika iya, biasanya hal tersebut disebabkan karena frekuensi buang air besar yang semakin menurun seiring si kecil bertambah usia. Untuk membantu masalah pencernaannya, moms bisa mengatasinya dengan mengoleskan perut dan punggung si kecil dengan minyak telon. Manfaat minyak adas pada minyak telon ini mampu mengatasi masalah pencernaan pada si kecil.

Baca juga: Ketahui Suhu Normal Bayi dan Cara Tepat Mengukurnya

  1. Dapat Membantu Mencegah Infeksi pada si Kecil

Moms kandungan minyak kayu putih yang ada pada minyak telon memiliki senyawa sineol yang terbukti dapat mencegah bakteri, virus, dekongestan, dan pertumbuhan jamur yang sering menyerang kulit bayi. Maka dari itu moms jangan lupa untuk memberikan si kecil minyak telon ya, tapi ingat untuk memberikan di tempat atau area kulit yang aman (bukan di daerah wajah).

  1. Membantu Mengatasi Masalah Pernapasan si Kecil

Ada lagi manfaat minyak telon untuk bayi yang wajib moms ketahui, yaitu dapat membantu mengatasi masalah pernapasan saat si kecil sedang pilek, flu, dan batuk, sebab kandungan - kandungan yang terdapat pada minyak telon dapat berfungsi sebagai antivirus, dan antimikroba. Moms bisa mengoleskan minyak telon ke bagian dada, leher dan punggung si kecil. Selain sebagai antivirus dan antimikroba, si kecil akan mendapatkan kehangatan dari minyak telon tersebut.

  1. Sebagai Parfum yang Khas untuk Si Kecil

Moms sudah dijelaskan di awal bahwa minyak telon banyak disukai karena menjadi ciri khas pada anak bayi, di mana sebagian besar orang menilai bahwa minyak telon sudah dikenal sebagai "bau bayi". Aromanya yang memberi kesan menenangkan, membuat para orang dewasa pun banyak menggunakan minyak telon ini loh moms. Kalau moms menggunakannya juga tidak?

Moms jika ingin mencari perlengkapan si kecil, moms bisa mencarinya di website resmi mooimom, penyedia perlengkapan ibu dan anak yang moms butuhkan.

manfaat minyak telon untuk bayi

 

Bagikan Artikel: