mamapedia search icon mamapedia icon

Subtotal

View Bag

Manfaat Mangga Untuk Ibu Menyusui-Wajib Tahu, Ya Moms

Manfaat Mangga Untuk Ibu Menyusui-Wajib Tahu, Ya Moms

Ketika tengah menyusui, Moms perlu memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Hal ini dikarenakan semua makanan yang dikonsumsi ibu akan berpengaruh pada kualitas ASI. Memakan makanan yang penuh gizi seperti buah mangga, sangat dianjurkan bagi ibu hamil. Nah, apa saja ya manfaat mangga untuk ibu menyusui? Simak ulasan berikut ya, Moms:

Manfaat Mangga Untuk Ibu Menyusui

Mangga merupakan buah yang mengandung banyak vitamin C dan juga berbagai mineral. Oleh karena itu, buah yang satu ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi ibu hamil. Ketika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, ada banyak manfaat yang bisa Moms dapatkan dari buah ini. Berikut ini adalah manfaat buah mangga yang bisa Moms dapatkan:

manfaat mangga untuk ibu menyusui

Menangkal Radikal Bebas

Dalam buah mangga, terkandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Zat antioksidan ini bernama polifenol yang bisa melindungi sel-sel tubuh dari bahaya radikal bebas. Akibatnya Moms bisa terhindar dari penuaan dini 

Tidak hanya itu, antioksidan pada buah mangga juga bisa menjaga tubuh Moms tetap sehat dan bugar. Dengan begitu, Moms bisa terhindar dari pegal-pegal dan energi pun cepat pulih. 

Mencegah Sembelit

Manfaat mangga untuk ibu menyusui yang lain adalah mencegah sembelit. Hal ini dikarenakan adanya serat yang terkandung di dalam buah yang satu ini. Seperti yang diketahui, serat bisa melancarkan pencernaan, sehingga Moms akan terhindar dari sulit buang air besar.

Selain kaya serat, buah mangga juga mengandung banyak enzim amilase. Ini membuat mangga mudah dipecah menjadi molekul,sehingga mudah diserap tubuh. 

Baca juga: Amankah Teh Chamomile untuk Ibu Hamil? Cek Faktanya Dulu, Moms

Mencegah Anemia

Anemia menjadi salah satu masalah yang kerap dialami ibu menyusui. Kekurangan zat besi menjadi alasan terbesar ibu mengalami anemia. Oleh karena itu makan makanan yang mengandung banyak zat besi bisa membantu mengatasi anemia. 

Nah, mangga ternyata mengandung zat besi yang cukup banyak. Jadi, jika Moms mengonsumsi mangga, anemia bisa dicegah. 

Membantu Mengembalikan Kilau Rambut dan Kulit

Saat mengandung, kulit dan rambut ibu kerap berubah kusam, yang berlanjut hingga saat menyusui. Untuk mengembalikan kilau rambut dan kesehatan kulit, buah mangga bisa menjadi solusinya. Vitamin A adalah zat dalam buah mangga yang berperan untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Hal ini dikarenakan vitamin A digunakan untuk pertumbuhan jaringan tubuh. 

Selain vitamin A, mangga juga mengandung vitamin C. Kandungan vitamin C dalam buah ini bisa memelihara kolagen dalam kulit dan juga memperbaiki rambut yang rusak. 

Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi mangga terutama pada ibu menyusui dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini dapat terjadi berkat kandungan fitokimia yang terdapat di dalam buah mangga. Fitokimia sendiri berguna untuk menghilangkan lemak secara alami dan juga membuat Moms kenyang lebih lama. Dengan begitu, berat badan Moms bisa kembali semula dan tentu saja tetap sehat.

Menjaga Kesehatan Mata

Salah satu vitamin yang terkandung dalam buah mangga adalah vitamin A. Selain berfungsi untuk pertumbuhan jaringan, vitamin A juga berperan dalam menjaga kesehatan mata. Dengan kata lain, jika ibu menyusui mengkonsumsi buah mangga secara wajar, kesehatan mata akan terjaga. Moms pun bisa terhindar dari berbagai gangguan mata seperti rabun senja atau rabun ayam. 

Akibat Kelebihan Konsumsi Buah Mangga Pada Ibu Menyusui

Mangga memang memberikan manfaat yang begitu banyak pada ibu menyusui. Meski demikian, bukan berarti Moms bisa mengonsumsi mangga tanpa batas. Sama seperti makanan lainnya, konsumsi mangga yang berlebihan bisa berakibat buruk bagi kesehatan. 

Diare menjadi salah satu efek yang paling sering dialami ibu menyusui jika terlalu banyak mengkonsumsi mangga. Ini bisa terjadi karena mangga memiliki tiga macam jenis serat. Ketika dikonsumsi secara berlebihan, serat yang masuk ke dalam tubuh juga terlalu banyak. Akibatnya, Moms jadi sering buang air besar atau diare. 

Baca juga: 12 Manfaat Luar Biasa Mengonsumsi Teh Hijau

Selain itu, makan mangga tanpa adanya batasan juga bisa mengakibatkan Moms terkena diabetes atau penyakit gula. Hal ini dikarenakan mangga memiliki indeks glikemik yang tinggi, sehingga bisa meningkatkan risiko diabetes. 

Rasa asam pada buah mangga juga bisa mengakibatkan perih pada perut. Namun, ini akan terjadi jika buah mangga dikonsumsi secara berlebihan. Tidak hanya itu, buah mangga terkadang juga bisa menimbulkan reaksi alergi pada bayi yang disusui. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Moms membatasi konsumsi buah mangga. 

Buah mangga mengandung banyak vitamin dan mineral yang berguna, terutama untuk ibu menyusui. Konsumsi buah mangga dalam jumlah yang tepat akan berimbas baik, dan manfaat buah mangga untuk ibu menyusui pun bisa dinikmati secara optimal. Dampaknya, kesehatan Moms dan si kecil akan terjaga. Namun, jangan lupa, ya, Moms untuk tetap membatasi jumlah konsumsi mangga. Berlebihan dalam memakan mangga justru akan menyebabkan gangguan kesehatan loh moms! Sebaiknya moms bisa menyeimbangkannya dengan mengkonsumsi Prenavita Honey lychee sebagai booster untuk melancarkan ASI moms!

manfaat mangga untuk ibu menyusui

 

Bagikan Artikel: