Mamapedia Logo
Yuk Moms Rutin Menjemur Si Kecil di Pagi Hari

Yuk Moms Rutin Menjemur Si Kecil di Pagi Hari

author iconnadhilapn
date icon23 03 2018
category iconGaya Hidup, Tumbuh Kembang Anak, Gizi & Kesehatan, Tips, Kelahiran Anak,

Seperti yg Moms ketahui bahwa sinar matahari sangat baik untuk kesehatan si keci setelah dilahirkan. Fungsi hati dari bayi yang baru lahir memang belum sempurna dalam proses pengolahan bilirubin dimana kadar bilirubin dalam darah si bayi sangat tinggi dan hal inilah yang menyebabkan bayi mengalami suatu proses fisiologis yang menyababkan bayi kuning. Untuk mengatasinya, para ahli kesehatan biasanya akan menyarankan cara alami untuk mengatasi hal tersebut, yaitu dengan menjemurnya dibawah sinar matahari pagi.

Dilansir dari suatu sumber, sinar matahari diperaya mampu memberikan efek kesehatan yang alami bagi tubuh yang salah satunya adalah untuk menurunkan kadar bilirubin yang terlalu tinggi dan menjadi bayi menjadi kuning pasca dilahirkan ke dunia. Jadi dengan melakukan penjemuran pada bayi yang baru lahir di pagi hari adalah hal yang sangat penting. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan tersebut:

Baca juga: Kandungan Air Kelapa Bagi Kehamilan

  • Dapat menurunkan kadar bilirubin dalam darah

Bayi yang baru dilahirkan memiliki fungsi hati yang belum normal sehingga hal tersebut mengakibatkan kadar bilirubin yang dihasilkan dalam darahnya tidak normal (terlalu tinggi), sehingga hal yang membuat bayi Moms terlihat kuning saat baru dilahirkan. Sinar matahari pagi mengandung spectrum sinar biru yang dapat membantu memecah bilirubin dalam darah sehingga kadar bilirubin kembali normal dan efek kuningnya menghilang

  • Membuat tulang bayi lebih kuat

Sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang cukup tinggi dan memiliki manfaat yang baik untuk tulang yang membantu kalsium agar mudah terserap dalam darah untuk selanjutnya dapat menyatu dengan tulang. Manfaat menjemur bayi di pagi hari akan menjadikan tulang lebih sehat dan juga kuat.

Baca juga: Perlengkapan Menyusui Yang Wajib Moms Miliki

  • Memberikan efek kehangatan pada bayi

Sinar matahari pagi dapat memberikan kehangatan pada bayi yang nantinya bermanfaat untuk mengeluarkan lendir-lendir yang bersarang di tenggorokan bayi, terutama bayi yang memiliki potensi gangguan alergi

  • Menghindarkan bayi dari stress

Bayi yang mengalami stress pasca dilahirkan biasanya akan menangis terus-menerus dalam kurun waktu yang terbilang sering. Sinar matahari juga bermanfaat untuk melepaskan hormone endorphin atau yang biasa disebut dengan hormone anti-depresi dalam tubuh. Sehingga bayi mendapatkan cukup sinar matahari pagi dan dapat terhindar dari stress maupun kejenuhan.

 

Dari penjelasan diatas Moms dapat mengetahui bahwa proses menjemur bayi merupakan suatu hal yang penting dan juga menyehatkan bagi pertumbuhannya.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE