Homepage Loading Icon
Tips Mempercepat Pemulihan Pasca Operasi Caesar

Tips Mempercepat Pemulihan Pasca Operasi Caesar

author iconDinda Ayu Saraswati
date icon19 11 2020
category iconKehamilan & Menyusui, Kelahiran Anak,

Ketika hari prediksi lahiran telah tiba, Moms pasti akan fokus pada hal-hal yang harus dipersiapkan untuk si Kecil. Terlebih ketika Moms ternyata harus melahirkan dengan operasi caesar.

Persalinan dengan bedah caesar adalah prosedur bedah yang digunakan untuk melahirkan bayi melalui sayatan di perut dan rahim. Bedah caesar mungkin direncanakan sebelumnya, jika Moms mengalami komplikasi kehamilan atau telah menjalani operasi caesar juga sebelumnya dan tidak mempertimbangkan untuk proses lahiran normal.

Pada saat-saat seperti ini, Moms tidak hanya perlu mempersiapkan hal-hal sebelum operasi caesar dilakukan. Akan tetapi, juga harus tau proses pemulihan dan tips untuk cepat pulih pasca operasi caesar.

Tips Mempercepat Pemulihan Pasca Operasi Caesar

Setelah Moms tahu bagaimana proses pemulihan pasca operasi caesar yang memakan waktu sekitar 1,5 bulan atau bahkan bisa lebih lama tergantung pada masing-masing orang. Itu adalah waktu yang lebih panjang dari pada pemulihan pasca melahirkan normal.

Berikut ini adalah empat saran untuk mempercepat pemulihan Moms sehingga dapat lebih mempersingkat waktu dan bisa digunakan untuk membangun hubungan dengan Si Kecil.

1. Istirahat Cukup

Operasi caesar adalah operasi besar. Sama halnya dengan operasi lain, tubuh Moms butuh waktu untuk pulih sesaat setelah menjalani operasi. Moms tentu berharap untuk tinggal di rumah sakit selama tiga hingga empat hari pasca operasi caesar dan memberi kesempatan pada tubuh untuk pulih sepenuhnya dalam waktu enam minggu.

Sayangnya, itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Kenyataannya, Moms mungkin akan sulit merangkak ke tempat tidur dan beristirahat selama berjam-jam ketika Moms memiliki bayi yang menuntut banyak perhatian.

Moms mungkin pernah mendengar saran dari teman dan kerabat yang bermaksud baik dan mengatakan, 'beristirahatlah setiap kali bayi Anda beristirahat'. Maka itu adalah hal yang bener dan bisa Moms lakukan. Cobalah tidur kapan pun si Kecil tidur.

Mintalah bantuan seseorang atau kerabat untuk mengganti popok Si Kecil dan melakukan beberapa pekerjaan rumah sehingga Moms bisa berbaring jika memungkinkan. Bahkan istirahat beberapa menit di sana-sini sepanjang hari dapat membantu mengembalikan energi secara perlahan.

Baca Juga: Moms, Inilah Tahapan Pemulihan Pasca Operasi Caesar!

2. Sayangi Tubuh Moms Sendiri

Lebih berhati-hati dalam beraktivitas saat Moms mulai sembuh. Hindari naik turun tangga sebanyak yang Moms bisa. Simpan semua yang Moms butuhkan seperti persediaan popok dan makanan, di dekat Moms sehingga tidak perlu terlalu sering bangun.

Dikutip dari Healthline, Moms disarankan untuk tidak mengangkat apa pun yang lebih berat dari si Kecil dan mintalah bantuan dari pasangan atau anggota keluarga dan atau seseorang yang dibayar. Setiap kali Moms harus bersin atau batuk, pegang perut Moms untuk melindungi daerah sayatan.

Proses pemulihan pasca operasi caesar ini bisa memakan waktu hingga delapan minggu bagi Moms untuk kembali ke rutinitas normal. Tanyakan kepada dokter, kapan Moms boleh berolahraga, kembali bekerja, dan mengemudi. Tunda berhubungan seks atau penggunaan tampon, sampai dokter memberi lampu hijau.

Hindari olahraga yang berat, tetapi lakukan jalan santai sesering mungkin. Gerakan ini akan membantu tubuh Moms untuk sembuh dan mencegah sembelit serta pembekuan darah. Selain itu, jalan-jalan adalah cara yang bagus untuk memperkenalkan Si Kecil kepada dunia.

Sama seperti Moms menjaga kesehatan fisik, jangan lupa tentang kesehatan secara emosional. Memiliki si Kecil dapat memunculkan perasaan yang tidak pernah Moms harapkan.

Jika Moms merasa lelah, sedih, atau kecewa, jangan abaikan. Bicarakan tentang emosi tersebut dengan seorang teman, pasangan, dokter atau seorang penasihat.

3. Ringankan Rasa Sakit Tersebut

Tanyakan kepada dokter tentang obat nyeri apa yang dapat Moms minum pasca operasi caesar, terutama khusus Moms yang sedang menyusui. Tergantung pada tingkat ketidaknyamanan yang Moms rasakan, dokter mungkin meresepkan penghilang rasa sakit atau menyarankan Moms untuk minum obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen (Advil, Motrin) atau acetaminophen (Tylenol).

Selain obat penghilang rasa sakit, Moms dapat menggunakan bantal pemanas untuk menghilangkan rasa tidak nyaman di lokasi bedah.

4. Fokus pada Nutrisi yang Baik

Nutrisi yang baik pada pasca operasi caesar, sama pentingnya pada bulan-bulan saat Moms hamil. Jika Moms menyusui, Moms tetap menjadi sumber nutrisi utama bagi si Kecil.

Mengonsumsi beragam makanan akan membuat Si Kecil tetap sehat dan membantu Moms menjadi lebih kuat atau penuh energi.

Penelitian menunjukkan bahwa makan sayur sambil menyusui memberi rasa dalam ASI yang meningkatkan kenikmatan dan konsumsi sayuran saat mereka tumbuh pada masa kanak-kanak.

Jangan lupa mengkonsumsi banyak cairan, terutama air. Moms membutuhkan cairan ekstra untuk meningkatkan suplai ASI dan untuk menghindari sembelit yang mungkin terjadi.

Nah Moms, itulah beberapa hal yang perlu Moms ketahui tentang pasca operasi caesar. Moms bisa langsung bertanya kepada dokter terkait kondisi pasca operasi caesar yang Moms alami mengingat setiap ibu punya kondisi yang berbeda.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
MOOIMOM - Belly Cream - Krim Selulit Ibu Hamil & Pasca Melahirkan
MOOIMOM - Belly Cream - Krim Selulit Ibu Hamil & Pasca Melahirkan

Rp 209,000

[PRENAVITA] ASI Booster Honey Lychee Flavoured Powder Drink (2 Sachet)
[PRENAVITA] ASI Booster Honey Lychee Flavoured Powder Drink (2 Sachet)

Rp 29,000

MOOIMOM New Silicone Breast Pump + Free Lid Pompa ASI Silikon Ibu Menyusui
MOOIMOM New Silicone Breast Pump + Free Lid Pompa ASI Silikon Ibu Menyusui

Rp 149,000

[PRENAVITA] Honey Lychee Flavoured  Powder Drink 15 Sachet
[PRENAVITA] Honey Lychee Flavoured Powder Drink 15 Sachet

Rp 199,000

MOOIMOM Bamboo Postpartum Belly Band Corset
MOOIMOM Bamboo Postpartum Belly Band Corset

Rp 756,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved