Homepage Loading Icon
6 Tanda Ibu Akan Melahirkan yang Tidak Boleh Diabaikan

6 Tanda Ibu Akan Melahirkan yang Tidak Boleh Diabaikan

author iconKrista Kanya
date icon06 03 2019
category iconMasa Kehamilan, Kehamilan & Menyusui, Kelahiran Anak, Tips, keluarga,

Saat sedang hamil banyak hal yang terjadi pada tubuh seorang ibu. Namun, gejala-gejala yang menandakan si kecil akan segera lahir ke dunia tidak boleh diabaikan. Apa saja gejalanya? 

 

Bayi Merosot Turun

Sekitar satu sampai empat minggu sebelum persalinan, ada kemungkinan bahwa anda akan merasa si kecil seperti turun ke panggul yang biasa dikenal sebagai pengenduran. Si kecil saat itu ternyata sedang mengatur ulang tubuhnya ke posisi kepala di bawah untuk persiapan dirinya akan keluar dari rahim.

 

Ketika bayi berada pada posisi yang lebih rendah, hal tersebut dapat meringankan tekanan pada diafragma anda sehingga lebih mudah untuk menarik dan mengeluarkan nafas. Akan tetapi, pengenduran ini menjadikan kandung kemih tertekan sehingga menyebabkan banyak mengeluh karena seringnya bolak-balik ke kamar mandi. 

Leher Rahim Membuka

Tanda melahirkan sudah dekat bisa dilihat dengan leher rahim yang mulai melar dan menipis setiap minggu atau beberapa hari. Saat jadwal check-up, dokter akan memeriksakan leher rahim apakah sudah teregang untuk mempersiapkan kelahiran. Akan tetapi, leher rahim tidak akan membesar sepenuhnya dengan cepat, asalkan diikuti oleh kontraksi rahim yang lebih teratur.

 

Kram Perut dan Nyeri  Punggung yang Semakin Parah

Dalam menghitung hari serta detik-detik persalinan, rasa tekanan atau kram di daerah panggul dan dubur pasti sangat terasa. Ada juga kemungkinan anda akan mengeluhkan rasa nyeri di area paha dan punggung bawah, apalagi kalau ini bukan kehamilan pertama. Otot dan sendi tubuh mungkin sedang meregang dan bergeser untuk persiapan kelahiran. 

 

Lelah dan Ingin Tidur Siang

Perut yang semakin membesar serta sistem pencernaan yang semakin berantakan, menyebabkan sulit untuk tidur dengan nyenyak dan akhirnya membuat anda ingin menutup mata hanya untuk sejam dua jam selama matahari masih berada di atas

 

Akan tetapi, sebagian dari ibu juga ada yang malah mendapatkan energi yang lebih ketika mendekati hari kelahiran si kecil, bahkan malah bisa dirinya ingin pergi atau melakukan aktifitas lainnya. Hal tersebut tidak apa-apa untuk dilakukan, asalkan anda tidak berlebihan untuk melakukan serangkaian aktifitas tersebut.

 

Pola Kontraksi yang Kuat dan Teratur

Kontraksi rahim pada awalnya berpola tidak teratur dan muncul begitu jarang. Ini disebut sebagai kontraksi Braxton Hicks, akan tetapi ternyata bukan tanda melahirkan yang sesungguhnya. Kontraksi tanda melahirkan sebentar lagi ternyata memiliki pola secara berkala dan juga jarak dengan kontraksi yang lebih seragam. Kontraksi ini juga akan semakin parah dan akan lebih sering tidak peduli kalau anda sudah berganti posisi, tidur, atau dibawa jalan.

 

Air Ketuban Pecah

Air ketuban pecah adalah salah satu tanda melahirkan yang hampir semua orang akan cepat mengerti kalau sudah terjadi, saat itulah waktu persalinan sudah sangat dekat. Tapi, pecahnya air ketuban tidak selalu sebagai awal sebelum masuk ke ruang bersalin, juga hanya sekitar 15 - 20 persen wanita hamil yang mengalami pecahnya ketuban sebelum persalinan dimulai.

 

Keluarnya cairan ketuban itu seperti tetesan, bukan semburan deras yang bisa kita lihat di film. Ana dapat menggunakan pembalut untuk menjaga diri untuk tetap kering dalam perjalanan ke dokter atau bidan. Akan tetapi, kalau cairan menyembur dan membuat celana anda basah kuyup, segera hubungi dokter atau bidan anda, atau langsung pergi ke rumah sakit karena ada kemungkinan dalam waktu sangat dekat persalinan akan terjadi.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Seamless High Waist Maternity Briefs Celana Dalam Hamil
Seamless High Waist Maternity Briefs Celana Dalam Hamil

IDR 149,000

Maternity Tailored Skirt Rok Ibu Hamil
Maternity Tailored Skirt Rok Ibu Hamil

IDR 599,000

Over The Bump Maternity Skinny Jeans Celana Jeans Hamil
Over The Bump Maternity Skinny Jeans Celana Jeans Hamil

IDR 549,000

Boyfriend Maternity Jeans With Ripped Celana Jeans Hamil
Boyfriend Maternity Jeans With Ripped Celana Jeans Hamil

IDR 649,000

Panda Eyes Print Nursing Top Couple Set Baju Hamil & Menyusui Couple Ibu Anak
Panda Eyes Print Nursing Top Couple Set Baju Hamil & Menyusui Couple Ibu Anak

IDR 529,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM CO., LTD. All Rights Reserved