Homepage Loading Icon
Tahukah Moms, Lemak yang Dikonsumsi Ibu Mempengaruhi ASI

Tahukah Moms, Lemak yang Dikonsumsi Ibu Mempengaruhi ASI

author iconfallin
date icon11 03 2019
category iconKehamilan & Menyusui, Gizi & Kesehatan, Menyusui, Tumbuh Kembang Anak, Tips,

 

Banyak yang mengatakan apa yang ibu konsumsi berpengaruh pada kuantitas dan kualitas ASI yang diproduksi. Benarkah?

 

Sebenarnya jumlah makanan yang Anda makan tidak memengaruhi ASI yang diproduksi. Pada dasarnya, jumlah susu yang diproduksi oleh tubuh dipengaruhi oleh seberapa sering bayi menyusu. Semakin sering bayi menyusu, semakin banyak pula ASI yang dihasilkan tubuh.

 

Pola makan ibu yang buruk tidak akan memengaruhi kualitas atau kandungan dari ASI. Namun, pola makan buruk dapat memengaruhi gizi dan kesehatan ibu. Hal ini terjadi karena jika nutrisi dari makanan ibu kurang memenuhi kualitas ASI yang dibuat, maka tubuh akan mengambil nutrisi tersebut dari tubuh ibu.

 

Misalnya asupan kalsium ibu yang diperoleh dari makanan kurang dapat memenuhi kualitas ASI yang dibuat oleh tubuh, maka tubuh akan mengambil cadangan kalsium yang ada di tubuh ibu. Hal ini akan mengancam kondisi kesehatan ibu tersebut. 

 

Satu hal yang dapat memengaruhi AS ialah lemak. Asupan lemak tidak memengaruhi jumlah lemak yang terkandung dalam ASI Anda, tetapi dapat memengaruhi jenis lemak yang terkandung dalam ASI Anda, apakah lebih banyak lemak jahat (lemak trans) atau lemak baik. 

 

Menurut penelitian ibu menyusui yang mengonsumsi lemak trans lebih dari 4,5 gram per hari memiliki kemungkinan dua kali lipat bahwa bayi mereka mempunyai kadar lemak tubuh yang tinggi. Lemak trans bisa Anda temukan dalam margarin, minyak padat, dan makanan yang digoreng. 

 

Penelitian lain pada tahun 2009 menunjukkan bahwa ibu menyusui yang tinggal di daerah pesisir mempunyai ASI yang mengandung DHA, yang biasanya ditemukan dalam ikan.

 

Oleh karena itu, juga disarankan untuk Anda untuk lebih memilih mengonsumsi makanan yang mengandung lemak baik daripada yang mengandung lemak jahat. Lemak baik bisa Anda dapatkan dari ikan, alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan lainnya.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
MOOIMOM 24 Pack Disposable Breastpad
MOOIMOM 24 Pack Disposable Breastpad

Rp 720,000

Natural Comfort Electric Breast Pump Pompa ASI Elektrik
Natural Comfort Electric Breast Pump Pompa ASI Elektrik

Rp 1,390,000

MOOIMOM New Silicone Breast Pump + Free Lid Pompa ASI Silikon Ibu Menyusui
MOOIMOM New Silicone Breast Pump + Free Lid Pompa ASI Silikon Ibu Menyusui

Rp 149,000

New Breastmilk Storage Bags 250ml - Kantong ASI
New Breastmilk Storage Bags 250ml - Kantong ASI

Rp 89,000

Mooimom Maternity & Nursing Pillow
Mooimom Maternity & Nursing Pillow

Rp 699,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved